Kunjungi Kodam Kasuari, KSAD Ingatkan Tidak Berpikir Membunuh KKB

0
985
KSAD AD TNI, Dudung Abdurachman ketika melakukan kunungan pertamanya di Makodam Kasuari. (Pemdan Kasuari)
adv
loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Prajurit-prajurit yang melaksanakan tugas di wilayah konflik seperti di wilayah Papua agar jangan berpikir ingin membunuh KKB tetapi bagaimana melaksanakan tugas negara untuk mengamankan masyarakat Papua yang saat ini diintimidasi oleh kelompok-kelompok radikal.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman di depan para Perwira dan Komandan Satuan (Dansat) jajaran Kodam Kasuari di aula Makodam Kasuari, Arfai, Papua Barat, Kamis (25/11/2021) sebagaimana release Kodam Kasuari yang diterima suarapapua.com, Jumat (26/11/2021).

Pengarahan tersebut dilaksakan dalam agenda kunjungan KSAD di wilayah Papua Barat di Makodam Kasuari untuk bertatap muka dengan para prajurit.

Baca Juga:  Desak Pelaku Diadili, PMKRI Sorong Minta Panglima TNI Copot Pangdam Cenderawasih

“Ini adalah salah satu angan-angan saya apabila saya menjabat, saya akan melihat daerah operasi dan juga ingin tahu bagaimana kesulitan prajurit, bagaimana hambatan prajurit, bagaimana tantangan di lapangan,”ujar KSAD.

Ia menegaskan kepada prajurit di Papua untuk selalu hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat Papua dan jangan sekali-sekali segan untuk turun membantu mengatasi masalah yang timbul.

ads

“Cintai masyarakat Papua seperti layaknya kita mencintai diri sendiri dengan segala macam keterbatasan. TNI harus hadir seperti yang tertuang dalam salah satu perintah harian KSAD, apapun yang menjadi kebutuhan rakyat kita harus tahu.”

Baca Juga:  Panglima TNI Didesak Tangkap dan Adili Prajurit Pelaku Penyiksa Warga Sipil Papua

“Sebagai pemimpin harus tahu situasi yang berkembang khususnya di wilayah Papua, saya sering katakan dan sampaikan kepada prajurit, kalian harus dicintai oleh rakyat Papua, harus hadir ditengah-tengah masyarakat, sekecil apapun”tegas Kasad.

“Harus peka terhadap situasi yang apabila mengganggu persatuan dan kesatuan kalian harus hadir di situ,”ucapnya.

“Apabila suatu insiden terjadi, mereka (KKB) melakukan suatu tindakan kalian harus siap, tetapi pada dasarnya bahwa kalian tugas di Papua adalah bagaimana mengamankan dan menyelamatkan warga Papua,” imbuhnya.

Baca Juga:  Freeport Indonesia Dukung Asosiasi Wartawan Papua Gelar Pelatihan Pengelolaan Media

Kunjungan Jenderal Dudung ke Papua Barat merupakan kunjungan perdana sebagai KSAD sejak dilantik Presiden pada 17 November 2021 di Istana Merdeka. Kunjungan ini juga merupakan rangkaian kunjungan ke wilayah Timur Indonesia.

Kunjungan KSAD ke Makodam Kasuari disambut Pangdam Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa beserta pejabat Kodam.

“Semoga TNI AD semakin maju dan terdepan dalam mengawal kedaulatan di seluruh negara kesatuan Republik Indonesia. Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi Kodam Kasuari mendapat kunjungan dan perhatian dari bapak KSAD,” ucap Pangdam I Nyoman.

 

Editor: Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnyaRusuh di Honiara Diduga Karena Hubungan Diplomatik Cina dan Taiwan
Artikel berikutnyaDewan Gereja Papua Minta Jokowi Berdialog Dengan Kelompok Pro Referendum