Tanah PapuaLa PagoKata Kabandara Nop Goliat Dekai Setelah Penerbangan Diaktifkan

Kata Kabandara Nop Goliat Dekai Setelah Penerbangan Diaktifkan

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Setyani Mahendra, kepala kantor bandar udara (Kabandara) Nop Goliat Dekai, kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, mengaku pesawat komersil rute Jayapura-Dekai dan sebaliknya yang terhenti kurang lebih empat pekan terakhir, telah diaktifkan kembali sejak Rabu (5/4/2023) kemarin.

Hal tersebut dijelaskan langsung dari kantor Bandara Nop Goliat Dekai, saat dikonfirmasi suarapapua.com melalui telepon seluler dari Jayapura, Kamis (6/4/2023) sekira Pukul 11.00 WIT.

“Sesuai surat dari pemerintah daerah, setelah pertemuan Forkopimda dan semua tokoh, pihak Trigana Air sudah normalkan kembali penerbangannya. Jadi, sesuai skedulnya, Trigana Air memang satu kali saja. Itu sudah mulai kemarin,” katanya.

Untuk penerbangan reguler Jayapura-Dekai dan Dekai-Jayapura, kata Mahendra, penerbangan dilayani oleh Trigana Air dan Wings Air. Untuk sementara hanya Trigana Air yang beroperasi.

Baca Juga:  KPU Lanny Jaya Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara

“Wings Air sudah ada informasi kalau akan segera melayani kembali. Kami masih menunggu kapan akan masuk Dekai. Kemarin itu hanya Trigana saja. Kalau penerbangan lain non skedul perintis maupun yang carter itu berjalan normal,” jelasnya.

Animo penumpang dari Jayapura dan Dekai, kata Kabandara, hampir 70 persen dari Jayapura ke Dekai 30 penumpang saja. Sedangkan dari Dekai ke Jayapura justru membludak.

“Yang dari Jayapura kurang, mungkin orang-orang belum ketahui informasi karena sudah lama vakum. Tetapi dari pantauan kami, penumpang dari Dekai ke Jayapura itu kemarin penuh,” jelas Mahendra.

Baca Juga:  Tragedi Penembakan Massa Aksi di Dekai 15 Maret 2022 Diminta Diungkap

Otoritas Bandara Nop Goliat Dekai berharap, setelah ada komitmen bersama antara pemerintah melalui pertemuan dengan berbagai pihak untuk pengaktifan kembali pelayanan penerbangan, harus dipegang kuat demi kepentingan semua pihak. Karena pesawat terbang merupakan satu-satunya sarana transportasi bagi semua pihak dari dan ke kabupaten Yahukimo.

“Untuk ke depan kami berharap harus makin kondusif. Biasanya saya selalu utamakan untuk kita melakukan pelayanan yang prima kepada masyarakat siapapun itu. Kami tidak pernah memilah-milah, tidak pernah melihat satu persatu. Ya, di Yahukimo satu-satunya lewat transportasi udara untuk keluar daerah, maka kami selalu mengedepankan pelayanan kepada masyarakat,” kata Mahendra.

Baca Juga:  Badan Pelayan Baru Jemaat Gereja Baptis Subaga Wamena Terbentuk

Pengaktifan kembali penerbangan pesawat penumpang ke bandara Dekai disambut suka cita berbagai pihak. Masyarakat merasa selama empat pekan terakhir sejak dihentikan akibat adanya serangkaian kejadian beberapa waktu lalu, ibarat angin segar karena tak lagi susah mendapatkan layanan penerbangan.

Arius Yahuli, salah satu penumpang dari Jayapura ke Dekai, yang lama menunggu rute penerbangan diaktifkan, merasa sangat bersyukur bisa tiba dengan selamat.

“Dalam suasana tenang, hari ini tanggal 5 April saya tiba di bandara Dekai dengan keadaan aman. Setelah akses penerbangan putus selama tiga minggu lebih, hari ini kami berangkat. Puji Tuhan,” tulisnya di dinding facebook, Rabu (5/4/2023).

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pemkab Yahukimo dan PGGJ Diminta Perhatikan Keamanan Warga Sipil

0
"Sampai saat ini belum ada ketegasan terkait pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di sana. Tidak ada ketegasan dari pemerintah daerah Yahukimo. Kami minta untuk segera tangani.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.