ADVERTORIALBupati Dogiyai Saat Panen Sayur Kol Puji Mama Dorkas Agapa

Bupati Dogiyai Saat Panen Sayur Kol Puji Mama Dorkas Agapa

MOWANEMANI, SUARAPAPUA.com — Kebun sayur milik salah satu petani binaan pemerintah kabupaten Dogiyai di bawah pimpinan Dorkas Agapa di kampung Kimupugi, distrik Kamuu, cukup berlimpah hasilnya. Bupati Yakobus Dumupa menilai usaha budi daya berbagai jenis sayuran sukses dikembangkan warganya.

Didampingi Emanuel Dogomo, kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan serta sejumlah pejabat setempat, Selasa (11/5/2021), bupati Dumupa melakukan panen sayur kol di kebun milik mama Dorkas Agapa.

Bupati Dogiyai menyebut usaha keras mama Dorkas Agapa tak sia-sia. Mama Agapa dianggap sukses dalam membuka kebun dan membudidayakan sejumlah sayuran, diantaranya sayur kol.

Baca Juga:  Pemda Intan Jaya Umumkan Jadwal Pelaksanaan Tes CAT K2

“Mama Dorkas Agapa termasuk petani yang berhasil karena berkali-kali memanen sayur dan menjualnya ke pasar. Saya sangat apresiasi kepada mama Agapa atas kemauan dan kerja kerasnya mengolah kebun sayur sekaligus membudidayakan sejumlah jenis sayuran. Ini luar biasa, karena mama sudah mampu hidup di atas kaki sendiri, sebagaimana saya selalu kampanyekan selama ini,” tutur Dumupa.

Apresiasi sama dikemukakan Emanuel Dogomo. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Dogiyai mengakui kerja keras Dorkas Agapa bersama anggotanya mengembangkan sayur kol dan berbagai jenis sayuran lainnya untuk kebutuhan warga setempat.

Baca Juga:  Pemda Intan Jaya Umumkan Jadwal Pelaksanaan Tes CAT K2

“Mama Dorkas hebat. Kami beri bibit, pupuk, dan beri pelatihan selama ini dan telah dimanfaatkan dengan baik. Buktinya, berkali-kali mama Agapa panen sayur. Keuntungan juga lumayan,” kata Dogomo.

Mama Dorkas Agapa menyampaikan terima kasih kepada bupati bersama dinas teknis yang selama ini setia memberikan pelatihan dan pendampingan serta insentif kepada kelompok petani, bahkan turun langsung melihat dari dekat aktivitasnya.

“Anak bupati ini hebat. Memang bupati selalu bilang kami kerja, dan juga kasih bantuan uang untuk kami bikin kebun. Dinas Pertanian juga kasih kami pelatihan, bibit dan pupuk. Saya senang sekali,” ucap mama Agapa.

Baca Juga:  Pemda Intan Jaya Umumkan Jadwal Pelaksanaan Tes CAT K2

Usai memanen sayur kol, bupati juga membeli sejumlah hasil panennya yang kemudian dibagikan kepada kepala Dinas Pertanian bersama jajarannya serta beberapa warga yang turut menyaksikan kegiatan itu.

Bupati bersama kepala Dinas Pertanian juga berkesempatan melakukan penanaman bibit sayuran secara simbolis.

Selama ini dalam berbagai kesempatan bupati Dogiyai selalu mengajak masyarakatnya untuk berkebun dan beternak. Ajakan ini tak lain adalah agar bisa hidup mandiri dan bahagia hanya dengan bekerja mengolah sekaligus mengembangkan potensi yang ada. (*)

Terkini

Populer Minggu Ini:

Partai-Partai Oposisi Kepulauan Solomon Berlomba Bergabung Membentuk Pemerintahan

0
"Kelompok kami menanggapi tangisan dan keinginan rakyat kami untuk merebut kembali Kepulauan Solomon dan mengembalikan kepercayaan pada kepemimpinan dan pemerintahan negara kami," kata koalisi tersebut dalam sebuah pernyataan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.