BeritaDibuka Wabup Yahukimo, Turnamen Sepak Bola Rimba Cup 1 Diikuti 44 Tim

Dibuka Wabup Yahukimo, Turnamen Sepak Bola Rimba Cup 1 Diikuti 44 Tim

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Turnamen sepak bola Rimba Cup 1 tahun 2022 resmi dibuka Esau Miram, wakil bupati kabupaten Yahukimo, Selasa (18/10/2022) di lapangan kantor bupati lama, Dekai, Yahukimo.

Esau Miram sebelum membuka turnamen sepak bola Rimba Cup 1, mengatakan, pemerintah daerah sangat mendukung apapun kegiatan positif, termasuk pertandingan sepak bola yang digagas kelompok pemuda.

“Dulu bapak bupati bawa Yahukimo FC berlaga di Liga Indonesia. Sudah saatnya sepakbola Yahukimo bangkit kembali. Saya termasuk hobi sepak bola. Saya pribadi dan atas nama pemerintah merasa bangga adik-adik bisa adakan kegiatan ini. Semoga turnamen bisa berjalan lancar dan aman hingga selesai nanti. Kita semua rindu ada pemain-pemain muda seperti Feri Pahabol tampil di sepak bola profesional. Saya sangat mendukung,” kata Esau.

Wabup juga menyinggung rencana pemerintah daerah merenovasi lapangan sepak bola. Termasuk lapangan bola volly dan basket yang terletak tidak jauh dari lapangan sepak bola.

“Bila perlu kantor Dispora juga dekat dengan GOR ABYU,” ujarnya.

Baca Juga:  Warga Tiom Ollo Duduki Kantor Bupati Lanny Jaya Minta Atasi Bencana Longsor

Esau berpesan, turnamen dapat diselenggarakan dalam situasi aman hingga sukses.

“Mari kita sukses turnamen sepak bola ini. Tahun depan saya pastikan kita akan adakan lagi.”

Sebelum mengakhiri sambutan, Wabup Yahukimo berikan bantuan kepada panitia turnamen.

“Saya bawa berkat sedikit ini. Jangan lihat dari nilainya, tapi saya harap, sedikit ini bisa digunakan dengan baik untuk mendukung kegiatan turnamen ini,” kata Esau.

Sementara itu, Yutty Keroman, ketua panitia turnamen Rimba Cup 1, mengatakan, selain putra, pihaknya juga selenggarakan sepak bola putri. Masing-masing sudah terdaftar 28 tim sepak bola putra dan 16 tim putri yang bakal meramaikan turnamen selama satu bulan.

“Kegiatan turnamen ini diadakan karena melihat banyak potensi yang harus dikembangkan melalui turnamen seperti ini. Kami mau supaya bibit-bibit muda dari daerah nantinya bisa tampil di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional,” kata Yutty.

Meski waktu persiapannya hanya sebulan setelah panitia dibentuk pada Agustus 2022, ia yakin turnamen akan berlangsung sukses hingga penutupan nanti.

Baca Juga:  Kepala Suku Abun Menyampaikan Maaf Atas Pernyataannya yang Menyinggung Intelektual Abun

“Pada intinya kami mau sukseskan, sehingga semua pihak dukung kami. Tolong semuanya berkewajiban untuk menjaga situasi tetap aman, dan pertandingan sesuai jadwal bisa berlangsung dengan baik hingga pada pertandingan final nanti,” harapnya.

Panitia juga berterimakasih kepada pengurus Rimba United yang telah mempercayakan untuk menyelenggarakan turnamen sepak bola di Dekai.

“Terima kasih kepada pengurus Rimba United, dan kami juga sampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah yang sudah hadir untuk membuka turnamen ini,” imbuh Yutty.

Polres Mendukung

Turnamen sepak bola Rimba Cup 1 diapresiasi berbagai pihak karena melihat salah satu kegiatan positif ini bertujuan demi pembinaan generasi muda Yahukimo.

Seperti dikemukakan Kapolres Yahukimo AKBP Deni Herdiana melalui Wakapolres Kompol Alfons Umbora yang juga menghadiri pembukaan turnamen.

“Menurut kami ini salah satu kegiatan bagus untuk mengembangkan potensi dan bakat bermain sepak bola dari generasi muda di kabupaten Yahukimo. Pada prinsipnya kami sangat mendukung kegiatan ini,” ujar Alfons.

Baca Juga:  Dua Anak Diterjang Peluru, Satu Tewas, Satu Kritis Dalam Konflik di Intan Jaya

Wakapolres juga merasa senang sekali dengan antusiasme masyarakat Yahukimo mengikuti turnamen Rimba Cup 1.

“Turnamen ini bertujuan untuk menggali bibit-bibit muda demi lahirnya pemain profesional dari kabupaten Yahukimo,” ucapnya.

Untuk itu, Alfons berpesan, peserta turnamen sepak bola wajib menjunjung tinggi sportivitas selama pertandingan berlangsung. Hal ini sangat penting demi menghindari kemungkinan terjadi keributan yang bisa saja berimbas ke situasi keamanan dan ketertiban umum di kota Dekai.

“Selama turnamen ini kami dari kepolisian akan melakukan patroli dialogis di sekitar lapangan kantor bupati lama dan kota Dekai secara umum. Tujuannya adalah untuk menjaga situasi tetap aman dan kondusif,” imbuh Wakapolres.

Acara pembukaan turnamen dihadiri Danramil Dekai Kapten Inf Agus Pekey, sejumlah pejabat, tamu undangan, perwakilan 28 tim putra dan 16 tim putri. Warga Dekai turut menyaksikan pembukaan turnamen Rimba Cup 1.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pemkab Yahukimo Belum Seriusi Kebutuhan Penerangan di Kota Dekai

0
“Pemerintah kita gagal dalam mengatasi layanan penerangan di Dekai. Yang kedua itu pendidikan, dan sumber air dari PDAM. Hal-hal mendasar yang seharusnya diutamakan oleh pemerintah, tetapi dari pemimpin ke pemimpin termasuk bupati yang hari ini juga agenda utama masuk dalam visi dan misi itu tidak dilakukan,” kata Elius Pase.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.