Berita15 Kelompok Binaan di Deiyai Dibekali Cara Bikin Piring Rotan

15 Kelompok Binaan di Deiyai Dibekali Cara Bikin Piring Rotan

DEIYAI, SUARAPAPUA.com — Satu jenis kerajinan tangan bernilai ekonomis mulai diperkenalkan pemerintah kabupaten Deiyai kepada warga masyarakat setempat. Pembuatan piring rotan diajarkan beberapa instruktur dengan harapan dapat dipraktekkan dan hasilnya dijual ataupun untuk kebutuhan keluarga.

Pembuatan piring rotan diawali dengan pelatihan teknis unit peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS) dan pemberdayaan ekonomi keluarga kabupaten Deiyai yang diadakan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) kabupaten Deiyai, Senin (29/8/2022).

Pelatihan diikuti 15 kelompok binaannya yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten Deiyai.

Sejak pagi mereka memadati aula kantor DP3AKB di Tigidoo, distrik Tigi, kabupaten Deiyai.

Bertha Ukago, kepala DP3AK kabupaten Deiyai, mengatakan, pelatihan ini sengaja diadakan dengan maksud masyarakat mendapat pengetahuan salah satu bentuk kerajinan tangan yang nantinya turut meningkatkan pendapatan keluarga sejahtera.

Baca Juga:  Vince Tebay, Perempuan Mee Pertama Raih Gelar Profesor

“Sebagai bagian dari pemberdayaan ekonomi keluarga, kami mengadakan pelatihan pembuatan piring rotan. Hasil praktek tadi sangat memuaskan,” kata Bertha.

Menurutnya, pelatihan pembuatan rotan sangat berguna agar kebutuhan keluarga terutama perabot yang diperlukan teratasi. Meski awalnya agak sulit, tetapi bisa dipahami untuk dikerjakan karena bagaimana cara bikin sudah diajarkan oleh instruktur.

“Menganyam piring rotan bisa dikatakan gampang-gampang susah. Memang diperlukan kemahiran dan teknik khusus. Bahan rotan juga harus berkualitas, ” jelasnya.

Baca Juga:  Asosiasi Wartawan Papua Taruh Fondasi di Pra Raker Pertama

Bertha Ukago akui dengan bahan lokal yang ada di daerah Deiyai, yakni rotan, produk yang diinginkan bisa dirakit untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga. Baik berupa piring, tudung saji, bakul, maupun bentuk anyaman lain berbahan rotan.

Anyaman piring rotan dengan keunikannya memiliki fungsi yang vital. Selain memiliki karya seni yang bernilai tinggi, kata Bertha, piring rotan juga memiliki daya simpan yang cukup lama, serta dapat menjadi alat makan yang praktis untuk digunakan.

Foto bareng usai kegiatan pelatihan pembuatan piring rotan. (Ist)

Yulita Bidau Mote, ketua panitia pelatihan pembuatan piring rotan, berterima kasih kepada pimpinannya yang peka terhadap kebutuhan rumah tangga masyarakat terutama perabot dapur. Dengan adanya piring rotan hasil kerajinan tangan, tentu akan memudahkan kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga:  Perda Pengakuan dan Perlindungan MHA di PBD Belum Diterapkan

Rasa puas juga dengan terselenggaranya pelatihan ini, karena menurut Bidau, setiap kelompok binaan sudah mendapat materi mengenai tahap awal berupa bahan mentah hingga terakhir hasilnya dalam bentuk piring rotan.

“Pesertanya 15 kelompok binaan, instruktur mengajarkan cara kerja hingga bisa jadi piring rotan. Hasil anyaman memiliki fungsi dan keunikan tersendiri. Kreativitas para pengrajin sangat menentukan kualitasnya, dan itu terlihat dalam kegiatan pelatihan tadi,” tuturnya.

Yulita berharap masyarakat pengrajin melalui kelompok binaan lambat laun sudah bisa mahir membuat piring rotan maupun anyaman lain yang memiliki nilai khas.

Pewarta: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Ini Keputusan Berbagai Pihak Mengatasi Pertikaian Dua Kelompok Massa di Nabire

0
Pemerintah daerah sigap merespons kasus pertikaian dua kelompok massa di Wadio kampung Gerbang Sadu, distrik Nabire, Papua Tengah, yang terjadi akhir pekan lalu, dengan menggelar pertemuan dihadiri berbagai pihak terkait di aula Wicaksana Laghawa Mapolres Nabire, Senin (29/4/2024) sore.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.