BeritaDPC Hanura Yahukimo Syukuri Usai Verifikasi Faktual

DPC Hanura Yahukimo Syukuri Usai Verifikasi Faktual

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Pengurus partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) kabupaten Yahukimo menyambut kehadiran tim verifikasi faktual di sekretariatnya, Jumat (21/10/2022). Semua berkas yang diminta sudah diverifikasi lembaga penyelenggara dan lembaga pengawas sesuai ketentuan dalam rangka persiapan pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Kenius Heselo, ketua dewan pimpinan cabang (DPC) Hanura Yahukimo, mengatakan, proses verifikasi telah berlangsung dengan tanpa kendala. Dari kerja ekstra sejak lama, hasilnya diyakini sudah maksimal dilakukan sebagai sebuah partai politik.

“Sudah diverifikasi oleh KPU dan Bawaslu. Berkas-berkas kepengurusan yang kita pernah unggah di aplikasi Sipol itu yang diverifikasi langsung. Dan, sampai terakhir semua aman,” jelasnya kepada wartawan di Dekai.

Proses verifikasi faktual tersebut patut disyukuri karena sudah dilewati berkat kerja keras pengurus, kader, simpatisan dan semua pihak yang ada di kabupaten Yahukimo.

Baca Juga:  Wapres RI dan Enam Pj Gubernur Tanah Papua Dikabarkan Hadiri Hut PI Lembah Balim

“Saya sebagai ketua sekaligus kader partai Hanura, dan bersama seluruh pendukung kita mengucap syukur sama Tuhan. Karena semua tahapan dari awal sampai hari ini Hanura sudah lolos nasional sudah memenuhi syarat,” kata Heselo.

Dari awal pihaknya berkomitmen untuk tetap mematuhi apapun ketentuan yang disampaikan KPU bersama Bawaslu hingga tahap verifikasi faktual sekarang.

“Kami dari dulu sudah berjuang keras untuk tetap masuk sebagai peserta Pemilu serentak pada tahun 2024,” ujarnya.

Heselo akui, dari tingkat nasional hingga daerah dinyatakan memenuhi syarat administrasi sebagai peserta pesta demokrasi tahun 2024.

“Mekanisme verifikasi faktual sekarang ini agak beda dengan masa lalu. Kita dulu itu hanya verifikasi faktual saja, lalu masuk ikut Pemilu. Sekarang, energi kita terkuras dari sisi administrasinya,” lanjut Heselo.

Baca Juga:  Suku Abun Gelar RDP Siap Bertarung Dalam Pilkada 2024

Kata Kenius Heselo, meskipun aturan dan tahapan berubah, partai Hanura tetap ikuti semua tahapan hingga dinyatakan lolos.

“Ini semua atas kekompakan kader partai Hanura, kepala desa, camat dan semua pendukung. Jadi, setelah KPU dan tim verifikasi ini, kita akan nantikan tanggal 14 Desember,” ujarnya.

Heselo menjelaskan, tanggal 14 Desember adalah final, KPU RI akan menyampaikan nama-nama parpol yang lolos verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

“Dari semua, kita sudah dinyatakan lolos verfikasi administrasi. Sekarang lagi verifikasi faktual. Kita sama-sama tunggu bulan Desember. Jika Hanura lolos, maka tahap berikutnya adalah perekrutan calon,” imbuhnya.

Baca Juga:  Pj Bupati Lanny Jaya Dituntut Kembalikan Tendien Wenda ke Jabatan Definitif

Sementara itu, Penas Pahabol, Komisioner KPU Yahukimo, mengatakan, verifikasi faktual dilakukan di semua tingkatan di seluruh Indonesia sesuai petunjuk KPU RI.

“KPU bersama Bawaslu Yahukimo langsung turun verifikasi faktual di setiap sekretariat partai. Kami akan lakukan tahapan ini sampai tanggal empat bulan depan. Hasilnya akan kami laporkan ke pusat, dan nanti diumumkan secara nasional,” kata Pahabol usai verifikasi faktual di sekretariat DPC Hanura Yahukimo.

Komisioner KPU yang menangani bidang data ini menambahkan, tahap verifikasi faktual tingkat kepengurusan dan verifikasi faktual tingkat keanggotaan dimulai 19 Oktober hingga 4 November 2022.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

20 Tahun Menanti, Suku Moi Siap Rebut Kursi Wali Kota Sorong

0
"Kami ingin membangun kota Sorong dalam bingkai semangat kebersamaan, sebab daerah ini multietnik dan agama. Kini saatnya kami suku Moi bertarung dalam proses pemilihan wali kota Sorong," ujar Silas Ongge Kalami.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.