Tanah PapuaLa PagoBupati Yahukimo Resmi Buka Musrenbang RKPD 2023

Bupati Yahukimo Resmi Buka Musrenbang RKPD 2023

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com— Bupati Kabupaten Yahukimo, Didimus Yahuli secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023, yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah di aula Kediaman Bupati Yahukimo pada, Selasa (5/4/2022).

“Terutama kami bersyukur kepada Tuhan, karena dari progres ke progres dalam kepemimpinan kami untuk mewujudkan visi Yahukimo cerdas sehat, dan Yahukimo mandiri ini terus bergerak maju. Sebelumnya setelah kami menetapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) menjadi peraturan daerah, sehingga hari ini tamu dari provinsi datang untuk melaksanakan kegiatan RKPD untuk tahun 2023,” kata Bupati Didimus kepada suarapapua.com di Dekai.

Baca Juga:  PT Eya Aviation Indonesia Layani Penerbangan Subsidi Wamena-Tolikara

Dikatakan, adanya Musrenbang maka akan menolong perencanaan yang baik secara demomestik dari tingkat provinsi sampai ke pusat, dimana semua program akan tersingkron dengan baik.

“Supaya visi misi saya dan pak Wakil Bupati terutama Yahukimo sehat, cerdas dan mandiri bisa berjalan dalam kepemimpinan kami,” ucapnya.

Untuk menuju Yahukimo mandiri katanya, pemerintah sudah membuka lahan 200 hektar di Muroku, agar Yahukimo menjadi lumbung padi yang dapat mendistribusikan ke beberapa kabupaten di pegunungan tengah Papua.

Baca Juga:  PGGY Kebumikan Dua Jasad Pasca Ditembak Satgas ODC di Dekai

“Kami juga akan kembangkan sektor perkebunan, di daerah Langda, Bomela Suntamon, Nalca, Puldama, Endomen, Durwemna, Tangma, Pasema dan distrik lain. Untuk itu Musrenbang ini bisa berjalan untuk dapat mendukung visi dan misi bupati,” kata Didimus.

Edy Way, Kasubid Pemerintahan dan Otonomi Khusus Bappeda Provinsi Papua mengatakan, pembangunan perencanaan pembangunan daerah merupakan, bagian yang tidak terpisahkan dari sistem perencanaan pembangunan nasional yang diatur dalam UU No. 25 Tahun 2004.

“Sesuai dengan UU penyusunan perencanaan pembangunan daerah diakomodir oleh Bappeda. Sehingga hari ini Kabupaten Yahukimo lakukan Musrembang. Kami tetap akan dukung hingga kegiatan ini benar- benar terlaksana demi kemajuan Kabupaten Yahukimo,” katanya.

Baca Juga:  Pemkab Yahukimo Belum Seriusi Kebutuhan Penerangan di Kota Dekai

Katanya, perencanaan ini dapat berguna di tahun 2023, terutama pendidikan, kesehatan masyarakat, meningkatkan ketahanan pangan, dan produktivitas pertanian.

Ambekni Kobak Sekretaris Bappeda Kabupaten Yahukimo dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyelenggaraan Musrembang merupakan mekanisme perencanaan tahunan dalam rangka mengakomodir kepentingan masyarakat.

“Sekaligus sebagai wadah partisipasi untuk menghasilkan rencana program dan kegiatan pembangunan yang lebih aspiratif dan transparan serta dapat dipertanggung jawabkan,” katanya.

 

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Hari Konsumen Nasional 2024, Pertamina PNR Papua Maluku Tebar Promo Istimewa...

0
“Kami coba terus untuk mengedukasi masyarakat, termasuk para konsumen setia SPBU agar mengenal Pertamina, salah satunya dengan menggunakan aplikasi MyPertamina sebagai alat pembayaran non tunai dalam setiap transaksi BBM,” jelas Edi Mangun.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.