ArtikelBego-krasi

Bego-krasi

Oleh: Victor F. Yeimo)*
)* Penulis adalah juru bicara internasional KNPB

Napas dari persatuan adalah demokrasi. Maka, saat demokrasi mati, persatuan itu mati. Untuk hidup, kau harus menghirup udara —yang terdiri dari berbagai kandungan— lalu berhembus untuk hidup.

West Papua dalam NKRI itu mati, karena tidak ada napas demokrasi; dimana Jakarta semaunya bikin UU, Inpres, dan sebagainya, lalu suruh pasukan reaksionernya borjuis lokal dan TNI-Polri paksakan orang Papua terima.

Baca Juga:  Kura-Kura Digital

Saat rakyat galang tolak Otsus, rekayasa demokrasi prosedural kolonial digalang lewat Pilkada, PON, bahkan sensasi peresmian nama besar. Rakyat yang dukung tentu karena komunalisme demokrasi; patron-clan/client; model demokrasi puritan Jokowi-Maruf yang trada nilai operasional.

Kita sedang dibawa masuk dalam demokrasi milik superioritas Jawasentris dan fundamentalis; yang ekspansionis dan anti demokrasi kerakyatan; yang harusnya partisipatoris berlandaskan konsensus bersama, sebagaimana yang kita kenal dalam budaya Melanesia.

Begitulah akal busuk elit penguasa Jakarta, yang pandai umbar “persatuan” tanpa menghargai perbedaan setiap unsur nilai pembentuk persatuan. Karenanya, Indonesia tidak pernah genggam West Papua dalam persatuan demokratik, karena sejak awal hak penentuan nasib bangsa Papua dibunuh dengan rekayasa.

Baca Juga:  Hak Politik Bangsa Papua Dihancurkan Sistem Kolonial

Rekayasa tanpa melibatkan orang Papua dalam menentukan apa bentuk Negara Bangsa yang hendak diperjuangkan, diproklamasikan, dan dijalankan Indonesia; yang seharusnya hasil konsensus bersama bangsa-bangsa, sebagaimana yang kita tahu dalam budaya Melanesia.

Saya kira, ini cukup hanya dalam genggaman kolonial Indonesia. Kita bangsa Papua jangan lagi terjangkit penyakit kebiasaan kolonial; yang demokrasi dipasung dan ditutupi dengan jargon “Persatuan”; yang tulis lain, yakin lain, bicara lain, main lain.

Baca Juga:  Indonesia Berpotensi Kehilangan Kedaulatan Negara Atas Papua

Napas dari persatuan itu demokrasi kerakyatan; partisipasi, kolektivisme, konsensus, baku dengar, baku kastau, baku bantu. Duduk sama rendah, berdiri sama tinggi. Maka, perjuangan kebangsaan Papua benar-benar memiliki nilai one people one soul one destiny.

Bersatu!. (*)

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pemkab Yahukimo dan PGGJ Diminta Perhatikan Keamanan Warga Sipil

0
"Sampai saat ini belum ada ketegasan terkait pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di sana. Tidak ada ketegasan dari pemerintah daerah Yahukimo. Kami minta untuk segera tangani.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.