BeritaNakes yang Dikabarkan Hilang, TPNPB: Ada, Akan Serahkan ke Pemkab Pegubin

Nakes yang Dikabarkan Hilang, TPNPB: Ada, Akan Serahkan ke Pemkab Pegubin

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasai Papua Merdeka (OPM) Kodap XV Ngalum Kupel mengaku bahwa satu petugas medis [mantri] yang awalnya dilaporkan hilang saat ini sedang berada di Markas TPNPB Kodap XV Ngalum Kupel.

Laporan itu disampaikan pihak TPNPB dalam release persnya pada, Selasa (21/9/2021) dari Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua.

“Mantri atas nama Gerald Sokoy. Benar masih di markas. Nanti akan serahkan kepada Pemerintah Kabupaten [Pegubin] atau pihak keluarga dalam Minggu ini,” tulis laporan TPNPB.

Baca Juga:  Desak Pelaku Diadili, PMKRI Sorong Minta Panglima TNI Copot Pangdam Cenderawasih

Sebelumnya, seorang warga di Kiwirok, Pegunungan Bintang Papua Barat melaporkan bahwa kembali terjadi kontak tembak antara aparat TNI dan Polri, dan pihak TPNPB-OPM di Kiwirok pada, Selasa (21/9/2021) sejak pukul 6.45 pagi.

Ia juga mengaku bahwa sebelumnya, pada sore hari, Senin (20/9/2021) terjadi kontak tembak saat aparat yang berjalan kaki dari Oksibil menuju Kiwirok.

Baca Juga:  Suku Abun Gelar RDP Siap Bertarung Dalam Pilkada 2024

“Aparat gabungan itu ada 35 anggota. Mereka didrop di Oksibik, lalu jalan kaki ke Kiwirok. Dari Oksibil ke Kiwirok itu satu malam. Mereka saat jalan kaki menuju Kiwirok lalu ada baku tembak,” jelas dalam laporan itu.

Selain itu, TPNPB mengaku menembak satu anggota TNI dan Polri dalam kontak tembak antara pasukan gabungan TNI dan Polri yang ketika menuju Kiwirok dari Oksibil.

Baca Juga:  Heboh! Banyak Bangkai Babi di Mimika Dibuang ke Aliran Sungai

Sebelumnya, kontak tembak terjadi pada 13 September 2021 di distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Dalam kontak tembak itu, satu anggota TNI mengalami Lukas tembak.

Sementara, pada tanggal 15 September 2021, satu anggota TPNPB OPM Ngalum Kupel meninggal dunia setelah kontak tembak dengan aparat TNI dan Polri di Kiwirok, Pegunungan Bintang Papua.

 

REDAKSI

Terkini

Populer Minggu Ini:

ULMWP Himbau Rakyat Papua Peringati 1 Mei Dengan Aksi Serentak

0
“ULMWP sebagai wadah koordinatif gerakan rakyat, siap bertanggung jawab penuh atas semua rangkaian aksi yang dilakukan dalam bentuk apa pun di hadapkan kolonialisme Indonesia dan dunia Internasional.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.