Peringati HUT OPM, Ini Tiga Pernyataan TPNPB Ngalum Kupel

0
2389

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Ngalum Kupel telah selenggarakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) proklamasi kemerdekaan Negara Republik Papua Barat yang dilakukan pada 1 Juli 1971 di markas Organisasi Papua Merdeka (OPM) Victoria.

Dalam surat elektronik yang diterima media ini dari awak media TPNPB, peringatan HUT OPM dilakukan di markas Kodap Ngalum Kupel. Upacara dipimpin oleh Brigjen Lamek Taplo Panglima Kodap bersama pasukan TPNPB-OPM setempat.

Baca Juga:  HRM Rilis Laporan Tahunan 2023 Tentang HAM dan Konflik di Tanah Papua

Usai melakukan upacara tersebut, mereka menyatakan tiga sikap. Pernyataan sikap itu dibacakan Lamek Taplo pada 1 Juli 2021. Tiga pernyataan tersebut antara lain:

  1. Menolak segala macam Pembangunan tawaran Pemerintah Indonesia melalui kaki tangan Pemerintah daerah di Kabupaten Pengunungan Bintang.
  2. Kami tidak akan berhenti perang sampai Papua Merdeka. Jadi warga sipil di Pegunungan Bintang jangan campur tantang dengan TNI/Polri. Karena TPNPB tidak akan kompromi. Siapa yang bekerja sama dengan TNI/Polri kami akan tembak mati. Termasuk yang bekerja sebagai mata-mata untuk militer Indonesia.
  3. Kami minta Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang dan orang-orang yang sedang perjuangkan perpanjang Otsus, kami minta segera hentikan. Karena kami TPNPB tidak minta Otsus tetapi kami minta kemerdekaan Papua yang dirampas Indonesia kembalikan. Kami juga perang bukan untuk protes pembagunan.
Baca Juga:  Sikap Mahasiswa Papua Terhadap Kasus Penyiksaan dan Berbagai Kasus Kekerasaan Aparat Keamanan

REDAKSI

ads
Artikel sebelumnyaPilkades Ajang Masyarakat Dogiyai Memilih Kepala Desa Dambaan
Artikel berikutnyaMarthen Momo-Kani Rumaf Pimpin BEM UMS Periode 2021-2022