BeritaRakyat West Papua Ingin Kembali ke Keluarga Melanesia

Rakyat West Papua Ingin Kembali ke Keluarga Melanesia

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Dukungan rakyat West Papua terhadap pemerintahan sementara United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) menuju keanggotaan penuh Melanesian Spearhead Group (MSG) menggema di seluruh Tanah Papua. Dukungan diwujudkan dalam bentuk aksi damai, mimbar bebas, diskusi, dan ibadah bersama.

Dukungan juga dilakukan dengan cara doa dan puasa, serta kampanye di berbagai platform media. Termasuk dari kelompok atau organisasi maupun person dengan memanfaatkan sarana media sosial.

Serogo Walela, ketua Komite Aksi ULMWP wilayah adat Lapago, saat berkunjung ke salah satu sektor komite aksi ULMWP di kabupaten Jayawijaya, Selasa (15/6/2021) dengan agenda mendukung pemerintah sementara West Papua menuju MSG, mengajak rakyat tetap eksis dengan fokus doa serta dukungan melalui kampanye di media sosial menjelang pertemuan MSG pekan ini.

Baca Juga:  Diduga Dana Desa Digunakan Lobi Investasi Migas, Lembaga Adat Moi Dinilai Masuk Angin

“Kami rakyat Papua di wilayah adat Lapago mendukung penuh pertemuan MSG yang akan diadakan tanggal 15 – 17 Juni, namun ditunda tanggal 22 – 24 2021. Kita berharap, para pemimpin MSG mau menerima dan memasukan West Papua dalam keanggotaan penuh MSG,” ujar Serogo usai diskusi.

Dukungan tersebut diperlihatkan pula dengan memajang sejumlah pamflet, yang antara lain meminta dukungan para pemimpin MSG agar mengesahkan West Papua sebagai anggota penuh MSG.

Pantauan suarapapua.com, dalam kesempatan ini dipajang tulisan dukungan di sejumlah lembar kertas putih bertuliskan: Bring back West Papua to the Melanesia family; Melanesia is not Free; West Papua for MSG; dan Full membership for West Papua.

Baca Juga:  Freeport Indonesia Bangun Jembatan Hubungkan Kampung Banti 2 dan Banti 1
Salah satu pamflet dukungan ULMWP diterima sebagai anggota penuh MSG. (Onoy Lokobal – SP)

Di tempat yang sama, Nyait Lokobal, dengan tegas mengatakan, tanah maupun manusia West Papua adalah ras Melanesia. Karena itu, diterima sebagai anggota penuh MSG bukan sebuah hal mustahil.

“Kami rakyat West Papua adalah keluarga Melanesia. Jadi, mulai dari tanah, tumbuhan hingga binatang yang hidup di daratan West Papua dan yang hidup di laut sampai dengan kami manusia West Papua yang berambut keriting berkulit hitam adalah keluarga rumpun Melanesia. Kami bukan Melayu,” ujar Nyait.

Oleh karena itu, tegas Lokobal, “Rakyat West Papua hari ini meminta kepada para pemimpin MSG untuk mengakomodir West Papua sebagai anggota penuh MSG.”

Baca Juga:  ULMWP Desak Dewan HAM PBB Membentuk Tim Investigasi HAM Ke Tanah Papua

Turut Berduka

Dalam kesempatan itu, Serogo Walela mewakili rakyat West Papua, menyampaikan turut berdukacita yang sangat mendalam atas meninggalnya Pastor Allen Nafuki.

“West Papua heartfelt condolences to Pastor Allen Nafuki, family and peoples of Vanuatu,” demikian ditulis di selembar kertas yang dipajang dalam aksi dukungan ULMWP.

Ucapan belasungkawa rakyat West Papua atas berpulangnya Pastor Allen Nafuki. (Onoy Lokobal – SP)

Tercatat 40 tahun lebih Allen Nafuki berjuang dan bersuara bagi kemerdekaan West Papua di Vanuatu. Hingga ajal menjemput ia ketua Komite Persatuan Papua Barat Vanuatu atau Vanuatu West Papua Association and Unification Committee (VWPAUC).

Pewarta: Onoy Lokobal
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Tanah Papua Harus OAP,...

0
Kini Majelis Rakyat Papua (MRP) se-Tanah Papua sedang mendorong pikiran ini sesuai aspirasi masyarakat. Karena ini aspirasi lama, sehingga bersama kita dukung, termasuk pemilihan oleh DPRP dan DPRK. Semoga Tuhan membuka jalan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.