ADVERTORIALUsai Pilkades, Dilanjutkan Pemilihan Bamuskam di 79 Kampung

Usai Pilkades, Dilanjutkan Pemilihan Bamuskam di 79 Kampung

DOGIYAI, SUARAPAPUA.com — Setelah sukseskan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di kabupaten Dogiyai pada tahun 2021 lalu, kini warga masyarakat 79 kampung akan memilih anggota Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) serentak.

Damiana Tekege, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) kabupaten Dogiyai, mengatakan, Pilkades tiga kampung akan dilaksanakan pada hari Senin (25/7/2022) mendatang, kemudian dilanjutkan dengan pemilihan Bamuskam serentak di 79 kampung pada tanggal 26-27 Juli 2022.

“Pemilihan Bamuskam secara serentak juga merupakan bagian dari penataan organisasi pemerintahan kampung. Sama seperti pemilihan kepala desa, anggota Bamuskam juga dipilih oleh masyarakat di kampung itu sendiri,” jelasnya sembari meminta dukungan semua pihak untuk suskeskan pesta demokrasi tersebut.

Baca Juga:  TP PKK Intan Jaya Dukung Pelaksanaan PIN Polio di Kab. Intan Jaya

Khusus untuk masyarakat tiga kampung yakni kampung Yegoukotu di distrik Mapia Barat, kampung Modio di distrik Mapia Tengah, dan kampung Idakebo di distrik Kamuu Utara, kata Damiana, akan memilih kepala kampung pada gelaran Pilkades serentak tahap kedua tahun 2022 karena tidak diikutkan pada Pilkades serentak tahun lalu lantaran jabatan kepala kampung berlaku hingga tahun ini.

Baca Juga:  PJ Bupati Intan Jaya Secara Resmi Membuka Pelaksanaan Pekan Nasional Imunisasi Polio di Sugapa

Terkait aturan dan mekanisme pemilihan Bamuskam, menurut Damiana Tekege, telah disosialisasikan kepada masyarakat beserta perangkat kampung dan distrik agar sama-sama sukseskan demi membangun kampung yang lebih baik.

“Setiap kampung akan memilih anggota Bamuskam untuk periode 2022-2028,” imbuh Tekege.

Ferdinant Pakage, kepala bidang Administrasi Pemerintahan Kampung DPMK kabupaten Dogiyai, menambahkan, pihaknya telah mensosialisasikan sejumlah aturan terkait dengan pemilihan Bamuskam secara serentak di 79 kampung.

Dengan menyampaikan langsung materi sosialisasi terkait pemilihan kepala kampung dan pemilihan Bamuskam sesuai aturan, diharapkan masyarakat bersama panitia tingkat kampung dan distrik paham dengan baik untuk kemudian diterapkan sistem demokrasi murni yang diatur secara legal di negara ini.

Baca Juga:  Pimpinan Gereja Katolik Meminta Semua Pihak Dukung Pemkab Intan Jaya

Dari kegiatan sosialisasi yang masif tersebut, Ferry Pakage yakin bahwa masyarakat di kampung-kampung sudah paham tentang arti demokrasi yang sesungguhnya.

Ferry juga memastikan, Pilkades serentak di tiga kampung (Idakebo, Modio, dan Yegoukotu) akan dilaksanakan sesuai jadwal yakni pada Senin, 25 Juli 2022. (Adv/*)

REDAKSI

Terkini

Populer Minggu Ini:

MRP Rusak Ketika Perjuangkan Pemekaran DOB

0
Asosiasi MRP se-Tanah Papua membawa aspirasi pemekaran atau penambahan DOB itu tindakan bodoh, tindakan sepihak tanpa aspirasi rakyat, lagi pula bukan ranahnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.