Tanah PapuaDomberaiMosso Diperiksa, APMS: Mendagri Segera Lantik Plt Bupati Sorong

Mosso Diperiksa, APMS: Mendagri Segera Lantik Plt Bupati Sorong

SORONG, SUARAPAPUA.com — Aliansi Peduli Masyarakat Sorong (APMS) mendesak presiden Joko Widodo melalui Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), segera melantik sekretaris daerah (Sekda) kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, sebagai pelaksana tugas (Plt) bupati Sorong.

Ricky Mlasmene, perwakilan AMPS, mengatakan, Pj bupati Sorong tengah diperiksa Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendagri di Jakarta.

“Penjabat bupati Sorong atas nama Yan Piet Mosso sedang diperiksa atas dugaan penyalahgunaan wewenang serta maraknya pengaduan masyarakat atas buruknya kinerja, perilaku korupsi dan gaya hidup mewah,” kata Ricky dalam siaran pers ke suarapapua.com, Kamis (24/8/2023) pagi.

Baca Juga:  Hilangnya Keadilan di PTTUN, Suku Awyu Kasasi ke MA

Pasca pemeriksaan Pj bupati Sorong, AMPS menilai roda pemerintahan saat ini pincang, tidak berjalan normal. Karena itu, Mendagri didesak melantik Plt bupati Sorong.

“Dengan melihat kekosongan ini, maka Mendagri harus segera melantik Plt agar roda pemerintah di kabupaten Sorong dapat berjalan dengan baik,” tegas Ricky.

Berikut pernyataan sikap APMS:

  1. Meminta Tito Karnavian selaku Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia untuk memberhentikan Yan Piet Mosso sebagai Pj bupati Sorong serta mendengar aspirasi dan keinginan masyarakat kabupaten Sorong, Papua Barat Daya.
  2. Meminta Tito Karnavian selaku Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia untuk mengawal setiap proses pemeriksaan tersebut dan mencegah terjadinya suap untuk menghentikan penyelesaian kasus tersebut.
  3. Memberikan kesempatan kepada putra daerah (suku Moi) yang mempunyai integritas tinggi dan pengalaman yang baik dan kami tidak menerima Pj bupati Sorong yang berkasus dan terperiksa.
  4. Meminta Tito Karnavian selaku Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia untuk segera mengangkat Sekda kabupaten Sorong sebagai Plt bupati Sorong sementara waktu untuk mengisi kekosongan jabatan.
Baca Juga:  Peringatan IWD Menjadi Alarm Pergerakan Perempuan Kawal Segala Bentuk Diskriminasi Gender

Dikabarkan, Yan Piet Mosso yang kini diperpanjang masa jabatannya sebagai Pj bupati Sorong, diperiksa Senin (21/8/2023) di lantai VI Kemendagri. Pemeriksaan berlangsung selama kurang lebih 10 jam untuk memberikan klarifikasi dan keterangan atas pengaduan tersebut.

“Ya, benar [Yan Piet Mosso] diperiksa, langsung ke lantai enam,” kata salah seorang staf, dilansir Hallo.id.

Baca Juga:  ULMWP Desak Dewan HAM PBB Membentuk Tim Investigasi HAM Ke Tanah Papua

Mosso tiba di kantor Itjen Kemendagri sekira pukul 10.30 WIB. Datang didampingi beberapa ajudannya.

Mobil Toyota yang ditumpangi Yan Piet Mosso bersama beberapa pengawal, masuk lewat pintu belakang kantor Itjen Kemendagri. Terkesan menghindari wartawan, ia langsung masuk secara tergesa-gesa. []

Terkini

Populer Minggu Ini:

Jurnalis Senior Ini Resmi Menjabat Komisaris PT KBI

0
Kendati sibuk dengan jabatan komisaris BUMN, dunia jurnalistik dan teater tak pernah benar-benar ia tinggalkan. Hingga kini, ia tetap berkontribusi sebagai penulis buku dan penulis artikel di berbagai platform media online.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.