BeritaPolhukamSelamatkan Pilot Susi Air, Pangdam Prioritaskan Negosiasi

Selamatkan Pilot Susi Air, Pangdam Prioritaskan Negosiasi

SENTANI, SUARAPAPUA.com — Pembebasan pilot Susi Air Phillip Mark Mehrthens belum membuahkan hasil. Sejak disandera TPNPB kelompok Egianus Kogeya pada 7 Februari 2023 hingga kini sudah delapan bulan masih di tengah rimba bersama para penyandera.

Menanggapi hal itu, Mayor Jenderal TNI Izak Pangemanan, Pangdam XVII/Cenderawasih, mengatakan, hingga kini pilot yang disandera masih di hutan bersama kelompok TPNPB.

Baca Juga:  Warinussy Minta Kapolres Jayapura Diperiksa Karena ‘Membiarkan’ Warga Sipil Bertindak Arogan di Mapolres

“Sampai saat ini pilot masih di hutan bersama kelompok Egianus,” kata Pangemanan kepada wartawan usai memperingati HUT ke-78 TNI, Selasa (6/10/2023).

Upaya pembebasan pilot Susi Air dari tangan penyandera, pihaknya terus lanjutkan bersama Polri dan pemerintah. Pada prinsipnya upaya tersebut terus ditempuh dengan cara melakukan negosiasi.

“Kita masih terus mengedepankan negosiasi,” ujarnya.

Pangdam juga menyebutkan sejauh ini kondisinya masih baik-baik.

Baca Juga:  Mahasiswa Nduga se-Indonesia Sikapi Konflik Pemilu di Distrik Geselema

“Sampai saat ini kondisi pilot masih baik-baik. TPNPB dibawah pimpinan Egianus mereka jaga pilot dengan baik, sehingga tidak ada masalah,” tutur Izak.

Sebelumnya, pemerintah Selandia Baru mendesak TPNPB segera bebaskan pilot tersebut. Desakan disampaikan karena setelah enam bulan lamanya masih juga disekap kelompok penyandera.

Dilansir stuff.co.nz, Christopher John Hipkins, Perdana Menteri Selandia Baru, mengatakan, pihaknya telah mengajukan permohonan langsung ke TPNPB untuk bebaskan pilot dari tawanan di belantara Papua.

Baca Juga:  Pimpinan Majelis Rakyat Papua Barat Diminta Segera Dilantik

“Kami akan terus melakukan apa yang kami bisa untuk membawanya pulang,” ujarnya kepada wartawan di Auckland, Rabu (9/8/2023).

Pilot itu disandera kelompok Egianus Kogeya di lapangan terbang Paro, distrik Paro, kabupaten Nduga, 7 Februari 2023. Pesawat Susi Air juga turut dibakar. []

Terkini

Populer Minggu Ini:

Masalah Politik Mendominasi Kunjungan Menteri Prancis Gérald Darmanin di Kaledonia Baru

0
"Kami bekerja dengan sangat baik dengan teman-teman Australia kami yang juga mengamati perkembangan Kaledonia Baru dengan sangat cermat. Kami ingin bekerja sama dengan mereka dalam hal perlindungan strategis dalam kaitannya dengan kekuatan besar seperti Cina, yang terkadang berperilaku predator terhadap wilayah kami".

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.