PolhukamHAMULMWP Berduka Atas Kepergian Pastor Allen, Ketua West Papua di Vanuatu

ULMWP Berduka Atas Kepergian Pastor Allen, Ketua West Papua di Vanuatu

 JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— United Liberation Movement for West Papua menyampaikan rasa dukanya atas meninggalnya pastor Allen Nafuki, Ketua Komite Persatuan Papua Barat Vanuatu atau Vanuatu West Papua Association and Unification Committee (VWPAUC).

Pastor Allen yang adalah Ketua Gereja Presbytarian Vanuatu itu meninggal pada 13 Juni 2021 di Vanuatu.

Oridek Ap, Kepala Misi ULMWP untuk Uni Eropa menyatakan bahwa pihaknya telah kehilangan seorang senior dan pemimpin Melanesia. “Kami kehilangan seorang senior dan pemimpin Melanesia, pastor Allen Nafuki,” tulis Oridek dalam surat elektroniknya yang diterima suarapapua.com, Senin (14/6/2021).

Baca Juga:  LBH Papua Soroti Penangkapan Pelajar dan Interogasi Guru Akibat Mencoret Pakaian Seragam Bermotif BK

Kata Aridek, pastor Allen adalah seorang yang pada awal menumbuhkembangkan solidaritas Melanesia atas West Papua, tetapi juga dia adalah seorang teman ketika pihaknya masih dalam kegelapan, dan masih belum adanya jalan.

“Pastor Allen, anda telah menyinari sinar terang pada kami, membuka jalan dan membimbing kami. Terima kasih untuk dukungan doanya dalam pertemuan di Port Villa waktu itu. Terima kasih juga anda punya perhatian, dedikasi dan komitmenya untuk orang-orang Papua. Kami akan terus berjuang dan akhiri apa yang telah anda lakukan. Terima kasih!”

Baca Juga:  Suku Abun Gelar RDP Siap Bertarung Dalam Pilkada 2024

Direktur Eksekutif United Liberation Movement for West Papua, Markus Haluk menyampaikan bahwa bangsa Papua berduka bersama Vanuatu atas kepergian pastor Allen Nafuki.

Kata Markus, pastor Allen adalah seorang bapa, gembala, saudara dan seorang pejuang kemerdekaan Papua di Vanuatu. “Sebagai ketua panitia persatuan Papua merdeka, ia selalu memimpin aksi, lobi Papua merdeka di berbagai forum di Vanuatu, Melanesia dan Pasifik,” ujar Haluk.

Baca Juga:  Usut Tuntas Oknum Aparat yang Diduga Aniaya Warga Sipil Papua

Oleh sebab itu katanya, pihaknya yakin  bersama para pejuang Papua Merdeka dari surga, pastor Allen akan mendoakan dan menggerakan perjuangan bangsa Papua, terutama dalam pelaksanaan pertemuan para pemimpin MSG pada 15-17 Juni 2021, agar ULMWP diterima sebagai anggota penuh.

“Sesuai pesan pemimpin bangsa Papua, tuan Benny Wenda, maka kami menyampaikan 1 Minggu berkabung dan duka bersama rakyat Vanuatu dan Melanesia. Wakil ULMWP akan hadir dalam acara duka di Vanuatu,” pungkas Haluk.

 

Pewarta: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Nasionalisme Papua Tumbuh Subur di Tengah Penjajahan

0
Ternyata pendidikan dan pengajaran Pancasila, P4 dan sejarah Indonesia yang diajari oleh para guru di bangku sekolah tidak menghapus nasionalisme Papua merdeka. Justru anak-anak muda Papua ini semakin memahami jati diri mereka, identitas mereka, juga memahami dengan baik penjajahan Indonesia yang sedang terjadi di atas Tanah Papua dari tahun 1960-an.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.