Tanah PapuaLa PagoBPJS Kesehatan Wamena Apresiasi Peran Media Dalam Program JKN

BPJS Kesehatan Wamena Apresiasi Peran Media Dalam Program JKN

Editor :
Elisa Sekenyap

WAMENA, SUARAPAPUA.com— Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kc. Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan mengapresiasi peran media dalam mendorong program jaminan kesehatan nasional (JKN) di wilaya kerjanya.

Hal itu disampaikan, Pps. Kepalah BPJS Kesehatan Cabang Wamena, Ida Bagus Putu Wira Kusuma, sebagai sambutan dalam kegiatan media Gathering di ruang rapat BPJS Kesehatan KC. Wamena pada, Senin (26/6/2023).

“Kenapa kita undang para media, kerena peran media sangat penting. Kerena media ini memberikan informasi kepada masyarakat bagaimana masyarakat ini bisa memanfaatkan program jaminan kesehatan nasional ini dengan baik atau secara jelas terkait informasi sehingga bisa bermanfaat. Jadi media ini, mempunyai peranan penting ,” ucapnya Thomas.

Baca Juga:  Direpresif Aparat Kepolisian, Sejumlah Massa Aksi di Nabire Terluka

Terkait program jaminan kesehatan nasional, kata Thomas, program ini merupakan program strategis negara yang wajib untuk didukung oleh segenap komponen bangsa.

Kepala Bagian SDMUK, Thomas Prayitno Wibowo mempersentasekan sejumlah pencapaian yang telah dilakukannya, dimana dari 22 provinsi di Indonesia dan 334 kabupaten atau kota yang telah UHC (Universal Health Coverage), Provinsi Papua Pegunungan termasuk salah satunya yang terlihat di nomor urut 21 dalam daftar. Kemudian untuk enam provinsi dan 38 Kabupaten atau kota di tanah Papua telah UHC (Universal Health Coverage).

Baca Juga:  Media Sangat Penting, Beginilah Tembakan Pertama Asosiasi Wartawan Papua

“Untuk delapan kabupaten di Provinsi Papua Pegunungan, dua kabupaten belum UHC, yakni; Kabupaten Pegunungan Bintang dan Kabupaten Yahukimo. Kemudian, enam Kabuapten lainnya, seperti; Kabupaten Jayawijaya, Lany Jaya, Tolikara, Nduga, Yalimo dan Kabupaten Mamberamo Tengah telah UHC,” ungkap Thomas.

Selanjudnya, berdasarkan data peserta persegmen, PBI JK 80%, PPU PN 4%, PPU BU 0,3%, PBPU/BP 0,3%, PBPU/PB Pemda 10%. Kemudian berdsarkan data, fasilitas kesehatan tingkat pertama yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan cabang Wamena sebanyak 113 di delapan kabupaten se-Provinsi Papua Pegunungan.

Baca Juga:  Tragedi Penembakan Massa Aksi di Dekai 15 Maret 2022 Diminta Diungkap

Untuk fasilitas kesehatan tingkat lanjut yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Wamena sebanyak tiga jaringan pelayanan Rumah Sakit Terakreditas, yaitu; RSUD Wamena, RSUD Tiom dan RSUD Dekai.

Terkini

Populer Minggu Ini:

DKPP Periksa Dua Komisioner KPU Yahukimo Atas Dugaan Pelanggaran KEPP

0
“Aksi ini untuk mendukung sidang DKPP atas pengaduan Gerats Nepsan selaku peserta seleksi anggota KPU Yahukimo yang haknya dirugikan oleh Timsel pada tahun 2023. Dari semua tahapan pemilihan komisioner KPU hingga kinerjanya kami menilai tidak netral, sehingga kami yang peduli dengan demokrasi melakukan aksi di sini. Kami berharap ada putusan yang adil agar Pilkada besok diselenggarakan oleh komisioner yang netral,” kata Senat Worone Busub, koordinator lapangan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.