Tanah PapuaMeepagoSaugas Goo Ditangkap, Begini Jawaban Kapolres Dogiyai

Saugas Goo Ditangkap, Begini Jawaban Kapolres Dogiyai

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Kapolres Dogiyai Kompol Samuel D Tatiratu merespons kabar penangkapan Saugas Goo, ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Dogiyai, Selasa (22/11/2022) pagi.

Kapolres Dogiyai membenarkan personelnya telah mengamankan Saugas Goo di kampung Mauwa, distrik Kamuu, kabupaten Dogiyai.

Kata Kapolres, Saugas Goo diamankan untuk dimintai keterangan terkait kerusuhan di Mowanemani pasca kasus kecelakaan lalu lintas yang menewaskan Noldy Goo, anak berusia lima tahun di ruas jalan Ikebo, Mauwabaa, Sabtu (12/11/2022).

“Kita amankan sementara, bukan ditahan,” kata Samuel menanggapi konfirmasi wartawan melalui telepon seluler, Selasa sore.

Baca Juga:  Rakyat Papua Menolak Pemindahan Makam Tokoh Besar Papua Dortheys Eluay

Aksi rusuh berujung pembakaran sejumlah rumah, kios dan perkantoran. Situasi mencekam dua hari mengakibatkan para pedagang mengamankan diri ke beberapa tempat aman. Dikabarkan beberapa orang lebih memilih mengungsi ke Nabire.

Sebagian warga pendatang mengungsi ke Mapolres Dogiyai.

Sempat pula meminta jaminan keamanan dari pemerintah daerah. Tuntutan disampaikan saat mengadu ke kantor Polres Dogiyai beberapa hari setelah kerusuhan.

Pihak berwenang sigap atas kejadian tersebut. Polda Papua bahkan turun back up Polres Dogiyai untuk mengatasi situasi, memulihkan daerah kembali kondusif.

Baca Juga:  AMAN Latih Tata Kelola Manajemen Bagi Pengurus Daerah di PBD

Termasuk juga memeriksa sejumlah saksi atas insiden rusuh itu.

“Diamankan sementara, karena yang bersangkutan saat ini dari hasil pemeriksaan awal beberapa saksi, saudara kita ini ada keterlibatannya di dalam. Makanya tadi diamankan untuk lakukan klarifikasi dahulu,” jelasnya.

Saat diamankan, Kapolres Dogiyai mengaku Saugas Goo tidak melakukan perlawanan kepada aparat kepolisian.

“Tadi yang bersangkutan juga tidak lakukan perlawanan. Beri waktu dahulu bagi kita ya,” kata Samuel.

Baca Juga:  TPNPB Umumkan Duka Nasional Atas Meninggalnya Mayor Detius Kogoya di Paniai

Diberitakan media ini sebelumnya, ketua KNPB Dogiyai ditangkap aparat kepolisian, Selasa (22/11/2022) pagi di kawasan Pertamina, Mauwa.

Penangkapan tersebut dibenarkan Benedictus Goo, koordinator Solidaritas Rakyat Papua (SRP) Dogiyai.

“Tadi sekitar jam 9.30 pagi dia dapat tahan di Pertamina Mauwa. Lalu dibawa ke Polres Dogiyai,” katanya saat dihubungi suarapapua.com, Selasa (22/11/2022).

Benedictus menambahkan, Saugas Goo masih ada di Polres Dogiyai untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Pewarta: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Rakyat Papua Menunggu Sikap Politik Istana Terkait Permintaan MRP Tanah Papua

0
“Karena itu kami harapkan dalam waktu dekat nanti, Presiden Jokowi segera mengeluarkan keputusan supaya ada kepastian hukum untuk dipatuhi dan dilkasanakan oleh segenap penyelenggara Pemilu KPU dan Bawaslu,” pungkasnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.