Pemuda Adat Papua Harus Siap Menghadapi Tantangan Globalisasi

0
1125

MANOKWARI, SUARAPAPUA.com — Pemuda adat Papua diharapkan sudah harus siap menghadapi tantangan globalisasi di era modern ini.

Zakarias Horota, pelaksana tugas ketua DAP Wilayah III Doberai, menyampaikan hal itu pada konferensi Pemuda Adat Papua Wilayah III Doberai yang diadakan di Gedung Olahraga (GOR) Sanggeng Manokwari, Papua Barat, Sabtu (7/8/2021).

“Hari ini momen konferensi bagaimana membicarakan tentang aspek sosial ekonomi, politik yang berkembang di Papua khusus di Papua Barat,” kata Zakarias.

Zakarias berharap pemuda mengambil peran penting sebagai motor penggerak agen perubahan bagi masyarakat adat.

Baca Juga:  Desak Pelaku Diadili, PMKRI Sorong Minta Panglima TNI Copot Pangdam Cenderawasih

“Konsep pemikiran baru di era modern harus didorong ke pemerintah. Menyangkut apa yang menjadi hak dari masyarakat wajib dan patut dihargai oleh siapapun,” katanya.

ads

Pemuda adat Papua diharapkan terus bekerja, mengadvokasi semua hal yang berkaitan kepentingan masyarakat adat Papua. Karena itu, ia minta kepentingan masyarakat adat Papua itu tugas pemuda adat Papua.

“Dengan harapan betul-betul mengakomodir apa yang menjadi aspirasi masyarakat adat Papua. Momen penting untuk pemuda Papua sebagai anak adat membenahi diri melahirkan konsep pemikiran untuk kepentingan masyarakat adat di Tanah Papua khusus Papua Barat,” kata Horota.

Baca Juga:  Freeport Indonesia Dukung Asosiasi Wartawan Papua Gelar Pelatihan Pengelolaan Media

Ia berharap, saudara-saudara yang lain sesama suku Papua baik dari wilayah adat Doberai dan lainnya termasuk nusantara lainnya agar terus membangun kebersamaan dan solidaritas.

“Kita tidak mudah untuk diadudomba suku ini begini atau provokator membuat isu-isu berdampak konflik horizontal baik antara sesama suku Papua maupun dengan suku Nusantara lainnya. Hal seperti itu tidak kita inginkan terjadi di wilayah ini,” ujarnya dengan tegas.

Baca Juga:  Yakobus Dumupa Nyatakan Siap Maju di Pemilihan Gubernur Papua Tengah

Maxi Nelson Ahoren, ketua Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) mengajak semua pemuda Papua Barat bersatu bergandengan tangan untuk kepentingan bersama.

“Kita jangan lagi tercerai berai. Kita harus bersatu. Saya minta pemuda mendorong agar DAP menjadi satu. Selesai konferensi ini, sudah ada pemilihan DAP definitif baru,” pintanya.

Pewarta: Charles Maniani
Editor: Markus You

Artikel sebelumnya79 Kepala Desa Siap Kawal Larangan Miras di Dogiyai
Artikel berikutnyaPoksus DPRP Minta Pemprov Papua Subsidi Transportasi