BeritaKalahkan Persik 2-1, Persipura Tatap Dua Uji Tanding Berikut

Kalahkan Persik 2-1, Persipura Tatap Dua Uji Tanding Berikut

NABIRE, SUARAPAPUA.com — Tak puas dengan rangkaian uji coba bersama sejumlah tim amatir selama dua bulan terakhir, undangan Persipura Jayapura akhirnya diterima Persik Kediri. Uji tanding berlangsung sore ini, Sabtu (5/6/2021) di stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur. Laga uji coba dimenangkan Boaz Solossa Dkk dengan skor akhir 2-1.

Gol pembuka dalam friendly match yang disiarkan langsung melalui channel YouTube Persik Official itu dicetak Andri Ibo, kapten Persik, memanfaatkan bola rebound setelah tendangan penalti pada menit 41 diblok kiper Persipura. Wasit meniup titik putih setelah Yustinus Pae handsball di area terlarang.

Tertinggal 1-0, tim Persipura sukses menyamakan kedudukan sementara pada babak kedua. Gol dibuat Boaz di menit 61. Tendangan bola mati dari luar kotak 16 berhasil menggetarkan jala gawang Persik.

Boaz kembali sumbangkan satu gol bagi Persipura. Gol diciptakan sang kapten pada menit 68. Bola lepas dari kiper Persik dikuasai Boaz, dan dicocor dengan santai ke dalam gawang lawan.

Pertandingan berakhir dengan keunggulan dua gol.

Jacksen F Tiago, pelatih kepala Persipura, mengatakan, hasil akhir dari uji tanding sore ini sudah pasti dijadikan bahan evaluasi untuk melihat sejauhmana perkembangan tim setelah menjalani serangkaian latihan di Malang maupun Surabaya.

Baca Juga:  Kepala Suku Abun Menyampaikan Maaf Atas Pernyataannya yang Menyinggung Intelektual Abun

“Kita akan review hasil penampilan anak-anak tadi. Ada beberapa hal penting yang harus dipelajari bersama,” ujarnya, dikutip Media Officer Persipura.

Pelatih asal Brasil ini menilai taktik bermain belum diperlihatkan dalam laga tadi. Karena itu, para pemain harus kerja keras lagi sebab atmosfer pertandingan di Piala AFC jauh lebih keras dan cukup menantang.

“Secara taktikal bermain di AFC nanti, kami masih tertinggal jauh karena lawan jauh lebih bagus dari kami. Memang kita harus kerja keras. Kita harus berbenah lagi,” ucap Jacksen.

Lebih dari itu, Jacksen merasa senang sekali ada tim Liga 1 mau menerima tawaran untuk berujicoba. Tak hanya Persipura, menurutnya, uji tanding ini bermanfaat juga bagi Persik jelang gelaran kompetisi Liga 1 musim 2021.

“Saya rasa uji coba ini membantu kita melihat kesiapan tim secara keseluruhan sebelum kita bertanding di Piala AFC. Bagi Persik juga dampaknya cukup besar sebagai bagian dari kesiapan mereka dalam melakoni pertandingan Liga 1,” tuturnya.

Setelah ini, menurut Arvydas Ridwan Madubun, manajer Persipura, tim Mutiara Hitam akan menjalani uji tanding dengan dua tim Liga 1. Antara lain, Persita Tangerang, dan Persib Bandung.

Baca Juga:  PFA Cetak Sejarah Gemilang di Selangor Open Malaysia dan Piala Barati 2024

Terjadwal, Persipura kontra Persita pada Minggu, 13 Juni 2021. Setelahnya, menghadapi Persib Bandung, Sabtu, 19 Juni 2021.

“Setelah uji tanding sore ini, selanjutnya kami bergeser ke Jakarta untuk persiapan dua laga berikut,” kata Madubun.

Selama di Jakarta, kata dia, skuat Persipura akan menjalani pemusatan latihan sambil menunggu informasi pasti dari AFC.

“Singapura sudah mengundurkan diri sebagai tuan rumah, jadi kami akan konsentrasi di Jakarta. Selain latihan, ada dua pertandingan uji coba. Ini baik, sesuai planing tim pelatih bersama manajemen,” jelas Bento.

Di AFC Cup 2021, Persipura akan menghadapi tiga tim lain yang tergabung dalam Grup H. Antara lain, Lion City Sailors FC (Singapura), Saigon FC (Vietnam), dan Kedah Darul Aman FC (Malaysia).

Persik Bersyukur

Misi khusus diemban Persik Kediri dalam pertandingan uji coba dengan tim Persipura. Juga kontestan Liga 1 lainnya yang telah direncanakan tim pelatih.

Bagi Persik, menjajal kekuatan Persipura merupakan kesempatan emas jelang gelaran Liga 1 2021. Kompetisi Liga 1 tahun ini menurut rencana akan digulirkan pada bulan depan.

“Ini kesempatan emas bagi kami. Tentu kami sangat senang bisa uji tanding dengan Persipura,” kata Joko Susilo, pelatih kepala Persik.

Baca Juga:  Manajer RANS FC Kembali Merumput, Kok Bisa?

Kalah atau menang, baginya, bukan ukuran dalam proses persiapan Andri Ibo Dkk jelang kompetisi Liga 1.

“Hasil akhir itu kita tidak jadikan patokan. Yang penting kami bisa lihat perkembangan pemain dan tim secara keseluruhan,” lanjut Joko.

Dalam uji coba tadi, sang pelatih memberi menit bermain bagi seluruh skuatnya.

Strategi yang dipersiapkan pun dicoba dalam pertandingan ini.

“Kami ingin melihat sejauh mana teknik, fisik, mental dan taktik yang kami inginkan. Itu satu keuntungan bagi kami dari uji  tanding ini.”

Prinsip Joko Susilo berusaha memanfaatkan dengan baik laga uji coba, apalagi dengan tim asal Papua yang tengah bersiap untuk tampil di AFC Cup 2021, untuk mencoba menerapkan beberapa alternatif kerangka tim.

“Saat ini kami sedang membangun tim, dan laga uji coba memang sangat penting,” imbuhnya.

Mantan pelatih Arema Malang ini mengaku sudah ada ajakan uji coba dari beberapa tim Liga 1 dan Liga 2. Menurutnya, ada tujuh uji tanding yang akan dilakoni tim asuhannya sebelum kompetisi reguler digulirkan di tanah air.

Pewarta: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Partai-Partai Oposisi Kepulauan Solomon Berlomba Bergabung Membentuk Pemerintahan

0
"Kelompok kami menanggapi tangisan dan keinginan rakyat kami untuk merebut kembali Kepulauan Solomon dan mengembalikan kepercayaan pada kepemimpinan dan pemerintahan negara kami," kata koalisi tersebut dalam sebuah pernyataan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.