Tanah PapuaMamtaPokja Keselamatan Jurnalis Tanah Papua Terbentuk

Pokja Keselamatan Jurnalis Tanah Papua Terbentuk

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Komunitas pers dan para pemangku kepentingan di Papua mendeklarasikan Kelompok Kerja (Pokja) Keselamatan Jurnalis Tanah Papua. Para deklarator terdiri dari perwakilan organisasi pers, masyarakat adat, Dewan Pers, tokoh agama, dan aparat penegak hukum.

Sasmito Madrim, ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI), menyambut baik pembentukan pokja tersebut.

“Ini terobosan yang sangat bagus,” ujarnya di sela-sela Diskusi Kelompok Terarah Wilayah Timur untuk Pemetaan Keselamatan Jurnalis yang digelar AJI dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah setempat di Jayapura, Papua, Sabtu (1/4/2023) lalu.

Baca Juga:  Akomodir Aspirasi OAP Melalui John NR Gobai, Jokowi Revisi PP 96/2021

Menurut Asep Setiawan, anggota Dewan Pers yang juga Ketua Komisi Kemitraan dan Infrastruktur Organisasi, adanya pokja ini akan lebih menekankan dan memperkuat upaya untuk menjaga keselamatan insan pers. Tujuannya agar para jurnalis dapat melaksanakan tugas dengan baik dalam rangka membangun kemerdekaan dan demokrasi di Indonesia.

“Dewan Pers berharap tidak ada lagi oknum-oknum yang mengganggu para jurnalis saat melaksanakan tugasnya. Para jurnalis dalam melaksanakan tugasnya dilindungi oleh hukum,” kata Asep.

Wakil ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan Dewan Pers itu mengatakan, adanya pokja ini merupakan salah satu kontribusi masyarakat dalam membangun pers di Tanah Papua. Asep berharap, dengan kehadiran pokja tersebut, indeks kemerdekaan pers di Papua akan semakin tinggi.

Baca Juga:  Parpol Harus Terbuka Tahapan Penjaringan Bakal Calon Bupati Tambrauw

Pokja nantinya juga dapat berbagi pengalaman dan pelatihan dalam kiprahnya mengembangkan profesi di dunia jurnalisme. Asep Setiawan yakin, dengan profesionalisme, jurnalis akan memberikan kontribusi memadai dalam membangun Tanah Papua.

Lucky Ireeuw, ketua AJI Jayapura, mengatakan, keselamatan jurnalis di Papua tidak hanya menjadi tanggung jawab perusahaan media setempat, namun melibatkan semua pihak yang terkait. Ia memandang perlunya sinergitas semua pemangku kepentingan.

Baca Juga:  Seruan dan Himbauan ULMWP, Markus Haluk: Tidak Benar!

Sementara, Eveerth Joumilena, ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Papua, percaya keberadaan pokja akan semakin memotivasi dan mendorong semangat para jurnalis untuk menjalankan tugasnya.

Eveerth berharap tak ada lagi ancaman terhadap profesi jurnalis.

Menurut Meirto Tangkepayung, ketua Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI) Papua, sangat menghargai lahirnya pokja ini.

“Pokja ini merupakan wadah setiap organisasi pers di Papua saling bekerja sama memperjuangkan kebebasan pers dan keselamatan jurnalis dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat,” ujar Meirto.

Sumber: Dewan Pers

Terkini

Populer Minggu Ini:

Hari Konsumen Nasional 2024, Pertamina PNR Papua Maluku Tebar Promo Istimewa...

0
“Kami coba terus untuk mengedukasi masyarakat, termasuk para konsumen setia SPBU agar mengenal Pertamina, salah satunya dengan menggunakan aplikasi MyPertamina sebagai alat pembayaran non tunai dalam setiap transaksi BBM,” jelas Edi Mangun.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.