BeritaPengurus Ipmanapandode Bogor Periode 2022-2023 Dikukuhkan

Pengurus Ipmanapandode Bogor Periode 2022-2023 Dikukuhkan

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Melanjutkan roda organisasi Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Nabire, Paniai, Dogiyai, Deiyai (Ipmanapandode) kota studi Bogor, badan pengurus harian (BPH) baru periode 2022-2023 yang terpilih melalui musyawarah besar (Mubes) akhirnya dikukuhkan, Sabtu (22/10/2022).

Kegiatan Mubes disertai pelantikan diadakan di Emaawaa Ipmanapandode, kecamatan Ciawi, kota Bogor, Jawa Barat, dihadiri 30 orang mahasiswa-mahasiswi asal Nabire, Paniai, Dogiyai, dan Deiyai di kota studi Bogor.

Kosmas Kegiye, calon tunggal, terpilih memimpin organisasi mahasiswa ini selama satu periode mendatang.

Kosmas Kegiye dilantik sebagai ketua ikatan menggantikan Yonas Edowai.

Dalam kepengurusannya, Kosmas akan didampingi wakil ketua Elimelekh Dumupa, sekretaris Margaretha RS Kotouki, dan bendahara Magdalena Goo.

Turut dilantik koordinator dan anggota untuk sejumlah bidang di internal Ipmanapandode Bogor.

Bidang Pendidikan (Hendrikzon Nawipa, Natalis Kaguai)

Bidang Kerohanian (Agnes Wakei, Andrias Yobe, Imanuel Nawipa)

Bidang Seni Budaya (Dance Nawipa, Lince Paskalina Kegiye, Elisabet Tebai)

Bidang Wira Usaha (Christopel Yosep Edowai, Stefanus Norfin Rian Goo, Jhon Feri Gobai)

Bidang Olahraga (Damianus AL Kudiai, Ice Yosepina Yupi, Andeki Yeimo, Yolanda Kotouki, Markus Kidou)

Baca Juga:  ULMWP: Selamat Jalan Tuan Lukas Enembe, Pemimpin dan Tokoh Peradaban Papua

Bidang Aset (Petrus Boga, Jhon Ibo Pigome)

Bidang Komunikasi dan Informasi (Hendrikus Degei, Yulianus Tebai)

Koordinator wilayah juga dilantik bersamaan. Antara lain, Christopel Yosep Edowai (Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Nabire), Dance Nawipa (Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Paniai), Petrus Boga (Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Dogiyai), dan Edion Maleacki Kotouki (Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Deiyai).

Pelantikan BPH Ipmanapandode Bogor periode 2022-2023 diawali doa pemberkatan oleh Natalis Iyai, pembina Ipmanapandode Bogor.

Natalis menggarisbawahi pemilihan dan pergantian kepengurusan lumrah dalam sebuah organisasi mahasiswa sebagai bagian dari proses belajar sekaligus agar tetap eksis dengan tentunya sesuai peraturan berorganisasi.

Karena itu, dalam sambutannya Iyai berpesan, “Jadikan organisasi ini tempat belajar. Tempat kita berdiskusi. Tempat kita belajar berorganisasi. Tempat kita belajar banyak hal positif. Tempat kita menyiapkan diri sebelum kembali ke daerah.”

Usai dilantik, Kosmas Kegiye menyatakan siap memimpin organisasi Ipmanapandode Bogor periode 2022-2023.

Kegiye berharap, kerja sama dari semua anggota sangat dibutuhkan untuk bersama-sama menjaga wadah mahasiswa ini eksis dengan berbagai kegiatan sesuai kebutuhan.

Baca Juga:  Peringati Hari Pers Nasional, Pegiat Literasi dan Jurnalis PBD Gelar Deklarasi Pemilu Damai

Hanya dengan kekompakan dan persatuan serta dukungan para senior termasuk pengurus lama, kata Kegiye, organisasi ini akan hidup untuk menjawab harapan sebagai tempat belajar.

“Terima kasih banyak kepada teman-teman mahasiswa yang telah mempercayakan saya sebagai ketua Ipmanapandode Bogor. Bagi kami, Ipmanapandode adalah tempat belajar yang sangat baik, selain tentunya di kampus kita masing-masing. Saya bersama pengurus yang baru dilantik, akan berusaha menjalankan roda organisasi ini sesuai dengan anggaran dasar (AD) dan anggaran rumah tangga (ART) Ipmanapandode,” kata Kosmas Kegiye melalui keterangan tertulisnya, Senin (24/10/2022).

Diatur dalam AD/ART, Mubes dipersiapkan dua bulan sebelum masa kepemimpinan berjalan berakhir. Mubes diadakan sepekan sebelumnya, Sabtu (15/10/2022) di aula asrama mahasiswa Papua kota studi Bogor yang terletak di Jl. Cibeureum Situ Leutik, Babakan, kecamatan Dramaga, kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Yonas Edowai yang segera mengakhiri masa kepengurusan, berpesan kepada BPH terpilih agar organisasi dijalankan sesuai tema kegiatan yakni “Berdinamika secara kolektif, aktif, inovatif dengan dilandaskan filosofi suku Mee: Dou, Gai, Ekowai”.

Baca Juga:  ULMWP Akan Membawa Perubahan Berkat Tuntunan Tuhan dan Doa Rakyat

Yonas juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh anggota Ipmanapandode bila selama masa kepengurusannya ada salah dan kurang.

Edowai menyadari setiap manusia tidak luput dari kesalahan dan kekurangan. Maka, kalau ada keliru dan salah selama memimpin organisasi ini mesti dijadikan sebagai pelajaran bagi kepengurusan baru.

Sementara, sambutan mewakili alumni Ipmanapandode Bogor disampaikan Palentinus Bidaipouga Tekege.

Palentinus memberi spirit kepada pengurus baru, juga seluruh mahasiswa di kota studi Bogor agar tetap jaga persatuan sebagai orang Papua di tanah rantauan.

Khusus di organisasi Ipmanapandode sebagai rumah berhimpunnya mahasiswa-mahasiswi dari kabupaten Nabire, Paniai, Dogiyai dan Deiyai, anggota wajib berbaur tanpa perbedaan, dan semangat sebagai satu keluarga harus terus dibangun hingga tujuan studi tuntas sebelum pulang bangun daerah.

Ia tegaskan, eksisnya sebuah organisasi bukan karena pengurus, melainkan keterlibatan aktif dari seluruh anggotanya.

Doa penutup yang dibawakan Rosa Lidia Adii mengakhiri rangkaian kegiatan pelantikan tersebut.

REDAKSI

Terkini

Populer Minggu Ini:

Anggota DPRP Mendukung Upaya Banding Suku Awyu ke PTTUN Manado

0
“Keterangan penggugat bersama sejumlah saksi yang sudah dihadirkan di ruang sidang mengungkapkan banyak fakta di lapangan. Tapi majelis hakim abaikan itu semua hingga memutuskan menolak gugatan marga Woro. Karena itulah ada upaya banding setingkat di atasnya. Upaya banding ini kami sangat mendukung, bila perlu diterima untuk batalkan putusan sebelumnya,” ujar Laurenzus Kadepa.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.