DPRD Tolikara Minta Pemerintah Keluarkan Jadwal Pelantikan Unsur Pimpinan

0
1263
Perwakilan 30 anggota DPRD terpilih Tolikara saat menyampaikan keterangan persnya di Jayapura. (Agus Pabika - SP)
adv
loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Usai melewati perdebatan panjang terkait penetapan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), 30 anggota DPRD Kabupaten Tolikara meminta pemerintah segera keluarkan jadwal pelantikan unsur pimpinan DPRD Definitif, Rabu (30/9/2020).

Ketua DPRD sementara dari Fraksi Nasdem, Nuwen Wenda menyampaikan apresiasi kepada pimpinan fraksi yang telah menetapkan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) kemarin berjalan dengan aman dan baik.

“Sehingga kami berharap pelantikan definitif DPRD Kabupaten Tolikara segera dapat dilakukan. Kami juga berharap bapak Bupati Kabupaten Tolikara segera melakukan pelantikan devinitif terhadap DPRD Kabupaten Tolikara,” tuturnya.

Dirinya menegaskan, kehadiran anggota DPRD hari ini dari Ketua Fraksi Nasdem, ketua Fraksi Demokrat ketua Fraksi PKB, dam seluruh perwakilan anggota DPR dan ketua DPRD sudah bersatu dan siap menjalankan program pemerintah.

“Kami sudah ada di sini (Jayapura) sejak lama, maka kami sudah saatnya untuk harus fokus ke penyelenggaraan pemerintahan pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di Tolikara. Kami harap bupati dapat menanggapi dan melalui dinas terkait segera keluarkan jadwal tanggal pelantikan,” harapnya.

ads
Baca Juga:  PT Eya Aviation Indonesia Layani Penerbangan Subsidi Wamena-Tolikara

Pembentukan AKD DPRD Tolikara dibagi dalam tiga komisi dari empat fraksi, diantaranya ketua komisi A Yendiles Towolom Dapil 4, ketua Komisi B Yan Wenda Dapil 2 dan ketua komisi C Kenius Pagawak Dapil 3.

Yan Wenda, ketua Fraksi gabungan yang juga mewakili partai pemerintah mengatakan rakyat saat ini sedang menunggu kerja nyata dari DPRD yang terpilih dan menunggu kapan DPRD dilantik secara definitif agar bekerja sesuai aspirasi masyarakat.

“Dari bulan Maret sampai saat ini masuk bulan ke tujuh DPRD definitif belum juga di lantik, karena ada pergeseran fraksi dan komisi namun sekarang sudah selesai dan bersatu untuk bangun Tolikara,” tuturnya.

Baca Juga:  Pemkab Yahukimo Belum Seriusi Kebutuhan Penerangan di Kota Dekai

Dengan demikian, kata Yan berharap Surat Keputusan (SK) pelantikan DPRD definitif yang sudah ada di Sekwan tersebut dapat dipercepat proses pelantikannya berkoordinasi dengan Bupati Tolikara.

Dirinya mengaku sebagai Ketua Komisi B yang bergerak di bidang perekonomian belum berjalan baik sehingga hal ini segera harus dilakukan.

“Sekarang ini kami semua anak-anak muda yang dipilih oleh rakyat sehingga rakyat ingin melihat kerja DPRD yang dipimpin oleh orang muda ini, apakah mampu bekerja dengan pemerintah atau tidak. Ini sedang ditunggu! Kami berharap pelantikan ini dapat dilakukan secepatnya agar proses bangunan dan pelayanan kepada masyarakat bisa berjalan dan perlu di kawal,” katanya.

Ketua DPRD Terpilih Sonny Wanimbo mengatkan, usai melewati perdebatan panjang selama 7 bulan akhirnya telah dibentuk alat kelengkapan dewan.

Baca Juga:  PGGY Kebumikan Dua Jasad Pasca Ditembak Satgas ODC di Dekai

“Rakyat Tolikara sedang menanti sentuhan pelayanan, dan kami telah lama di Jayapura hanya untuk membahas Tatib dan ini telah selesai, sekarang kami siap kembali ke masyarakat untuk melayani maka kami minta kepada bupati dapat memgeluarkan jadwal pelantikan dalam minggu ini,” Sonny.

“Mewakili seluruh anggota DPRD terpilih menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat dan negara atas lambatnya pembentukan alat kelengkapan dewan dengan perdebatan yang begitu panjang yang memakan waktu. Kami dari Partai pemenang (Nasdem), Demokrat partai pemerintah dan Partai pemanang PKB kita bersatu tidak memilih tanpa persalahkan yang lain. Sekarang kita suda bersatu dan perubahan ada di DPRD Tolikara,” tegasnya.

 

Pewarta: Agus Pabika
Editor: Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnyaMahasiswa Tambrauw Keluhkan Pembangunan Asrama yang Tidak Dianggarkan Pemerintah
Artikel berikutnyaPembangunan Asrama Tambrauw di Jayapura Akan Direalisasikan Anggran 2021