PolhukamDemokrasiAryoko Rumaropen Dikukuhkan Jadi Mananwir Byak Sup Tabi

Aryoko Rumaropen Dikukuhkan Jadi Mananwir Byak Sup Tabi

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Melalui musyawarah adat I Kankain Karkara Byak (KKB) Bar Port Numbay, Mankara babe oser sup Tabi, Mananwir Dorus Awom melantik Aryoko Rumaropen sebagai Mananwir Byak Sup Tabi Bar Port Numbay periode 2023-2028.

Prosesi pelantikan dan pengukuhan Mananwir Aryoko Rumaropen yang berlangsung di halaman kantor BPSDM Papua, Sabtu (6/5/2023), dilaksanakan dengan ritual adat dan disaksikan Manfun Kawasa Byak, Manawir Apolos Sroyer.

Sebelum prosesi pengukuhan, Manfun Kawasa Byak, Mananwir Apolos Sroyer memohon izin dan restu kepada seluruh Ondoafi pemilik tanah Tabi.

“Atas nama Kawasa Byak, saya mohon izin dan restu kepada pemilik tanah Tabi, semua kepala suku dan seluruh leluhur di tanah Tabi, kiranya izinkan kami untuk melakukan proses pengukuhan pimpinan yang telah dipilih oleh masyarakat Byak dari sembilan wilayah adat Byak, yang saat ini mendiami atau tersebar di lima distrik di kota Jayapura lewat musyawarah adat I Kankain Karkara Byak ini,” kata Sroyer.

Baca Juga:  PWI Pusat Awali Pra UKW, 30 Wartawan di Papua Tengah Siap Mengikuti UKW

Mananwir Dorus Awom, Mankara babe oser sup Tabi, menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Byak yang sudah mendukung musyawarah adat I KKB hingga pengukuhan Mananwir Byak tanah Tabi. Ia berharap masyarakat Byak ikut mendukung setiap program kerja pemerintah kota Jayapura.

“Mari kita masyarakat Byak di kota ini jadi satu dan selalu mendukung pembangunan dan program-program pemerintah yang akan turun ke kami untuk mengembangkan masyarakat Byak di kota ini dan kami lihat ini adalah bagian yang kami laksanakan untuk membantu pemerintah dan aparat,” pesannya.

Baca Juga:  Soal Satu WNA di Enarotali, Begini Kata Pakum Satgas dan Kapolres Paniai
Mananwir Byak sup Tabi, Aryoko Rumaropen foto bareng usai pelantikan dan pengukuhan, Sabtu (6/5/2023) malam. (Reiner Brabar – SP)

Manawir Awom berpesan, Mananwir Aryoko Rumaropen dapat menyatukan masyarakat Byak di tanah Tabi serta menghormati nilai-nilai adat dan selalu mendukung program pemerintah.

“Tugas utama orang adat adalah menjaga dan melindungi masyarakat adat, serta memelihara alam ciptaan Tuhan dan segala isinya serta menjalin hubungan kepercayaan dengan Tuhan. Tiga bagian ini harus dipegang teguh sebagai dasar untuk bekerja kedepan,” kata Awom.

Aryoko Rumaropen, Mananwir Byak sup Tabi, pada kesempatan sama ucapkan terima kasih kepada masyarakat Byak dari sembilan bar (wilayah adat Byak) yang tersebar di lima distrik di kota Jayapura yang telah mempercayainya.

Baca Juga:  Direpresif Aparat Kepolisian, Sejumlah Massa Aksi di Nabire Terluka

“Terima kasih untuk semua orang Byak yang sudah percayakan saya sebagai Mananwir Byak sup Tabi bar Port Numbay,” katanya singkat.

Manawir Byak sup Tabi dilantik berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mananwir Bar Port Numbay nomor 01/KKB-Tabi/2023 tentang Pengesahan Badan Pengurus Kankain Karkara Byak tanah Tabi wilayah Port Numbay yang ditandatangani Mankara babe oser sup Tabi, Mananwir Dorus Awom serta diketahui Manfun Kawasa Byak, Apolos Sroyer.

Pewarta: Reiner Brabar
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Perda Pengakuan dan Perlindungan MHA di PBD Belum Diterapkan

0
“Kami bersama AMAN Sorong Raya akan melakukan upaya-upaya agar Perda PPMHA  yang telah diterbitkan oleh beberapa kabupaten ini dapat direvisi. Untuk itu, sangat penting semua pihak duduk bersama dan membicarakan agar Perda PPMHA bisa lebih terarah dan terfokus,” ujar Ayub Paa.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.