MultimediaBerita FotoBERITA FOTO: Ribuan Motor dan Mobil Antrean 500 Meter

BERITA FOTO: Ribuan Motor dan Mobil Antrean 500 Meter

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Sudah satu minggu lebih terjadi kekosongan stok Bahan Bakar Minyak (BBM), warga masyarakat di kabupaten Yahukimo berbondong-bondong mengantre selama tiga hari terakhir di SPBU PT Line Agung Mas, Dekai, kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

Pantauan suarapapua.com di Dekai, sejak jelang lebaran hingga kemarin tak ada pelayanan BBM di SPBU akibat kehabisan stok. Termasuk SPBU PT Line Agung Mas yang terletak di jalan Angguruk, Dekai, kabupaten Yahukimo.

Baca Juga:  Penyebutan Rumput Mei Dalam Festival di Wamena Mendapat Tanggapan Negatif

Mirisnya, para penjual eceran menaikan harga setinggi langit. Hingga mencapai Rp75.000 per liter. Sementara perputaran nilai rupiah di kabupaten Yahukimo tergolong minim.

Bersyukur, SPBU bisa layani lagi sejak 24 April 2023. Warga berbondong-bodong antre hingga 500-an meter dengan dua jalur motor dan satu jalur mobil.

“Antrean sampai lima jam. Saya antre dari jam lima pagi dan petugas bisa layani pada jam sepuluh siang ini,” kata Alisomon Sobolim, salah satu pengguna kendaraan sepeda motor saat ditemui di SPBU PT Line Agung Mas, Rabu (26/4/2023).

Baca Juga:  Konflik Horizontal di Keneyam Masih Berlanjut, Begini Tuntutan IPMNI

Bagi Sobolim, kekosongan stok BBM bukan hal baru karena sudah sering terjadi.

Situasi itu menurutnya terus menerus terulang. Praktis akan berdampak terhadap banyak hal. Pelayanan umum pun terdampak. Ini terutama karena klasifikasi harga pengecer cukup melambung tinggi.

“Di sini normal, 10 ribu per liter. Di luar sana 50 sampai 75 ribu per liter. Wah, ini bahaya,” kesalnya.

Baca Juga:  PT Eya Aviation Indonesia Layani Penerbangan Subsidi Wamena-Tolikara

Decky Rumpaisum, manager lapangan SPBU PT Line Agung Mas, mengaku dua hari pertama telah melayani full tank, tetapi untuk menghemat BBM dibatasi untuk kendaraan roda empat 30 liter per mobil. Sedangkan kendaraan roda dua masih dilayani full tank.

“Kemarin kita tidak batasi, tetapi setelah dua hari antre saya pikir sudah cukup untuk keperluan kalau mereka membutuhkan antre lagi,” katanya.

Pewarta: Atamus Kepno

Terkini

Populer Minggu Ini:

Partai Demokrat se-Papua Tengah Jaring Bakal Calon Kepala Daerah Jelang Pilkada...

0
Grace Ludiana Boikawai, kepala Bappiluda Partai Demokrat provinsi Papua Tengah, menambahkan, informasi teknis lainnya akan disampaikan panitia dan pengurus partai Demokrat di sekretariat pendaftaran masing-masing tingkatan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.