ADVERTORIALPekan Depan, Pilkades Serentak Tiga Desa di Kabupaten Dogiyai

Pekan Depan, Pilkades Serentak Tiga Desa di Kabupaten Dogiyai

DOGIYAI, SUARAPAPUA.com — Dipastikan, pekan depan, Senin (25/7/2022), masyarakat tiga kampung di kabupaten Dogiyai, Papua, yakni desa Modio di distrik Mapia Tengah, desa Idakebo di distrik Kamuu Utara, dan desa Yegoukotu di distrik Mapia Barat, akan memilih kepala desa baru setelah beberapa waktu lalu jabatan kepala desa berakhir.

Ketiga desa itu akan selenggarakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahap kedua tahun 2022. Ini karena pada Pilkades serentak 7 Juli 2021 di 76 desa yang tersebar di 10 distrik tanpa diikuti tiga desa itu lantaran kepala desa masih aktif menjabat hingga tahun ini.

Damiana Tekege, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) kabupaten Dogiyai, mengatakan, Pilkades di tiga desa akan dilaksanakan pada hari Senin (25/7/2022) mendatang.

Menuju hari pemungutan suara hingga beberapa tahapan sesudahnya termasuk hal-hal terkait lainnya, kata Damiana, sudah diputuskan dalam sebuah rapat yang diadakan pada hari Senin (11/7/2022) di kantor DPMK Dogiyai.

Baca Juga:  Ini Hasil Peserta yang Lulus Seleksi Administrasi Formasi K2 Kabupaten Intan Jaya

Berdasarkan jadwal dan tahapan Pilkakes serentak di tiga desa yang telah disahkan pada saat pertemuan, tim turun sosialisasikan kepada seluruh masyarakat tiga desa. Baik di Idakebo maupun Modio dan Yegoukotu, sosialisasi berlangsung lancar.

Kepada warga masyarakat beserta perangkat desa dan distrik, kata Damiana Tekege, tim mensosialisasikan peraturan bupati (Perbup) kabupaten Dogiyai nomor 05 tahun 2021 tentang tata cara pemilihan, penetapan, pelantikan, dan pemberhentian kepala desa/kampung.

“Kami patut bersyukur kepada Tuhan, karena kegiatan sosialisasi Pilkades dan Bamuskam berlangsung lancar dan dalam keadaan aman,” ucapnya.

Kegiatan sosialisasi melibatkan seluruh aparatur sipil negara dari DPMK, turut bersama panitia turun memberikan pemahaman yang cukup tentang tahapan serta aturan yang harus dipatuhi dalam proses Pilkades.

“Hal ini sangat penting dengan harapan bahwa kita semua menghendaki kegiatan Pilkades di tiga desa bisa terlaksana dengan lancar hingga sukses dalam suasana aman dan damai,” kata Tekege.

Baca Juga:  Hilangkan Rasa Takut, Pj Bupati dan Rombongan Jalan Kaki di Sekitar Kota Sugapa

Untuk maksud itu, Emanuel Yohanes Giyai, sekretaris DPMK Dogiyai, memastikan seluruh stafnya aktif dalam kegiatan sosialisasi termasuk juga menuntaskan berbagai administrasi terkait proses penyelenggaraan Pilkades serentak tahap kedua ini.

“Waktunya hanya dua minggu, semua administrasinya sudah siap untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkades serentak di tiga desa,” kata Eman.

Kegiatan sosialisasi tersebut, menurut Ferdinant Pakage, kepala bidang Administrasi Pemerintahan Kampung DPMK Dogiyai, telah dilaksanakan dengan baik sesuai harapan bersama.

Saat sosialisasi di kampung Idakebo, Pakage bersama para staf mendampingi kepala DPMK. Masyarakat Kamuu Utara hadir menyimak materi sosialisasi antara lain Perbup Dogiyai nomor 05 tahun 2021 juga sejumlah ketentuan dan peraturan terkait dengan pemerintahan desa.

Dengan penjelasan yang cukup baik, diharapkan masyarakat bersama panitia tingkat desa dan distrik sudah paham dengan baik untuk kemudian terapkan sistem demokrasi murni yang diatur secara legal di negara ini.

“Pilkades serentak di kabupaten Dogiyai sudah diselenggarakan pada tahun lalu dengan sangat baik dan menjadi contoh bagi daerah lain. Tiga desa yang akan laksanakan Pilkades serentak tahap kedua tahun ini pun pasti sukses. Tentunya masyarakat sudah paham akan arti demokrasi yang sesungguhnya, sehingga sesuai jadwal akan diselenggarakan juga,” tutur Ferry.

Baca Juga:  Masyarakat Sampaikan Harapan Mereka Saat Pj Bupati Intan Jaya Gelar Jalan Kaki di Sugapa

Pilkades serentak 2021 di kabupaten Dogiyai dilaksanakan pemerintah daerah dibawah kendali DPMK sebagai instansi teknis dengan membentuk panitia besar yang bekerja ekstra hingga sukses diselenggarakan sesuai regulasi yang berlaku.

Sebanyak 73 kepala desa hasil pesta demokrasi serentak dilantik secara resmi oleh bupati Yakobus Dumupa bertempat di aula Gereja Kingmi Digikotu, Mowanemani, distrik Kamuu, Dogiyai, Jumat (30/7/2021).

Usai pengambilan sumpah janji, para kepala desa definitif diikuti istri mereka berbaris dan berjalan kaki keliling Digikotu-Kimupugi hingga kembali ke tempat acara pelantikan mewarnai hari bersejarah bagi kabupaten Dogiyai yang tercatat terbaik karena sukses selenggarakan Pilkades serentak sesuai perintah peraturan perundang-undangan. (Adv/*)

Terkini

Populer Minggu Ini:

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.