PasifikNoel Anjo Kolao: Orang Papua Barat adalah Saudaraku dan Darahku

Noel Anjo Kolao: Orang Papua Barat adalah Saudaraku dan Darahku

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Noel Anjo Kolao, seorang aktivis, presiden Gerakan Kekuatan Rakyat PNG, dan wakil ketua PNG Union for Free West Papua yang berbasis di Port Moresby, PNG, tegas mengatakan, “orang-orang Papua Barat adalah saudaraku dan bagian dari darahku.”

Untuk itu, kata Kolao, ia memiliki cara tersendiri untuk mendukung dan memperjuangkan perjuangan pembebasan Papua Barat menjadi merdeka secara penuh.

“Saya punya alasan tersendiri untuk mendukung dan memperjuangkan Free West Papua,” kata Kalao kepada suarapapua.com dari Port Moresby, ibu kota Papua Nuginea, Jumat (29/10/2020).

Kata Kalao, pihaknya mengikuti jejak orang tua yang bekerja sama dengan OPM dalam mendukung dan mendapatkan momentum di PNG, ke tingkat selanjutnya.

Baca Juga:  Manasseh Sogavare Mengundurkan Diri Dari Pencalonan Perdana Menteri

Menurutnya, Papua Barat tidak sama dengan negara Melanesia lainnya. Papua Barat adalah bagian dari PNG dan PNG adalah bagian dari Papua Barat.

“Kami berasal dari nenek moyang yang sama, satu darah, satu orang dan satu tanah, maka tetap akan berjuang,” ujar Kolao.

Ia juga menjelaskan sejarah keturunan orang Papua Barat, khususnya di pegunungan Papua.

“Menurut sejarah Wabag dan Tari di PNG, kita semua adalah putra dan putri Hela. Hela memiliki empat putra dan sedikit putri. Anak-anak laki-laki, Opene Hela, Huli Hela, Tuguba Hela, Duna Hela, dan anak-anak putri adalah Ewas, Telefomins, Oskapmin dan Wamena dari Papua Barat. Wamena di Papua Barat, sejarah serupa telah diceritakan dan diungkap.”

Baca Juga:  Pacific Network on Globalisation Desak Indonesia Izinkan Misi HAM PBB ke West Papua

“Kami juga tahu ketika lihat foto-foto, tidak ada perbedaan antara orang Papua Barat dan PNG. Kami tidak ada perbedaan, merekah adalah darah saya sendiri dari nenek moyang yang sama. Maka seharusnya kita harus hidup sebagai satu kesatuan, tetapi Indonesia dan orang asing memisahkan kita. Mereka pisahkan kita hanya untuk kepentingan mereka atas tanah kita sendiri untuk merampok SDM.”

Baca Juga:  Bainimarama dan Qiliho Kembali Ke Pengadilan Tinggi Dalam Banding Kasus Korupsi
Noel Anjo Kolao dan Jeffrey Bomanak di PNG. (Facebook – SP)

“Maka tanpa rasa takut sedikitpun, saya akan berjuang untuk rakyat saya sendiri. Saya akan mendorong dan menasehati anak-anak saya untuk memperjuangkan Papua Barat bebas dan merdeka,” tukas Kolao yang adalah anggota komunitas koalisi melawan korupsi dan pimpinan aktivis anti korupsi PNG ini.

Selain itu, dalam kampanye Papua merdeka kedepan, kata Kalao, pihaknya memiliki beberapa program besar untuk menunjukan kepada Indonesia dan dunia bahwa PNG adalah West Papua.

Pewarta: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

ULMWP: Aneksasi Papua Ke Dalam Indonesia Adalah Ilegal!

0
Tidak Sah semua klaim yang dibuat oleh pemerintah Indonesia mengenai status tanah Papua sebagai bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, karena tidak memiliki bukti- bukti sejarah yang otentik, murni dan sejati dan bahwa bangsa Papua Barat telah sungguh-sungguh memiliki kedaulatan sebagai suatu bangsa yang merdeka sederajat dengan bangsa- bangsa lain di muka bumi sejak tanggal 1 Desember 1961.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.