PartnersRoch Wamytan Terpilih Kembali Sebagai Presiden Kongres Kaledonia Baru

Roch Wamytan Terpilih Kembali Sebagai Presiden Kongres Kaledonia Baru

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Pemimpin pro-kemerdekaan Roch Wamytan telah terpilih kembali sebagai Presiden Kongres Kaledonia Baru.

Terpilihnya Wamytan merupakan jabatan keempat berturut-turut sebagai presiden Kaledonia Baru di bawa kendali Prancis.

Dia menang setelah meraup suara sebanyak 29 suara yang memilihnya. Usai terpilih, ia mengatakan kepada La Premiere bahwa kemenangannya ialah berkat dukungan Pacific Awakening atau suatu kelompok Pasifik yang mendukung pihaknya.

Baca Juga:  Kunjungan Paus ke PNG Ditunda Hingga September 2024

“Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak Kebangkitan Pasifik yang telah mendukung kami untuk memimpin Kaledonia Baru yang keempat kalinya. Ini adalah tanda kepercayaan rakyat Kanak dalam proses reformasi, di mana kami telah menempatkan diri kami dengan presiden pemerintah, dan hal ini memberi siknal untuk tahun-tahun mendatang,” katanya.

Tiga anggota Kongres dari partai Kebangkitan Pasifik secara resmi bergabung dengan anggota Persatuan Kaledonia yang pro-kemerdekaan untuk membentuk kelompok baru di badan legislatif. Hal tersebut terdaftar secara resmi pada hari Minggu.

Baca Juga:  Pasukan Keamanan Prancis di Nouméa Menjelang Dua Aksi yang Berlawanan

Partai Kebangkitan Pasifik, yang telah memegang keseimbangan kekuasaan sejak pemilihan 2019, telah mengatakan akan memilih Wamytan demi stabilitas wilayah untuk memajukan reformasi yang dibutuhkan rakyat Kanak.

Partai yang muncul dari masyarakat sipil dan mewakili Wallisians dan Futunans Kaledonia Baru, selama bertahun-tahun telah memberikan dukungan kepada kedua kubu politik utama untuk mempertahankan keseimbangan.

Baca Juga:  Angkatan Bersenjata Selandia Baru Tiba di Honiara Guna Mendukung Demokrasi Pemilu Solomon

Sementara, perwakilan dari oposisi, Gil Brial mendapat dukungan suara sebanyak 25 suara.

 

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Aksi Hari Aneksasi di Manokwari Dihadang Aparat, Pernyataan Dibacakan di Jalan

0
“Pukul 11. 04 WP pihak keamanan hadirkan pihak DPR PB. Pukul 12. 05 WP, massa aksi kami arahkan untuk menyampaikan orasi politik dari masing-masing organisasi. Akhir dari orasi politik membacakan pernyataan sikap.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.