Tanah PapuaLa PagoPartai Gelora Daftarkan Bacaleg di KPU Yahukimo, 18 Parpol Siap Ikut Pemilu...

Partai Gelora Daftarkan Bacaleg di KPU Yahukimo, 18 Parpol Siap Ikut Pemilu 2024

Editor :
Markus You

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) telah mendaftar dan menyerahkan seluruh berkas bakal calon legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemiliham Umum (KPU) kabupaten Yahukimo, provinsi Papua Pegunungan, untuk mengikuti pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Berkas Bacaleg diterima langsung Melinus Soo, Komisioner KPU Yahukimo, Selasa (16/5/2023) di Hotel Horison, Jayapura. Prosesi tersebut dikawal Bawaslu Yahukimo.

“Hari Minggu tanggal 14 Mei itu penyerahan berkasnya sudah ditutup. KPU menerima 15 partai politik dan tiga lainnya yaitu Gelora, Buruh dan Garuda belum. Tetapi setelah kami koordinasi dengan KPU, kami diberi waktu 2×24 jam. Sehinga secara resmi kemarin kami sudah daftar,” kata Simson Payage, ketua DPD Gelora Yahukimo.

Baca Juga:  Penyebutan Rumput Mei Dalam Festival di Wamena Mendapat Tanggapan Negatif

Simson beralasan, keterlambatan tersebut karena menunggu arahan dan petunjuk pengurus pusat dan provinsi.

“Intinya kami sudah daftar dan KPU terima. Sebagai bukti, kami menandatangani berita acara. Sehingga kami punya hak yang sama dalam pesta demokrasi tahun 2024,” ujar Payage.

Dijelaskan, Bacaleg dari Yahukimo lengkap sesuai arahan KPU berdasarkan PKPU nomor 10. Dan kuota untuk perempuan 30% juga telah terpenuhi.

“Caleg di partai Gelora dari daerah sampai pusat untuk kabupaten Yahukimo sudah kami daftar. Termasuk kuota perempuan 30% itu juga kami utamakan. Sudah lengkap,” imbuh Simson.

Baca Juga:  Gangguan Teknis Berulang Kali, KPU Tambrauw Komitmen Pleno Selesai Tepat Waktu

Anas Heluka, sekretaris DPD Gelora Yahukimo, menambahkan, dari beberapa tahapan akhirnya berkas Bacaleng diterima dan terdaftar di KPU, sehingga selanjutnya menunggu dan mengikuti informasi dari KPU.

“Terima kasih kepada komisioner KPU dan Bawaslu, sebab dengan komunikasi yang baik, tahapan sudah kami lewati. Selanjutnya kepada bacaleg dari Gelora tetap semangat dan berdoa agar kita bergelora bersama rakyat,” kata Heluka.

Sementara itu, Isai Heluka, simpatisan partai Gelora Yahukimo mengapresiasi komisioner KPU yang meski agenda untuk pendaftaran sudah ditutup sesuai jadwal nasional, tetapi ada penambahan waktu bagi tiga parpol.

Baca Juga:  Masyarakat Tolak Pj Bupati Tambrauw Maju Dalam Pilkada 2024

“Senang sekali karena sudah terdaftar. Kami ucapkan terima kasih KPU dan Bawaslu bisa memberikan waktu untuk tiga partai, termasuk kami Gelora. Tentu penambahan waktu ini KPU sudah komunikasi dengan KPU Papua dan KPU RI. Sekarang Gelora punya hak yang sama untuk ikut Pemilu 2024,” ujar Isai.

Diketahui, partai Gelora adalah partai politik di Indonesia yang didirikan pada 28 Oktober 2019. Partai ini didirikan oleh 99 orang dari 34 provinsi di Indonesia. Dengan dua tokoh penggagas, Anis Matta dan Fahri Hamzah. Dideklaraskan secara resmi saat acara konsolidasi nasional di Jakarta, 10 November 2019. []

Terkini

Populer Minggu Ini:

Perda Pengakuan dan Perlindungan MHA di PBD Belum Diterapkan

0
“Kami bersama AMAN Sorong Raya akan melakukan upaya-upaya agar Perda PPMHA  yang telah diterbitkan oleh beberapa kabupaten ini dapat direvisi. Untuk itu, sangat penting semua pihak duduk bersama dan membicarakan agar Perda PPMHA bisa lebih terarah dan terfokus,” ujar Ayub Paa.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.