Nasional & DuniaJaringan Global Pan Afrika Minta Bebaskan Victor Yeimo

Jaringan Global Pan Afrika Minta Bebaskan Victor Yeimo

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Global Pan-Africanims Network, organisasi jaringan hak-hak sipil internasional yang berbasis di Ghana menyerukan pembebasan Victor Yeimo, Juru Bicara Internasional KNPB dan petisi rakyat Papua (PRP).

Pernyataan tertulis itu disampaikan Global Pan-Africanims Network pada 17 Agustus 2021.

Global Pan Africanism Network (GPAN) adalah organisasi Hak Sipil Internasional dan Pan Afrika untuk menyatukan kembali semua orang keturunan Afrika, mengadvokasi hak dan kebebasan orang keturunan Afrika di seluruh dunia. GPAN Global Pan Africanism Network (GPAN) sendiri secara resmi terdaftar di Accra, Ghana di bawah Companies Act 1963, Act 179 pada 8 April 2019.

Baca Juga:  Mahasiswa Papua di Sulut Desak Komnas HAM RI Investigasi Kasus Penganiayaan di Puncak

Dimeji Sodeka, Juru Bicara Global Pan- Africanism Network menyerukan agar Victor Yeimo yang ditangkap sewenang-wenang tanpa surat perintah penangkapan, yang dikaitkan dengan hak demokrasinya untuk memprotes dan memimpin demonstrasi agar segera dibebaskan.

Menurut Sodeka, pengacara Victor Yeimo menerima surat perintah penangkapan dan penahanan pada hari berikutnya yang merupakan pelanggaran hukum acara pidana Indonesia yang mengharuskan surat perintah penangkapan untuk ditunjukkan pada saat penangkapan. Berdasarkan informasi yang diterimanya bahwa kesehatan Victor Yeimo memburuk saat ia ditempatkan di sel isolasi.

Baca Juga:  Stop Kriminalisasi dan Pengalihan Isu Pemerkosaan dan Pembakaran Rumah Warga!

“Kami sangat prihatin dengan laporan bahwa Victor Yeimo menderita sakit dan kesehatannya yang memburuk di penjara, maka kami menuntut pembebasannya untuk segera dilakukan. GPAN berdiri dengan orang-orang Kulit Hitam Asli [Balck people] di West Papua yang telah secara terbuka menginisiasi referendum bagi orang Papua untuk menentukan nasib mereka sendiri,” ungkap Sodeka.

Baca Juga:  TETAP BERLAWAN: Catatan Akhir Tahun Yayasan Pusaka Bentala Rakyat 2023

 

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Ini Keputusan Berbagai Pihak Mengatasi Pertikaian Dua Kelompok Massa di Nabire

0
Pemerintah daerah sigap merespons kasus pertikaian dua kelompok massa di Wadio kampung Gerbang Sadu, distrik Nabire, Papua Tengah, yang terjadi akhir pekan lalu, dengan menggelar pertemuan dihadiri berbagai pihak terkait di aula Wicaksana Laghawa Mapolres Nabire, Senin (29/4/2024) sore.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.