Pemkot Sorong Diminta Serius Urus Masalah Sampah

0
1140

KOTA SORONG, SUARAPAPUA.com — Pemerintah kota Sorong diminta serius memanagement sampah karena sampai saat ini sampah masih berhamburan di mana-mana mengotori keindahan Kota Sorong.

Hal tersebut ditegaskan mama Linda Ginuni, salah satu pemulung sampah di kota Sorong. Ia menilai Pemerintah Kota Sorong belum serius menangani sampah.

Menurutnya, kebersihan yang selama ini dilakukan hanya membabat rumput sedang sampah botol dan pelastik belum diatur dengan baik.

Baca Juga:  Maraknya Destructive Fishing, 5 Pelaku Pengeboman Ikan di Perairan Misool Utara Ditangkap

“Sampah plastik, kaleng, dan botol masih menghiasi kota Sorong. Kita liat di pasar sampah botol dan pelastik baku tindis. Masyarakat belum sadar, sungai dan laut masih dijadikan tempat sampah. Titik -titik pembuangan sampah masih di tengah kota.”

“Orang lewat jalan utama ada sampah di samping. Got-got di depan gedung mewah seperti Gereja, Bank, dan lainnya. Sampah botol bertaburan. Ini bukti bahwa Pemerintah belum serius management sampah di kota Sorong,” tegas mama Linda Ginuni saat dijumpai suarapapua.com, Senin (1/10-2021)

ads
Baca Juga:  DPD KNPI Tambrauw Gelar Rapat Pleno Satu untuk Kemajuan Pemuda

Sementara itu, Yosep Nauw, seorang Bapak yang juga biasanya bekerja memungut sampah botol dan kertas Rufei mengharapkan agar ada aturan yang menjera masyarakat yang suka membuang sampah sembarang sehingga membuat masyarakat takut.

“Cobalah Pak Walikota harus ada kebijakan khusus tentang sampah ini. Ada aturan menjera masyarakat. Masyarakat masih bebas buang sampah sembarang. Ada mobil dan motor, tapi macam bodok kah. Tra bawa sampah itu buang di tempat sampah, tapi buang di sembarang tempat.”

Baca Juga:  Kasus Moses Yewen Belum Jelas, Kepala Distrik Fef Tolak Kehadiran Satgas Yonif 762

Ada tukang bersih sampah, tapi masyarakat pu kesadaran juga harus dibangun. Tong mau kota Sorong indah atau kota sampah saja kah,” tegasnya dengan kesal.

Pewarta: Maria Baru
Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaLongsor dan Banjir Hanyutkan Delapan Rumah di Yahukimo
Artikel berikutnyaPemkab Tolikara Siapkan 3,5 M untuk Bangun Asrama Mahasiswa di Manokwari