Tanah PapuaLa PagoKapolres Tolikara Siap Kerja Sama Pemkab Bangun Daerah

Kapolres Tolikara Siap Kerja Sama Pemkab Bangun Daerah

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Kepolisian Resort (Polres) Tolikara melalui program bimbingan masyarakat (Bimas) Noken siap membangun kabupaten Tolikara dengan kerja sama pemerintah daerah setempat.

Hal ini dikemukakan Kapolres Tolikara, AKBP Dr. Yuvenalis Takamully saat menghadiri acara ngopi pagi di kampung Agrowisata Linggirame, desa Ebenhaesar, distrik Karubaga, kabupaten Tolikara, Selasa (23/3/2021) lalu.

“Kami kepolisian punya program Bimas Noken dengan kegiatan membangun kampung tangguh, sasaran kegiatan diantaranya pertanian, taman baca TK PAUD, peternakan dan pariwisata,” kata Takamully, melalui siaran pers dari Kominfo Tolikara.

Acara ngopi pagi dihadiri pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Perwira Penghubung Kodim Jayawijaya, Danton Brimob, Danton Pos TNI Maleo Karubaga, Dan Pos Minage, serta tokoh masyarakat dan para tamu undangan dari pegiat kopi, peternak, dan pemilik cafe di kota Karubaga.

Baca Juga:  PT Eya Aviation Indonesia Layani Penerbangan Subsidi Wamena-Tolikara

Kapolres menjelaskan, untuk merealisasikan program Bimas Noken, pihaknya telah berkoordinasi dan sudah bangun kerja sama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan memajukan pendidikan di wilayah pedesaan Tolikara.

“Kami sudah bangun kerjasama dengan Pemkab Tolikara terutama dinas terkait seperti dinas Pertanian dan Pendidikan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan memajukan pendidikan di kampung. Kami datangi kampung tangguh hanya memberikan suport atau dukungan untuk masyarakat lebih maju,” ucapnya.

Baca Juga:  Pemkab Yahukimo Belum Seriusi Kebutuhan Penerangan di Kota Dekai

Untuk itu, ia berharap di masa pandemi Covid-19 ini pertanian melalui komoditas unggulan harus dikembangkan lebih serius.

“Kita semua harus turun lapangan mendorong masyarakat rajin berkebun. Dan, kami Polres siap mendukung,” kata Takamully.

Di tempat yang sama, kepala Dinas Pertanian dan Perikanan kabupaten Tolikara, Ir. Palangsong Latuconsina, mengimbau seluruh stakeholder untuk saling bahu membahu mendorong ekonomi kemasyarakatan demi mencapai kesejahteraan rakyat Tolikara.

Menurutnya, saat ini ada sejumlah komoditi ekonomi yang sedang dikembangkan melalui agrobisnis dan agroindustri di wilayah Tolikara, antara lain kopi, jahe, buah merah, nenas, dan jeruk, serta ubi jalar dan singkong. Juga, ternak babi dan perikanan dalam bentuk kolam.

Baca Juga:  Wapres RI dan Enam Pj Gubernur Tanah Papua Dikabarkan Hadiri Hut PI Lembah Balim

Selain itu, kata Latuconsina, saat ini pihaknya masih fokus dengan perkebunan kopi. Menurutnya, perkebunan kopi sudah dimulai sejak 20013 lalu, dan sudah diolah beberapa varian yaitu kopi jahe merah, biji kopi, dan lain sebagainya.

“Potensi agrobisnis dan agroindustri dikolaborasikan dengan wisata yang disebut dengan agrowisata yang lebih trend saat ini. Karena itu kita mulai berkolaborasi antara pertanian dan peternakan dengan pariwisata seperti di kampung Linggirame ini,” imbuhnya.

Pewarta: Onoy Lokobal
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

20 Tahun Menanti, Suku Moi Siap Rebut Kursi Wali Kota Sorong

0
"Kami ingin membangun kota Sorong dalam bingkai semangat kebersamaan, sebab daerah ini multietnik dan agama. Kini saatnya kami suku Moi bertarung dalam proses pemilihan wali kota Sorong," ujar Silas Ongge Kalami.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.