Tanah PapuaLa PagoPesan Esau Miram Saat Rapimpurda dan Musda ke-VI KNPI Yahukimo

Pesan Esau Miram Saat Rapimpurda dan Musda ke-VI KNPI Yahukimo

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Sejumlah hal penting disampaikan Esau Miram, wakil bupati kabupaten Yahukimo, saat membuka secara resmi rapat pimpinan paripurna daerah (Rapimpurda) dan musyawarah daerah (Musda) ke-VI dewan pengurus daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) kabupaten Yahukimo tahun 2023.

Rapimpurda dan Musda mengusung tema “Mengembalikan marwah KNPI, merebut kejayaan pemuda untuk perubahan” berlangsung Rabu (15/8/2023) di gedung olahraga ABYU Dekai, Yahukimo, Papua Pegunungan.

Kegiatan dihadiri para pejabat daerah, ketua DPD KNPI provinsi Papua Pegunungan, Kapolres Yahukimo, Dandim 1715/Yahukimo, 51 undangan KNPI distrik dan 12 OKP lokal dan nasional.

Esau Miram mengingatkan kehadiran KNPI sebagai representasi bagi generasi muda, maka harus memberikan nilai lebih dalam bentuk peran dan fungsinya bagi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat, khususnya generasi muda di kabupaten Yahukimo.

Baca Juga:  Badan Pelayan Baru Jemaat Gereja Baptis Subaga Wamena Terbentuk

“Kita dari situlah terproses. Kita dari situlah terdidik. Kita dari situlah terbina dan menjadi orang-orang yang hebat bagi bangsa dan negara dan bagi kabupaten Yahukimo,” ujarnya.

Karena itu, lanjut Esau, Rapimpurda dan Musda KNPI menjadi momentum strategis untuk mempersatukan pemuda untuk memajukan daerah ini.

“Semua provinsi dan kabupaten ada dan berkembang baik ketika pemuda bersatu. Oleh karena itu, setelah ketua terpilih nanti, harap mendukung program pemerintah yang ada supaya kita memajukan daerah ini jauh lebih baik,” Esau Miram berpesan.

Kabupaten Yahukimo diakui daerah yang strategis dari akses pembangunan baik jalur udara, laut maupun darat, juga dalam rancangan untuk menghubungkan provinsi Papua Pegunungan.

“Pembangunan akan maju, kita orang Yahukimo juga akan berpotensi bersaing di provinsi Papua Pegunungan. Maka inilah kesempatan untuk [generasi muda] mempersiapkan diri menjadi pemimpin-pemimpin yang hebat, bukan hanya di Yahukimoa, tetapi untuk provinsi juga,” harap Miram.

Baca Juga:  Konflik Horizontal di Keneyam Masih Berlanjut, Begini Tuntutan IPMNI

Herman Ade Somadayo, ketua DPD KNPI provinsi Papua Pegunungan, menegaskan, KNPI dari pusat hingga daerah berkomitmen untuk persatukan semua pemuda dan bangkit menjawab tantangan yang ada.

“Kita pemuda terus mengasah intelektualitas, menajamkan, menganalisa dan meningkatkan keberanian seseorang sebagai aktivis sejati.”

Ade juga mengajak seluruh pemuda Yahukimo untuk rapatkan barisan, satukan energi dan kerja sama demi memajukan daerah dan kesejahteraan rakyat.

“Marilah kita sama-sama berdoa kepada Tuhan agar kita semua senantiasa diberikan pengetahuan dan kekuatan serta kebijaksanaan dalam menjalankan amanah KNPI,” kata Herman.

Sementara itu, Arius Yahuli, ketua karateker KNPI kabupaten Yahukimo, menyatakan, karena proses reorganisasi KNPI tersendat, pihaknya diberikan surat keputusan (SK) karateker untuk melanjutkan kepengurusan dan tahapan konsolidasi agar terlaksana Rapimpurda dan Musda ke-VI.

Baca Juga:  PT Eya Aviation Indonesia Layani Penerbangan Subsidi Wamena-Tolikara

“Saya diberikan SK karateker ada tanggal 1 Juni 2023. Jadi, kerja-kerja kami karateker ini hanya sebulan saja,” jelasnya.

Arius mengakui proses kerja karateker bersama panitia pelaksana Rapimpurda dan Musda sangat cepat dengan tujuan mengembalikan marwah KNPI yang sesungguhnya.

“Kita menggerakkan ini sesuai kerinduan dan harapan pemuda, juga harapan masyarakat Yahukimo,” kata Yahuli.

Oleh karenanya, Arius ucapkan terima kasih kepada seluruh pemuda dari 51 distrik dan OKP, termasuk pemerintah kabupaten Yahukimo yang telah mendukung penuh pelaksanaan Rapimpurda dan Musda.

“Terima kasih kepada pemerintah kabupaten Yahukimo yang selalu dukung kami pemuda untuk menjalankan aktivitas kepemudaan yang positif yang berdampak baik demi kepentingan seluruh masyarakat kabupaten Yahukimo.” []

Terkini

Populer Minggu Ini:

DKPP Periksa Dua Komisioner KPU Yahukimo Atas Dugaan Pelanggaran KEPP

0
“Aksi ini untuk mendukung sidang DKPP atas pengaduan Gerats Nepsan selaku peserta seleksi anggota KPU Yahukimo yang haknya dirugikan oleh Timsel pada tahun 2023. Dari semua tahapan pemilihan komisioner KPU hingga kinerjanya kami menilai tidak netral, sehingga kami yang peduli dengan demokrasi melakukan aksi di sini. Kami berharap ada putusan yang adil agar Pilkada besok diselenggarakan oleh komisioner yang netral,” kata Senat Worone Busub, koordinator lapangan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.