BeritaTimnas Wanita PNG Menjuarai Piala Oseania Setelah Kalahkan Fiji 2-1

Timnas Wanita PNG Menjuarai Piala Oseania Setelah Kalahkan Fiji 2-1

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Tim Nasional Papua Nugini memenangkan Federasi Sepak Bola Oceania atau (OFC) Women’s Nations Cup 2022 untuk pertama kalinya, setelah mengalahkan tuan rumah Fiji 2-1 di partai final di hadapan ribuan penonton di Stadion HFC Bank di Suva, Fiji pada, Sabtu (30/7/2022).

Sebagaimana release yang diterima suarapapua.com pada, Minggu (31/8/2022), pertandingan final itu dihelat setelah sebelumnya finis sebagai runner-up pada tiga kesempatan, yang mana PNG akhirnya menyebut diri mereka sebagai juara Oseania setelah gol babak pertama dari Meagen Gunemba dan Ramona Padio yang mengamankan trofi, serta kualifikasi untuk Turnamen Play-Off Piala Dunia Wanita FIFA 2023.

Pertandingan dimulai dengan kecepatan tinggi, kedua belah pihak menampilkan permainan menyerang yang menarik dengan Cema Nasau dan Trina Davis mendekati Fiji, sementara Lucy Maino melebar ke kubu PNG.

Tapi Papua Nugini yang menyerang lebih dulu, dengan Gunemba yang dalam performa terbaiknya memberikan sentuhan klinis sekali lagi. Umpan lob Padio melepaskan Marie Kaipo dari sayap, yang meletakkan bola bagus untuk Gunemba mencetak gol pembuka final itu.

Baca Juga:  Hajar Semen Padang 3-0, PSBS Biak Kunci Juara Liga 2

Kaipo kemudian melebar sebelum PNG mengambil alih ibu kota Fiji itu. Tendangan bebas berbahaya Padio menghindari kiper Fiji Seruwaia Vasuitoga, yang jelas-jelas berjuang dengan cedera pada saat itu, menyelinap melewati garis di tiang dekat untuk menambah gol menjadi 2-0.

Penjaga gawang pengganti Fiji, Selai Tikoisuva kemudian dipanggil untuk beraksi oleh Kaipo yang impresif sebelum Fiji memaksa masuk kembali ke permainan tepat sebelum jeda.

Seperti yang sering dilakukannya sepanjang turnamen ini, maestro lini tengah Nasau menjadi katalisator bagi Fiji. Sebuah pengiriman bola mati yang ditempatkan dengan baik dari Davis menemukan Nasau di tiang belakang, yang menganggukkan kepalanya ke gawang untuk mengurangi keunggulan PNG, meskipun upaya terbaik bek Margret Joseph untuk menghalaunya.

Nama baru belum terukir di kolom pemenang OFC Women’s Nations Cup sejak 1994 dan Fiji tidak akan membiarkan kesempatan ini berlalu begitu saja tanpa perlawanan.

Tendangan dan lari Nasau melambung di atas mistar gawang, kiper PNG Faith Kasiray menepis dengan cepat dari Vanisha Kumar dan Koleta Likuculacula dan tandukan kapten Sofi Diyalowai melebar dari tendangan sudut Dalam serangan gencar di awal babak kedua dari Kulas.

Baca Juga:  Angkatan Bersenjata Selandia Baru Tiba di Honiara Guna Mendukung Demokrasi Pemilu Solomon

Gunemba kemudian mencoba sebaik mungkin untuk keluar dari daftar pencetak gol turnamen, tetapi melihat upaya jarak jauhnya melebar sebelum upaya jarak dekat Likuculacula dihentikan dengan baik oleh Kasiray.

Pertahanan PNG kemudian dibiarkan berebut setelah gagal menangani upaya yang didorong Nasau tetapi tidak ada pemain Fiji yang bereaksi tepat waktu untuk menghukumnya saat PNG keluar dari badai.

Dengan suara keras kedua pendukung, Fiji mendorong untuk menyamakan kedudukan tetapi tim asuhan Nicola Demaine tetap memuncak, dengan sundulan Maino yang membentur mistar gawang.

Itu terbukti tidak berbahaya karena Papua Nugini bertahan untuk memastikan mereka dinobatkan sebagai juara Oseania untuk pertama kalinya dan juga mengamankan tempat mereka di Turnamen Play-Off Piala Dunia Wanita FIFA Februari mendatang di Selandia Baru.

Baca Juga:  KPU Papua Terpaksa Ambil Alih Pleno Tingkat Kota Jayapura

Perkiraan pasca-pertandingan

Pelatih kepala Papua Nugini, Nicola Demaine:
“Kami memiliki tujuh pemain di tim dan para wanita ini telah bersama selama dua setengah bulan dan membuat pengorbanan besar. Ini semua pada mereka apa yang telah mereka capai sejauh ini sehingga kami dapat menonton dan melihat apa yang dapat mereka capai di tahap selanjutnya.”

“Mereka adalah pejuang wanita luar biasa yang telah mendapatkan hak untuk membawa pulang piala ini hari ini dan mewakili Oseania di tahap berikutnya.”

Pelatih kepala Fiji, Lisa Cole:
“Saya benar-benar bangga dengan upaya yang mereka (Timnas Fiji) lakukan hari ini. Itu adalah pertandingan yang bagus untuk ditonton. Kedua kubu pun berlari keras untuk mencoba dan menciptakan gol. Papua Nugini memiliki pemain depan yang dinamis. Itu adalah pertandingan yang hebat dan sayangnya kami berakhir di pihak yang kalah.”

Pencetak gol Papua Nugini 2 (Meagen Gunemba 17′, Ramona Padio 27′)

Pencetakgol Fiji 1 (Cema NASAU 42′)

Paruh waktu: 2-1

 

REDAKSI

Terkini

Populer Minggu Ini:

ULMWP: Aneksasi Papua Ke Dalam Indonesia Adalah Ilegal!

0
Tidak Sah semua klaim yang dibuat oleh pemerintah Indonesia mengenai status tanah Papua sebagai bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, karena tidak memiliki bukti- bukti sejarah yang otentik, murni dan sejati dan bahwa bangsa Papua Barat telah sungguh-sungguh memiliki kedaulatan sebagai suatu bangsa yang merdeka sederajat dengan bangsa- bangsa lain di muka bumi sejak tanggal 1 Desember 1961.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.