BeritaHaluk Apresiasi PM PNG dan Vanuatu yang Angkat Soal Papua di PBB

Haluk Apresiasi PM PNG dan Vanuatu yang Angkat Soal Papua di PBB

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Markus Haluk, Direktur Eksekutif United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) menyambut baik pidato Perdana Menteri Papua New Guinea, Jemes Marape dan Perdana Menteri Vanuatu, Bob Loughman yang mengangkat soal penentuan nasib sendiri dan HAM Papua di Sidang Mejelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 25-26 September 2021.

“Waaa..waaaa..waaaa.. Dari Jayapura, Papua Barat, saya Markus Haluk, Direktur Eksekutif ULMWP di PAPUA BARAT, dengan air mata haru menyampaikan rasa terima kasih saya kepada PM [PNG James] Marape,” ucap Haluk kepada suarapapua.com, Senin (4/10/2021) di Jayapura.

Baca Juga:  Polda Papua Diminta Evaluasi Penanganan Aksi Demo di Nabire

Menurutnya, James Marape bukan sekedar Perdana Menteri PNG, melainkan pemimpin bangsa Papua dari Samarai [PNG] hingga Sorong (Papua Barat].

“Anda bukan hanya PM PNG, tapi pemimpin bangsa Papua dari Samarai sampai Sorong. Anda juga menjadi pemimpin Melanesia. Sekali lagi Tuhan Yesus bersama PM Marape dan rakyat PNG,” ujarnya.

Selain itu Markus juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi serupa kepada Perdana Menteri Vanuatu, Bob Loughman.

“Ungkapan dan apresiasi yang sama kepada PM Vanuatu. Kami apresiasi dan ucapkan terima kasih yang mendalam kepada PM Vanuatu. Anda bersama rakyat. Bangsa Vanuatu selalu setia berdiri menyuarakan suara penderitaan saudaramu Bangsa Papua,” ucap Haluk.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Segera Perintahkan Panglima TNI Proses Prajurit Penyiksa Warga Sipil Papua

“Apa yang anda suarakan adakah fakta kebenaran yang kami bangsa Papua alami. Doa kami dari tanah Papua Bersamamu dan bangsa dan rakyat Vanuatu.”

Diketahui, PM Papua New Guinea dan PM Vanuatu angkat persoalan HAM di tanah Papua hingga persoalan penentuan nasib sendiri bangsa Papua dalam sidang ke 76 majelis umum PBB pada 25-26 September 2021 di New York, Amerika Serikat.

Selain berbicara soal penentuan nasib sendiri dan persoalan pelanggaran hak asasi manusia, pihaknya mempertegas soal komunike Forum Kepulauan Pasifik (PIF) pada 2019 agar PPB mengirim tim dari Kantor Komisaris tinggi Dewan HAM PBB ke Tanah Papua.

Baca Juga:  Velix Vernando Wanggai Pimpin Asosiasi Kepala Daerah se-Tanah Papua

Sebelumnya, Presiden sementara, pemerintahan sementara West Papua, Benny Wenda dan Powes Parkop, Gubenur Port Numbay, ibu kota Papua New Guinea memberikan apresiasi kepada Perdana Menteri PNG, James Marape yang pertama kali angkat soal Papua di PBB, tetapi juga Perdana Menteri Vanuatu yang terus konsisten berdiri untuk West Papua di forum pimpinan negara-negara dunia di PBB itu.

 

Pewarta: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Parpol Harus Terbuka Tahapan Penjaringan Bakal Calon Bupati Tambrauw

0
SORONG, SUARAPAPUA.com --- Forum Komunikasi Lintas Suku Asli Tambrauw mengingatkan pengurus partai politik di kabupaten Tambrauw, Papua Barat Daya, untuk transparan dalam tahapan pendaftaran...

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.