BeritaLBH Papua Dorong Pos Cabang di Sorong dengan Melakukan Sekolah Paralegal

LBH Papua Dorong Pos Cabang di Sorong dengan Melakukan Sekolah Paralegal

KOTA SORONG, SUARAPAPUA.com— Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Papua melakukan pelatihan sekolah paralegal di kota Sorong selama tiga hari dengan tujuan menyiapkan anggota paralegal yang akan bekerja di kantor cabang LBH Papua di Sorong.

Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 23 – 25 Mei 2022 di Kota Sorong, Papua Barat. Peserta yang mengikut pelatihan tersebut dari berbagai latarbelakang, yaitu mahasiswa, pemuda, korban pengungsi, perempuan, dan masyarakat adat.

Baca Juga:  Freeport Indonesia Bangun Jembatan Hubungkan Kampung Banti 2 dan Banti 1

Emanuel Gobai, pimpinan LBH Papua, menjelaskan bahwa kegiatan sekolah paralegal untuk menyiapkan peserta yang bukan berlatar serjana hukum, tapi mampu menggunakan pemahaman hukum menjadi paralegal yang akan mendampingi basis komunitas masing-masing.

“Kita sudah melakukan karya latihan bantuan hukum (Kalabahu) November 2021. Sekarang, kegiatan tiga hari adalah menyiapkan orang-orang siap menjadi paralegal dalam pos di Sorong, yang kita bentuk dan akan dideklarasikan dalam waktu dekat,” jelas Imanuel Gobay, Direktur LBH Papua kepada suarapapua.com, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga:  Pilot Selandia Baru Mengaku Terancam Dibom Militer Indonesia

Lukas Subay, perwakilan masyarakat adat Nerigo, merasa bahwa pelatihan pendidikan paralegal yang dilakukan pihak LBH Papua karena selama ini banyak masalah yang mereka hadapi di kampung-kampung. Namun bingung harus di bawa ke mana.

Sehingga harapannya, setelah pelatihan ia mengaku dirinya bisa mendampingi masyarakat adat di basisnya yang selama ini ditipu atau menghadapi masalah hukum.

Baca Juga:  Kotak Suara Dibuka di Pleno Tingkat Provinsi PBD, Berkas C1 Tak Ditemukan

“Saya senang dengan pelatihan ini. Selama ini banyak masalah yang terjadi di masyarakat, tapi kami bingung mau bawa ke mana. Harapannya, pengetahuan bisa digunakan untuk dampingi masyarakat di kampung yang sering hadapi masalah dan ditipu,” tutur Subay.

 

Pewarta: Maria Baru

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Ini Keputusan Berbagai Pihak Mengatasi Pertikaian Dua Kelompok Massa di Nabire

0
Pemerintah daerah sigap merespons kasus pertikaian dua kelompok massa di Wadio kampung Gerbang Sadu, distrik Nabire, Papua Tengah, yang terjadi akhir pekan lalu, dengan menggelar pertemuan dihadiri berbagai pihak terkait di aula Wicaksana Laghawa Mapolres Nabire, Senin (29/4/2024) sore.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.