BeritaPapua Tetap Aman, Kapolda Ajak Peran Humas Polres

Papua Tetap Aman, Kapolda Ajak Peran Humas Polres

NABIRE, SUARAPAPUA.com — Meski akhir-akhir ini pasukan gabungan TNI dan Polri sedang gencarkan penegakan hukum terhadap gerakan separatis bersenjata bahkan terjadi kontak senjata di kabupaten Puncak, Polda Papua memastikan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Sitkamtibmas) di Papua terutama wilayah hukum Polda Papua aman terkendali.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri melalui Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, kepala bidang hubungan masyarakat (Kabid Humas) Polda Papua, menyampaikan hal itu dalam pertemuan dengan para pejabat teras dan perwira di jajaran Polres Nabire, Senin (17/5/2021).

Kamal hadir di Nabire dalam rangka melakukan asistensi bidang Humas Polda Papua tahun 2021 kepada empat Polres yang ada di wilayah Meepago, antara lain Polres Nabire, Polres Deiyai, Polres Paniai, dan Polres Intan Jaya. Kegiatan asistensi selama tiga hari (17-19/5/2021) dipusatkan di ruang Reformasi Birokrasi Polri (RBP) Polres Nabire.

Baca Juga:  KPK Menang Kasasi MA, Bupati Mimika Divonis 2 Tahun Penjara

Sehari setelah pembukaan kegiatan asistensi, demikian ditulis siaran pers Humas Polres Nabire, Kabid Humas Polda Papua menggelar sharing bersama para wartawan di Nabire. Kegiatan bertajuk “coffee morning” itu diadakan di cafe Corner27, Jln. Jakarta, Kalisusu, Nabire.

“Kegiatan asistensi bidang Humas ini dalam rangka peningkatan manajemen kehumasan Polri pada empat Polres di wilayah Meepago,” jelas Kamal.

Baca Juga:  TPNPB Mengaku Telah Eksekusi Satu Anggota TNI di Sinak

Peningkatan manajemen tersebut menurutnya dapat dilakukan secara bersama-sama untuk mendukung kepercayaan publik dalam seluruh kegiatan kepolisian.

Kamal juga berterimakasih kepada wartawan di Nabire yang selama ini setia mengabarkan kegiatan Polri. Menurutnya, wartawan merupakan mitra efektif dalam mengkomunikasikan ke publik melalui pemberitaan.

Ia menjelaskan, sebagian bagian tak terpisahkan dari institusi Kepolisian Republik Indonesia, bagian Humas Polres tak bisa berjalan sendiri. Ia berharap perlu dukungan dari setiap kepala satuan dan Polsek serta jajarannya.

“Setiap kegiatan bisa dikirim ke grup Polres dan Polda. Ajak juga anggota Humas Polres untuk melakukan peliputan kegiatan yang nantinya diolah dalam bentul berita, foto dan video. Hasil liputan itu selanjutnya dishare ke publik melalui media sosial dan media massa,” tuturnya.

Baca Juga:  AMAN Sorong Malamoi Gelar Musdat III di Wonosobo

Karena itu, menurut Kamal, membangun kemitraan dan sinergitas dengan fungsi internal antara lain intelijen, reserse, bimbingan masyarakat, dan Humas, serta fungsi eksternal dengan pemerintah daerah, TNI, para tokoh, wartawan dan lain-lain, memang sangat penting.

Sebelumnya, AKBP Kariawan Barus, Kapolres Nabire, menyambut dengan gembira kehadiran Polda Papua dalam hal ini Kabid Humas Polda Papua bersama rombongan dari Jayapura untuk melaksanakan kegiatan asistensi yang rutin diadakan tiap tahun. (*)

Terkini

Populer Minggu Ini:

Freeport Serahkan Tiga Ton Bama Bagi Warga Distrik Iwaka yang Terdampak...

0
"Kami mengapresiasi dukungan PTFI dan semoga kerja sama ini terus berjalan dengan baik. Terima kasih PTFI selalu hadir untuk masyarakat Mimika dan sebagai bagian mitra kerja pemerintah," kata Mozes.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.