PartnersPalau Sambut Kapal Induk Inggris Hadapi Dominasi China di Pasifik

Palau Sambut Kapal Induk Inggris Hadapi Dominasi China di Pasifik

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Tahun ini, kapal induk serang Angkatan Laut Inggris akan disambut di Palau ketika dikerahkan ke Indo-Pasifik.

Presiden Surangel Whipps membuat komentar ini kepada surat kabar Telegraph, sebagaimana disiarkan Radio New Zealand Pasifik bahwa ketika pulau itu berusaha untuk melawan intimidasi China yang semakin meningkat.

Dia mengatakan negaranya menghadapi kebutuhan mendesak untuk menopang sekutu, karena Beijing meningkatkan upayanya untuk mengklaim wilayah dan perairan yang kaya energi di Indo-Pasifik.

Baca Juga:  Pacific Network on Globalisation Desak Indonesia Izinkan Misi HAM PBB ke West Papua

Kelompok pemogokan kapal induk Inggris dapat menghadapi penerimaan yang bermusuhan dari China selama penempatannya, karena Beijing bersaing untuk dominasi ekonomi dan militer di wilayah tersebut.

Whipps yakin penyebaran misi angkatan laut negara mitra ke wilayah tersebut, termasuk HMS Queen Elizabeth, kapal induk baru Inggris, dan kapal perang yang menyertainya, akan membantu “mempromosikan perdamaian dan keamanan.”

Baca Juga:  Wawancara Eksklusif Daily Post: Indonesia Tidak Pernah Menjajah Papua Barat!

Dia menambahkan: “Kami menyambut armada Inggris.”

Pilihan Indo-Pasifik untuk pelayaran besar perdana kapal induk menandakan fokus yang berkembang dari Inggris dan sekutunya untuk mengamankan tambal sulam rute perdagangan global penting yang dapat dieksploitasi untuk pemaksaan ekonomi.

 

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

TPNPB Mengaku Membakar Gedung Sekolah di Pogapa Karena Dijadikan Markas TNI-Polri

0
“Oh…  itu tidak benar. Hanya masyarakat sipil yang kena tembak [maksudnya peristiwa 30 April 2024]. Saya sudah publikasi itu,” katanya membalas pertanyaan jurnalis jubi.id, Kamis (2/5/2024).

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.