KNPI Tambrauw Launching Sisaum News

0
936

SORONG, SUARAPAPUA.com — Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tambrauw telah meresmikan dan melaunching sebuah situs online. Situs tersebut dilaucnhing oleh Bartholomeus Assem, Ketua KNPI Kab. Tambrawu, Papua Barat pada 18 Agustus 2021.

Assem menjelaskan, media online sangat diperlukan seiring terbukanya kebebasan menyampaikan pikiran dan pendapat di muka umum, termasuk memperoleh informasi publik kian pesat. Situs tersebut akan digunakan untuk menjadi saluran informasi pembangunan daerah, termasuk distrik hingga kampung-kampung dapat diketahui publik melalui media

“Selain sebagai tempat belajar, dengan hadirnya media online Sisaum ­­­­News ini kita dapat memberitahukan situasi,kondisi , perkembangan pembangunan di Kabupaten Tambrauw kepada dunia luar,” jelas Bartholomeus Assem, (19/8) 2021.

Sementara itu,  DPD KNPI Tambrauw Korwil Sorong Raya, Raymond Karubaba mengapresiasi terobosan baru yang dorong oleh DPD KNPI Tambrauw. Menurutnya gagasan laungchin media online  yang diprakasai KNPI  merupakan sesuatu yang baru.

ads
Baca Juga:  Pengusaha OAP Buka Palang Kantor 10 OPD Setelah Ada Kesepakatan

“Luar biasa KNPI Tambrauw, baru terjadi di Papua Barat  ada media yang di luncurkan KNPI. Hal ini tidak pernah di pikirkan oleh teman-teman padahal ini bisa menjadi langkah awal untuk belajar menjadi penulis yang baik,” ujar Karubaba.

Dia berharap hadirnya media online dapat menjadi motivasi bagi pemuda di Kabupaten Tambrauw dalam menggontrol setiap pembangunan.

“Kita berharap media ini menjangkau lebih luas sehingga mampu memberitakan situasi di Tambrauw sehingga dunia luar juga mengatahui kondisi Tambrauw.   Pemuda yang kelelola media maka media ini harus tampil dengan model yang luar biasa tidak boleh jadi media yang biasa saja,” katanya.

Baca Juga:  Situasi Kamtibmas di PBD Butuh Sinergi Bersama

Konsolidasi Pemuda

Ketua KNPI Kab. Tambrawu menjelaskan, pelucuran website itu satu dari kegiatan utama. Utama adalah melakukan konsoidasi untuk pembentukan pengurus di 29 distrik yang ada di daerah itu. Tujuan konsolidasi tersebut, lanjut dia, adalah agar pemuda di tingkat distrik dapat belajar tentang organisasi serta terlibat dalam mengawal pembangunan di daerah.

”Kami sadari banyak kekurangan. KNPI bisanya hanya aktif di kabupaten. Sedangkan di distrik terjadi kefakuman. Oleh karena itu kami melakukan kegiatan ini supaya hidupkan kembali kegiatan organisasi di tingkat distrik. Supaya bisa bangun komunkasi, koordinasi dengan pemerintah distrik dalam kawal pembangunan,” terangnya.

Maria Lovernia Hay, Wakil Ketua Bidang OKK DPD KNPI Tambrauw menambahkan kegiatan konsolidasi tingkat distrik akan  di bagi menjadi lima zona agar mempermudah akses mengingat jangkauan  dan situasi pandemik saat ini maka dibagi 5 zona.

Baca Juga:  22 Mei 2024 Akan Dirayakan 130 Tahun Misi Katolik di Tanah Papua

“Konsolidasi dilakukan dalam lima zona yang sudah kami kelompokkan. Supaya mempermudahkan kami dalam melakukan konsolidasi, maka kami sepakat membagi lima zona, mekanisme konsolidasi akan di sesuaikan sesuai kondisi di lapangan,” katanya.

Lima Zona tersebut antara lain: zona 1 meliputi distrik : Kasih, Mubrani, Mpur, Ambarbaken, Ambarbaken Barat dan Abun. Zona 2 meliputi distri : Kebar Timur, Kebar, Kebar Selatan, Manekar, Senopi, Manabuan. Zona 3 meliputi distrik  Senopi, Miyah, Miyah Selatan, WillhemRombots, Ireres. Zona  4 meliputi distrik Yembun, Bamusbama, Sujak, Fef,Tinggow dan zona 5 meliputi distrik Selemekai, Moraid, Sausapor, Bikar, Kwor dan Tubouw.

Pewarta : Reiner Brabar

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaCall for Solidarity Action: Free Victor Yeimo!
Artikel berikutnyaWelmina Saroi Berikan Sebidang Tanah Adat untuk Dirikan Pos Polisi