Tanah PapuaMeepagoTiba di Timika, Kezya Edowai Dianugerahi Duta Noken Mama Papua

Tiba di Timika, Kezya Edowai Dianugerahi Duta Noken Mama Papua

WAKEITEI, SUARAPAPUA.com — Kezya Edowai, peraih penghargaan tertinggi internasional di kategori busana dan sosial media dalam kontes Miss Ultra Universe International 2022 di Brasil, dinobatkan sebagai Duta Noken Mama Papua.

Penghargaan Duta Noken Mama Papua disematkan langsung Titus Pekei, tokoh penggagas Noken ke UNESCO tahun 2012, kepada Kezya Edowai sesaat tiba di bandar udara Moses Kilangin, Timika, Senin (7/3/2022).

Tiba sekira pukul 11.30 WP, Kezya disambut dengan tarian meriah dari beberapa sanggar seni dan fashion di kabupaten Mimika.

Titus Pekei hadir dalam prosesi penjemputan Kezya Edowai.

“Saya sangat apresiasi atas perjuangan pantang menyerah dari adik Kezya Edowai di Brasil, apalagi telah meraih penghargaan tertinggi internasional. Saya memberikan dia satu penghargaan lagi, yaitu duta Noken Mama Papua,” kata Titus.

“Adik Kezya layak mendapatkan penghormatan. Saya kalungkan noken baru buatan mama perajin noken, karena telah menghargai noken mama bangsa Papua dari tujuh wilayah adat,” lanjutnya.

Kezya Edowai dianggap sosok perempuan Papua yang mewakili perempuan tujuh wilayah adat Papua.

“Materi Noken Papua sudah dia tampilkan di Brasil. Noken adalah rahim kedua yang terdaftar sebagai warisan budaya tak benda di UNESCO. Dia duta noken, pantas mendapatkan gelar duta Noken Papua. Nyata di tanah ini dan dari Papua kepada dunia menjadi warisan budaya tak benda. Dari Papua kepada dunia melalui Indonesia, tampil di kontes fashion internasional,” tutur Titus.

Baca Juga:  Seruan dan Himbauan ULMWP, Markus Haluk: Tidak Benar!

Di tengah berbagai masalah kian menimpa Indonesia, pemerintah menurutnya gemar menciptakan masalah baru yang seolah sulit diatasi. Salah satunya, kata Pekei, sikap tak peduli terhadap upaya pelestarian Noken Papua sebagai warisan budaya dunia.

“Ironis karena merobek noken tanpa pelestarian. Perlu diketahui, tujuh wilayah adat Papua adalah wilayah konservasi noken warisan budaya tak benda.”

Titus menganggap penampilan Kezya Edowai di Brasil sebagai bentuk diplomasi warisan budaya dunia yang sangat tinggi nilainya.

“Perempuan, ibu, mama perajin Noken Papua masih di persimpangan jalan. Tetapi dia menyampaikan pesan kepada dunia bahwa Noken adalah warisan budaya dunia dari Tanah Papua. Noken multifungsi sebagai noken ilmu pengetahuan, pendidikan dan kebudayaan dunia. Komunitas dunia mengakui itu. Karenanya, dia pantas mendapatkan dua penghargaan tertinggi dunia internasional,” bebernya.

Baca Juga:  Raih Gelar Doktor, Begini Pesan Aloysius Giyai Demi Pelayanan Kesehatan di Papua

Titus Pekei terlibat melakukan penelitian ekologi Papua selama tiga tahun (2008-2010). Dari hasil risetnya, ia kemudian membangun komunikasi dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia hingga penelitian nominasi Noken Papua ke UNESCO terdaftar secara resmi pada tanggal 4 Desember 2012.

“Hari ini, adik Kezya Edowai layak mendapat penghargaan dari saya. Ini noken hasil keringat mama Papua. Semoga Tuhan memberkati. Atas prestasi luar biasa ini. Dan, teruslah kembangkan bersama adik-adik lain di Tanah Papua baik di provinsi Papua maupun provinsi Papua Barat serta kabupaten dan kota di tanah ini,” kata Pekei.

Pemilik nama lengkap Kezya Ami Erna Kagaimu Edowai mengikuti kontes Miss Ultra Universe International 2022 di Sao Paulo, Brasil, 21-27 Februari 2022.

Anak pasangan Natalis Edowai dan Erlince Gobai itu sukses mempersembahkan dua gelar penghargaan. Yakni, Miss Ultra Universe Social Media dan meraih medali perak atau runner-up 1 Miss Ultra Universe National Costum.

Kezya juga mendapat sebuah gelar baru Miss Beauty Indonesia dari Yayasan Pagean Indonesia International.

Baca Juga:  Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Deiyai Siap Digelar

Kemudian, sebuah penghargaan MURI dari Lumbung Aspirasi Rakyat (LIRA) Pusat diberikan kepadanya.

Dian Infandi Nauw, manager Miss Ultra Universe Indonesia, mengucapkan terima kasih untuk semua doa dan dukungan masyarakat Indonesia, khususnya pemerintah provinsi Papua.

“Semua dipersembahkan dengan usaha, waktu, tenaga, dan pengorbanan terbaik dari miss kita, untuk Indonesia dan Papua,” kata Dian.

Erlince Gobai, sang ibunda Kezya yang turut mendampingi putrinya dalam kontes tersebut juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung.

“Terima kasih untuk semua doa dan dukungan yang telah diberikan kepada anak kami Kezya dalam mengikuti ajang Miss Ultra Universe International di Sao Paulo Brasil,” ucapnya.

Erlince tak lupa berterimakasih kepada Bambang Erianto, pimpinan Yayasan Pagean Indonesia Internasional beserta stafnya.

Ucapan terima kasih Erlince juga disampaikan kepada gubernur Lukas Enembe, anggota DPRP Laurenzus Kadepa, pemerintah kabupaten Deiyai, tim Amungsa Bridal serta semua pihak yang telah memberikan dukungan langsung kepada Kezya Edowai.

Pewarta: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

ULMWP Himbau Rakyat Papua Peringati 1 Mei Dengan Aksi Serentak

0
“ULMWP sebagai wadah koordinatif gerakan rakyat, siap bertanggung jawab penuh atas semua rangkaian aksi yang dilakukan dalam bentuk apa pun di hadapkan kolonialisme Indonesia dan dunia Internasional.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.