BeritaPerlu Adanya Integritas Pemuda Kisor Raya

Perlu Adanya Integritas Pemuda Kisor Raya

SORONG, SUARAPAPUA.com — Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Kisor Raya (IPPMKR) dari kabupaten Maybrat menggelar seminar sehari di aula Yohanes Pembaptis KM 13 Kota Sorong, Minggu (30/5/2021). Seminar bertema “Berintegritas, bermoral dan berinovatif”.

Kegiatan ilmiah seperti ini menurut Pendeta Thomson F. E. Elias, sangat penting bagi kaum muda sebagai penerus tongkat estafet.

“Penguatan integritas sangat diperlukan para pemuda, mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan. Selanjutnya nilai-nilai integritas juga harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Jika pemuda dan mahasiswa tidak berintegritas, maka masa depan akan hancur,” tuturnya saat memamparkan materi tentang integritas pemuda Kristen.

Baca Juga:  Dua Anak Diterjang Peluru, Satu Tewas, Satu Kritis Dalam Konflik di Intan Jaya

Pendeta Thomson meyakini peran pemuda dan mahasiswa saat ini sangat dibutuhkan, apalagi sebagai agen perubahan untuk melihat problem yang terjadi di tengah masyarakat umum.

“Generasi muda saat ini tidak hanya pintar yang dibutuhkan, tetapi juga cerdas dan memiliki karakter berintegritas. Selama integritas pemuda kita lemah, maka dampak buruk akan terjadi di tengah masyarakat.”

Dosen Theologia di Universitas Kristen Papua (UKiP) Sorong ini menyebut generasi muda sebagai calon pemimpin di masa mendatang mau tak mau mesti memiliki karakter berintegritas.

Baca Juga:  Pelaku Penyiksaan Harus Diadili, Desakan Copot Pangdam Cenderawasih Terus Disuarakan

“Sudah pasti akan dipakai dimana saja jika kalian dianggap telah mempunyai karakter berintegritas yang tinggi,” ujarnya berargumen.

Sem Yaam, sekretaris distrik Aifat Selatan, yang turur hadir dalam seminar sehari, menyarankan kepada semua pihak agar jangan memanfaatkan IPPMKR sebagai wadah politik.

“IPPMKR terbentuk sejak tahun 2014. Saya perlu tekankan saat ini kepada semua pihak di kabupaten Maybrat tidak boleh manfaatkan IPPMKR sebagai wadah politik. Jadikanlah wadah ini bagi generasi muda Kisor Raya berkarya sesuai tujuan awal,” tegasnya.

Baca Juga:  PMKRI Kecam Tindakan Biadap Oknum Anggota TNI Siksa Warga Sipil di Papua

Selain memberikan motivasi kepada generasi muda, Sem Yaam yang juga pendiri IPPMKR itu berharap agar peserta seminar benar-benar dapat menerapkan materi demi pengembangan diri.

“Tetap semangat dan terus lakukan kegiatan ilmiah, antara lain diskusi dan sejenisnya agar menambah wawasan berpikir kalian. Perlu diingat bahwa kalian adalah generasi harapan masa depan. Saya tetap akan koordinasi dengan pimpinan di distrik agar bisa melihat perjuangan adik-adik selama ini,” tutup Sem.

Pewarta: Reiner Brabar
Editor: Arnold Belau

Terkini

Populer Minggu Ini:

AMAN Sorong Malamoi Gelar Musdat III di Wonosobo

0
“Kita harus berkomitmen untuk jaga dan lindungi tanah adat untuk keberlanjutan hidup generasi kita,” kata Yulius kepada suarapapua.com pada 30 April 2024.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.