Rumah dan Kebun Milik 13 KK di Kampung Silorin, Yahukimo Terendam Air

0
1173

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com — Akibat hujan yang mengguyur Kota Dekai Kabupaten Yahukimo, Sabtu (8/4/2021), mengakibatkan Rumah dan kebun milik masyarakat dari Desa Silorin Distrik Amuma Kabupaten Yahukimo tergenang air.

“Tadi pagi jam 4:30 WIT air naik, sampai jam 5:00 air mulai tergenang. Akhirnya, kami angkat barang penting ke jalan besar  dan bikin tenda darurat,” jelas Wilem Heluka, Koordinator masyarakat di posko darurat pada Minggu (9/4/2021).

Baca Juga:  DKPP Periksa Dua Komisioner KPU Yahukimo Atas Dugaan Pelanggaran KEPP

Dia menjelaskan, air naik karena hujan yang mengguyur Yahukimo selama satu hari pada hari Sabtu. Akibatnya banyak tanaman ubi, keladi, singkong, rica, pisang, dan lainnya milik 13 kepala keluarga yang tergenang air.

“Air ini masuk dari dua jalur, kali Bonto dan Kali Berasa. Sampai sekarang air masih belum turun. Kami berharap pemerintah datang lihat kami, karena sementara kami ada di jalan dengan tenda,” katanya.

Baca Juga:  Warga Tiom Ollo Duduki Kantor Bupati Lanny Jaya Minta Atasi Bencana Longsor

Dia menambahkan, selain kebun yang siap dipanen, ada empat hektar sawah tanaman padi yang rusak. “Untuk hari ini kami sangat butuh makanan, karena makanan kami sudah tergenang air, pasti tanaman ini akan rusak,” ucap Heluka.

ads

Sementara itu, Herman Payage, salah satu warga dari Desa Silorin meminta pemerinta harus melihat masyarakat yang sedang berada di jalan.

Baca Juga:  PT Eya Aviation Indonesia Layani Penerbangan Subsidi Wamena-Tolikara

“Saya minta bupati Didimus datang lihat kami di lokasi. Sekarang rakyat yang kasi suara rumah dan makanan tergenang air. Kami punya makanan sudah susah sekarang,” katanya.

Pewarta: Ardi Bayage

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaTPNPB Minta KNPB Deiyai Buang Segala Rasa Takut
Artikel berikutnyaBreaking News: Victor Yeimo, Jubir Internasional KNPB Ditangkap