BeritaOlahragaEduard Ivakdalam Siap Tangani Persipura

Eduard Ivakdalam Siap Tangani Persipura

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Siapa yang bakal latih skuat Persipura Jayapura pasca degradasi ke Liga 2, masih menjadi teka-teki hingga saat ini.

Sebagian besar suara menghendaki manajemen Persipura segera ‘pegang’ Eduard Ivakdalam, tetapi sejauh ini belum ada keputusan resmi.

Persipura kini tanpa pelatih kepala pasca ditinggalkan Angel Alfredo Vera. Beberapa waktu lalu Alfreo memilih tawaran dari Persita Tangerang, tim Liga 1 Indonesia musim 2022/2023.

Sesuai regulasi, tim Liga 2 tidak menggunakan jasa pemain asing dan pelatih asing.

Kamasan Jack Komboy, ketua Persipura All Star, akhir pekan kemarin di Kota Jayapura, mengatakan, saat ini tim berjuluk Mutiara Hitam butuh pelatih yang mampu mengangkat mental pemain dan cocok dengan karakter permainan khas Persipura di kompetisi Liga Indonesia.

Dari hasil diskusi dengan sejumlah mantan pemain Persipura, kata Jack Komboy, sosok Eduard Ivakdalam dianggap pantas membesut kesebelasan asal Kota Jayapura itu.

“Manajemen segera mengontrak seorang pelatih untuk menangani tim Persipura. Diantara kami mantan pemain Persipura, ada satu yang sudah memiliki lisensi kepelatihan dan punya prestasi selama bermain di lapangan hijau dan sesudah gantung sepatu telah sukses mengantar tim sepak bola putra Papua raih medali emas di ajang PON XX Oktober 2021, yakni saudara Eduard Ivakdalam. Saat ini Edu sangat layak menjadi pelatih Persipura,” tuturnya, dikutip dari rekaman video yang diterima suarapapua.com.

Baca Juga:  Manajer RANS FC Kembali Merumput, Kok Bisa?

Usulan tentang pelatih kepala Persipura di musim berikut itu satu poin penting dari para mantan pemain Persipura dalam rekomendasinya. Tujuh poin rekomendasi itu segera diserahkan ke manajemen Persipura.

Kehadiran pelatih kepala menurut Jack Komboy, sangat penting untuk mulai bekerja membentuk tim solid sebelum kompetisi digulirkan.

“Pelatih yang akan menentukan siapa saja pemainnya. Kami berharap tim ini harus sesegera mungkin bersiap diri, dengan menyiapkan perangkat tim, menyiapkan pelatih, dan para pemain. Itu sangat penting untuk melakoni kompetisi Liga 2 yang menurut rencana setelah Liga 1, artinya pada Agustus 2022 sudah bergulir,” kata Jack.

Harapan kepada manajemen agar menggunakan jasa Eduard Ivakdalam menangani tim Mutiara Hitam di kompetisi Liga 2 juga disampaikan Fernando Fairyo, mantan kapten tim PON Irian Jaya tahun 1993 yang turut andil mengantar Persipura naik ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia (Divisi Utama) pada tahun 1994.

Baca Juga:  Leg Kedua Sore Ini di Biak, Persiraja Siap Dipulangkan PSBS

“Edu Ivakdalam cocok dan pantas tangani Persipura,” ujar Nando.

Kepada wartawan usai Persipura All Star merilis rekomendasinya, Eduard Ivakdalam menyatakan siap mengemban tugas sebagai pelatih Persipura jika dipercayakan oleh pihak manajemen.

Eduard juga akui ada beberapa klub telah menghubunginya. Tetapi, sang legenda Persipura belum mau nyatakan sikapnya karena masih menunggu kepastian bersama Persipura.

Kecintaannya kepada Persipura begitu kental dalam diri Edu. Maklumlah, belasan tahun membela panji Merah Hitam bahkan menyandang ban kapten tim terlama hingga didepak dan terpaksa hijrah ke Persidafon Jayapura.

“Sudah dihubungi dan ditawarkan oleh beberapa tim luar Papua, tetapi saya belum deal dengan mereka. Saya cinta Papua, saya cinta Persipura. Saat ini saya menunggu kepastian dari manajemen Persipura,” ucap Edu.

Baca Juga:  PFA Cetak Sejarah Gemilang di Selangor Open Malaysia dan Piala Barati 2024

Lahir dan besar di Merauke, Edu kemudian direkrut Persipura dari tim Persimer Merauke. Di Persipura sudah lebih dulu bergabung kakak kandungnya, Carolino Ivakdalam.

“Saya lahir dan besar di Tanah Papua. Saya cukup lama bermain di Persipura. Sekarang saya sudah punya lisensi kepelatihan. Mudah-mudahan saya bisa menjawab kerinduan pencinta Persipura agar segera kembali ke Liga 1, itu jika dipercayakan oleh manajemen. Saya akan berusaha berikan yang terbaik untuk Persipura,” tutur Edu.

Beberapa hari sebelumnya, Yan Permenas Mandenas, manajer tim Persipura, mengaku belum ada keputusan terkait siapa pelatih yang akan mengampu Ian Louis Kabes dan kawan-kawan.

“Ada beberapa masukan dari banyak pihak. Kami tampung semuanya, nanti diumumkan siapa pelatih Persipura,” kata Mandenas di Kota Jayapura, Rabu (20/4/2022).

Anggota DPR RI ini mengatakan, pengurus bersama manajemen Persipura akan menggelar rapat internal untuk membahas sejumlah hal penting. Tetapi, belum diketahui kapan rapat tersebut akan diadakan.

REDAKSI

Terkini

Populer Minggu Ini:

Non OAP Kuasai Kursi DPRD Hingga Jual Pinang di Kota Sorong

0
SORONG, SUARAPAPUA.com --- Ronald Kinho, aktivis muda Sorong, menyebut masyarakat nusantara atau non Papua seperti parasit untuk monopoli sumber rezeki warga pribumi atau orang...

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.