Tanah PapuaMeepagoPleno Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Deiyai Siap Digelar

Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Deiyai Siap Digelar

DEIYAI, SUARAPAPUA.com — Satu tahapan penting dari Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 bakal segera dituntaskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Deiyai, Papua Tengah. Yakni, rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil pemilihan umum tingkat kabupaten Deiyai yang akan digelar pada hari Minggu (3/3/2024).

Hal tersebut dipastikan lembaga penyelenggara Pemilu menyusul pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat distrik telah tuntas dilakukan oleh panitia pemilihan distrik (PPD) dari lima distrik yang ada di kabupaten Deiyai.

“Pleno tingkat distrik sudah selesai semuanya. Terakhir hari ini, PPD Tigi Timur sudah selesaikan pleno rekapitulasi suara tingkat distrik. Lima distrik semuanya tuntas. Setelah ini, nanti lusa, hari Minggu, kita akan selenggarakan pleno tingkat kabupaten,” kata Yulianus Mote, ketua KPU kabupaten Deiyai, Sabtu (2/3/2024).

Baca Juga:  Pagi Ini Jalan Trans Tiom-Wamena Dipalang Caleg PPP

Menurut Yulianus, rapa pleno tersebut akan dilaksanakan di aula KPU kabupaten Deiyai.

“Ya, tempatnya di aula KPU dan akan dimulai tepat pada jam 10 siang,” jelasnya.

Yulianus mengatakan, sesuai jadwal nasional, pihaknya siap menyelesaikan seluruh tahapan yang menjadi tugas dan tanggung jawab dalam menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan itu. Tentu dengan tetap patuh pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam seluruh tahapan Pemilu 2024.

“Bersyukur bahwa seluruh tahapan telah dilaksanakan dengan baik dan lancar meskipun di tingkat bawah ada beda pendapat dan lain-lain, pada akhirnya sampai pada tahap dimana hasil perolehan suara harus direkap, diplenokan dan diumumkan kepada semua pihak untuk diketahui bersama,” tutur Mote.

Baca Juga:  Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu di PBD Resmi Dimulai

Setelah rapat pleno tingkat kabupaten Deiyai, pihaknya memastikan segera melaporkan hasilnya ke KPU provinsi Papua Tengah dan menunggu petunjuk lebih lanjut.

“Pastinya akan diplenokan juga dari tingkat provinsi, sehingga pada dasarnya kami siap laksanakan,” kata Yulianus Mote.

Untuk itu, KPU kabupaten Deiyai berharap agar semua pihak tetap menahan diri sambil mengikuti proses selanjutnya sesuai agenda nasional.

“Satu hal paling penting adalah setiap kita wajib mengambil bagian untuk menjaga daerah ini tetap dalam keadaan aman. Tidak perlu terhasut dengan berbagai berita miring, apalagi isu tidak benar atau hoaks dari oknum tertentu yang bertujuan mengacaukan Deiyai. Jangan mudah terhasut dengan kabar tidak benar. Harus dicerna baik, dan tetap menahan diri, tidak terpancing emosi, apalagi sampai melakukan tindakan melawan hukum,” ujarnya mengingatkan.

Baca Juga:  FPD Yahukimo Aksi di Kantor KPU Papua Pegunungan Tuntut Pleno Dibatalkan

Di bagian akhir, ketua KPU tak lupa ucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik pemerintah daerah, Polri, TNI, Bawaslu serta segenap masyarakat Deiyai yang telah bersama-sama mensukseskan agenda Pemilu 2024.

“Saya atas nama lembaga KPU kabupaten Deiyai menyampaikan terima kasih kepada semuanya, sebab Pemilu bisa sukses karena adanya dukungan dan kerja sama yang baik hingga boleh terlaksana dalam kondisi aman dan kondusif,” ucapnya.

Sementara itu, aparat kepolisian dari Polres Deiyai dipastikan akan diturunkan dibantu TNI untuk memberikan jaminan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama pelaksanaan rapat pleno terbuka tersebut berlangsung. []

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pemkab Yahukimo dan PGGJ Diminta Perhatikan Keamanan Warga Sipil

0
"Sampai saat ini belum ada ketegasan terkait pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di sana. Tidak ada ketegasan dari pemerintah daerah Yahukimo. Kami minta untuk segera tangani.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.