Tanah PapuaMamtaKota Jayapura Tiba-tiba Bersih Jelang Kunker Presiden Joko Widodo

Kota Jayapura Tiba-tiba Bersih Jelang Kunker Presiden Joko Widodo

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Situasi kota Jayapura, Papua, jelang kedatangan presiden Republik Indonesia Joko Widodo, tampak berubah sekejab. Sejumlah pasar dan ruas jalan di dalam kota Jayapura dibersihkan marathon oleh Dinas Kebersihan kota dibantu aparat gabungan.

Salah satu tempat yang dibersihkan adalah pasar regional Youtefa, distrik Abepura. Pemkot Jayapura bersama aparat Polri dan TNI berpakaian lengkap membersihkan semua sampah di sekitar pasar regional itu. Gondokan tanah di jalan masuk pasar juga diratakan dengan alat berat.

Baca Juga:  ULMWP Desak Dewan HAM PBB Membentuk Tim Investigasi HAM Ke Tanah Papua

“Mereka masuk bawa doser di dalam pasar, terus timbun jalan dan ratakan semua,” kata Mama Ani, pedagang sayur di pasar Youtefa, Minggu (19/3/2023) sore.

Tak hanya jalan yang ditimbun, sampah-sampah yang selama ini jarang diangkut juga ikut dibersihkan.

“Kami juga kaget tiba-tiba mereka masuk dan langsung bersihkan, tidak seperti biasanya ada keluhan soal kondisi pasar ini, tetapi tidak pernah dibenahi. Mungkin dengar Jokowi mau datang, jadi semua dibersihkan dan dirapikan,” tuturnya.

Baca Juga:  Asosiasi Wartawan Papua Taruh Fondasi di Pra Raker Pertama

Beberapa sumber menilai situasi ini tak lebih dari aktivitas dadakan. Rencana kunjungan kerja (Kunker) kepala negara memaksa situasi ibu kota provinsi Papua harus tertib agar tak terkesan semrawut.

Pantauan suarapapua.com, penimbunan jalan di dalam kawasan pasar Youtefa disaksikan langsung Frans Pekey, Pj Wali Kota Jayapura.

Selain di kawasan pasar Youtefa, sore tadi beberapa bak sampah yang ada di pinggir jalan Holtekamp dibakar oleh petugas kebersihan. Juga di sepanjang jalan Koya, tampak aktivitas pengaspalan jalan dengan semen.

Baca Juga:  Jawaban Anggota DPRP Saat Terima Aspirasi FMRPAM di Gapura Uncen

Selentingan yang beredar, presiden Jokowi akan tiba di bandara Sentani, kabupaten Jayapura, Senin (20/3/2023) siang.

Pewarta: Agus Pabika
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pemkab Yahukimo Belum Seriusi Kebutuhan Penerangan di Kota Dekai

0
“Pemerintah kita gagal dalam mengatasi layanan penerangan di Dekai. Yang kedua itu pendidikan, dan sumber air dari PDAM. Hal-hal mendasar yang seharusnya diutamakan oleh pemerintah, tetapi dari pemimpin ke pemimpin termasuk bupati yang hari ini juga agenda utama masuk dalam visi dan misi itu tidak dilakukan,” kata Elius Pase.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.