Lapter Aniek Verifikasi Penerbangan Subsidi Pesawat Perintis

0
862

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Dinas Perhubungan telah verifikasi Lapangan Terbang Aniek Kamupung Homindikmu dan Dindok Distrik Hilipuk Kabupaten Yahukimo. Lapter itupun akan menjadi pelayanan umum dalam pedekatan pembangunan daerah terpencil. 

Darius Kobak, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Yahukimo mengakui, Lapter itu hasil kerja keras swadaya masyarakat namun menjadi salah satu pendekatan pembangunan dan membantu pemerintah dalam pembangunan.

“Lapter ini kerja keras masyarakat namun ini mendukung pemerintah kabupaten Yahukimo untuk mengakses segala pembangunan program bupati yang ada. baik dari infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan semua,” kata Darius dalam sambutannya di Homindikmu Distrik Hilipuk, Yahukimo, Papua pada Jumat (8/2/2022).

Darius Bilang, Duluh jalan kaki tapi sekarang berubahan zaman maka salah satu alat menghubungkan antara dari dan ke harus mengunakan pesawat.

Baca Juga:  Mama-Mama Pedagang Papua di PBD Tuntut Keadilan dan Bangun Pasar Khusus

“Dari satu distrik ke Distrik yang lain, dari kabupaten ke Kabupaten yang lain dan dari kabupaten ke provinsi itu adalah hanya lapangan terbang yang menjadi prioritas pendekatan.”

ads

“Jadi kerja swadaya masyarakat namun membantu pemerintahan maka saya atas nama Bupati dan Wakil Bupati saya sebagai kepala Dinas Perhubungan menyampaikan terima kasih,” ucapnya.

Sementara itu, Agus Pele, Sekretaris Bandara Nop Goliat Dekai Yahukimo mengatakan, untuk lapter Aniek sudah memverifikasi dari Kementerian Perhubungan republic Indonesia bahkan daerah maka sudah bisa layani pesawat Penumpang maupun Gargo.

“Tinggal sekarang itu komunikasi dari sini ke Dekai dan sebaliknya yang penting sudah ada radio dan wingsok itu fasilitas yang utama,” katanya.

Baca Juga:  Seribu Pohon Sagu di Sorong Digusur Demi Menanam Kelapa Sawit

Sementara, Mingkituk Kobak, Angota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Yahukimo mengucapkan terima kasih Kemenhup, pemerintah daerah, dinas perhubungan dan kepala Bandara Nop Goliat Dekai yang mana bersinergi membantu masyarakat.

“Lapter ini tergolong muda tetapi sudah memberikan subsidi. Saya ucapan banyak terima kasih juga kepada masyarakat desa Homindipmu, desa Dindok dan semua masyarakat distrik Hilipuk bersama panitia telah bekerja keras dan menyediakan akses pembangunan untuk menjangkau di distrik Hilipuk melalui lapangan terbang ini,” ucapnya.

Lanjut dia, daerah itu sangat sulit menjangkau pembangunan Infrastruktur, Pendidik dan Kesehatan setapi juga banyak sisih lain dari sejak wilayah administrative Kabupaten Jayawijaya hingga (19) Tahun di Kab. Yahukimo.

Baca Juga:  Kisah Dortea Karubuy Nekat Numpang Pamer Hasil Karya di Festival BI 2024

“Sehingga untuk mempermudah masyarakat, Tahun depan ada kesediaan Subsidi kargo,”. harapnya.

Lapter itu pun Sudah bisa operasi semua jenis pesawat berbadan kecil maupun berbadan besar Perintis. pesawat jenis Carvan penyerahan Subsidi dan surat verifikasih lapangan.

Asot Yahuli, Ketua Panitia Lapter Baru Aniek menyampaikan terima kasih Kemenhub, Pemerintah dan Dishub Yahukimo atas pengesahan pelayanan penerbangan Subsidi di Lapter Aniek

“Kami punya surat p permohonan yang diajukan menyangkut dengan subsidi itu sudah menjawab sesuai dengan kebutuhan kami untuk itu kami juga menyampaikan terima kasih,” katanya.

Pewarta: Atamus Kepno
Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaKeluarga Victor Yeimo Minta Hentikan Sidang Lanjutan dan Segera Bebaskan
Artikel berikutnyaVictor Yeimo: Saya Tolak Dituntut Makar