Komisioner KPU Yahukimo memperlihatkan berkas bacaleg, setelah terima dari pengurus DPC Partai Demokrat kabupaten Yahukimo, Jumat (12/5/2023). (Ardi Bayage - SP)
adv
loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Partai Demokrat kabupaten Yahukimo secara resmi mendaftarkan berkas bakal calan legislatif (Bacaleg) untuk Pemilu 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Yahukimo, Jumat (12/5/2023) di salah satu hotel yang ada di kota Jayapura, Papua.

Yosep Payage, ketua DPC Partai Demokrat kabupaten Yahukimo, mengatakan, berkas diterima langsung oleh komisioner KPU dan staf sekretariat yang disaksikan komisioner Bawaslu kabupaten Yahukimo.

Selanjutnya, kata Yosep, akan ikuti tahapan sesuai jadwal yang ada dan arahan dari pihak penyelenggara.

“Hari ini kami bersama semua peserta datang mendaftar sesuai dengan jadwal dari KPU,” jelasnya.

Baca Juga:  Pemkab Yahukimo Belum Seriusi Kebutuhan Penerangan di Kota Dekai

Menurut Payage, sesuai jadwal, partai Demokrat mendaftar tanggal 10 dan 11 Mei, tetapi karena satu dan lain hal, baru terlaksana hari ini.

ads

“Kami bersyukur, hari ini hanya tiga partai politik yang daftar di sekretariat KPU dari delapan belas partai yang akan ikut Pemilu 2024. Kami Partai Demokrat termasuk cepat sesudah Partai Amanat Nasional PAN, kemudian PDIP,” kata Yosep.

Yosep Payage, ketua DPC Partai Demokrat kabupaten Yahukimo menyampaikan arahan kepada pengurus dan Bacaleg usai serahkan berkas ke KPU Yahukimo, Jumat (12/5/2023). (Ardi Bayage -SP)

Pengurus Partai Demokrat, kata Payage, senantiasa mengikuti seluruh proses dan tahapan hingga pendaftaran berkas Bacaleg. Dengan itu, pihaknya akan membuktikan komitmennya untuk siap rebut kursi legislatif pada Pemilu 2024.

Baca Juga:  DKPP Periksa Dua Komisioner KPU Yahukimo Atas Dugaan Pelanggaran KEPP

Total kursi di DPRD kabupaten Yahukimo berjumlah 35 kursi, harap Yosep, siap raih kemenangan terbesa pada pesta demokrasi mendatang.

“Dari total kursi yang ada itu kami siap untuk menangkan partai Demokrat besok. Dengan harapan, DPP kalau sudah menetapkan dan mengajukan kepada KPU RI, maka KPU di daerah akan tahu terbaca dan itu akan ditetapkan. Jadi kami minta semua caleg tetap kerja sama,” kata Payage.

Penas Bahabol, Komisioner KPU Divisi Teknis mengaku hingga tanggal 12 Mei 2023 sudah tiga partai politik yang mendaftarkan berkas bakal Caleg. Kepada pengurus partai yang lain, diharapkan segera daftar agar tahapan tetap berjalan baik.

Baca Juga:  Konflik Horizontal di Keneyam Masih Berlanjut, Begini Tuntutan IPMNI

“Kemarin kami mencoba untuk menerimanya di Yahukimo, tetapi jaringan kurang bagus, sehingga hari ini kami buka sekretariat di sini. Sampai hari ini partai PAN, Demokrat dan PDIP yang sudah mendaftar. Untuk 15 partai yang belum daftar, harap mulai tanggal 13 jam 8 bisa datang bawa berkas-berkas sesuai petunjuk untuk daftarkan,” kata Penas.

Pewarta: Ardi Bayage

Artikel sebelumnyaKuota Praja IPDN Direbut Non OAP, Kehadiran DOB Untuk Siapa?
Artikel berikutnyaDukcapil Paniai Terbitkan Dua KTP “Aspal” Peserta Bawaslu Papua Tengah, Timsel Diingatkan Hati-hati