BeritaOlahragaBorong Dua Gol ke Gawang Persipal, Enzo Célestine Jago!

Borong Dua Gol ke Gawang Persipal, Enzo Célestine Jago!

Editor :
Markus You

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Status sebagai pemain asing di kompetisi Pegadaian Liga 2 musim 2023/2024, belum sepenuhnya diperlihatkan Enzo Célestine dalam tiga laga Persipura Jayapura. Tetapi, dua gol diborong langsung dalam satu pertandingan terakhir merupakan pembuktiannya.

Pemain asing berkebangsaan Perancis itu didatangkan manajemen tim Mutiara Hitam untuk memenuhi kuota pemain asing sesuai regulasi operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Skuat Persipura Jayapura di Liga 2 Indonesia musim 2023/2024. (Dok. MO Persipura)

Enzo Célestine bergabung bersama Ian Kabes dan kawan-kawan di Jakarta, Sabtu (9/9/2023), atau sehari sebelum melakoni laga perdana kontra Kalteng Putra FC di stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Minggu (10/9/2023) sore.

Hebatnya, baru saja bergabung Enzo Célestine langsung diturunkan coach Tony Ho. Latihan terakhir dengan official training seperti cukup buat pemain berkebangsaan Perancis itu.

Dengan modal menit main di Palangka Raya, Enzo Célestine kembali mendapat kepercayaan sebagai pemain inti pada pertandingan kedua di rumah sendiri, stadion Mandala, Jayapura.

Pun, ketika Persipura menjamu tim tamu Persipal Babel United, Kamis (28/9/2023). Bahkan di laga home ini, Enzo Célestine cetak dua gol langsung.

Gol Enzo Célestine dipersembahkan di menit 34 babak pertama. Gol perdananya bersama Persipura itu tercatat sebagai gol indah. Enzo sambil jatuhkan badan melepaskan bola sodoran Marinus Wanewar. Jala gawang Persipal goyang. Gol berkelas.

Baca Juga:  Jamu Kalteng Putra di Stadion Mandala, Ujian Terakhir Persipura

Menarikya lagi, Enzo begitu getarkan jala lawan, berlari ke arah suporter di tribun utara. Ia beri penghormatan, sebelumnya akhirnya berlari ke lapangan dan menyalami para pelatih, ofisial dan pemain cadangan di bench.

Enzo Célestine luapkan kegembiraan di depan suporter Persipuramania usai cetak gol ke gawang Persipal Babel United, Kamis (28/9/2023) sore. (Dok. BCN/R Melanesian)

Beberapa assist juga dibuat pemain jangkung ini. Hingga akhirnya datang kesempatan emas bagi Enzo menambah pundi-pundi gol bagi tim Persipura.

Prosesi gol keduanya juga cukup menarik. Enzo piawai memanfaatkan peluang dari luar kotak 16. Gunansar Mandowen mempersilahkan dia menyambut umpan terobosan dari sisi kanan. Dengan tenang bola diceploskan ke pojok kiri gawang Persipal yang dikawal Ramadhan.

Satu gol lainnya dalam laga ini disumbangkan Marinus Wanewar di injury time babak pertama.

Siapa Enzo Célestine?

Pemilik nama lengkap Enzo Nicolás Jacques Célestine itu tercatat sebagai pemain sepak bola profesional asal Perancis.

Cukup kenyang dengan iklim sepak bola di luar negeri. Enzo belum pernah mencicipi kompetisi sepak bola domestik. Ia pemain asing teranyar di Liga Indonesia.

Baca Juga:  Leg Kedua Sore Ini di Biak, Persiraja Siap Dipulangkan PSBS

Di klub terakhir sebelum menuju Indonesia, tercatat sudah tampil dalam 112 pertandingan dengan mengoleksi 16 gol dan 3 assist.

Menurut transfermark, Enzo memiliki harga pasaran saat ini Rp1,74 Miliar.

Manajemen Persipura datangkan dari ACSC FC Arges, klub divisi dua di Rumania. Resmi berkostum merah hitam sejak 9 September 2023.

Di Persipura ia mengenakan nomor punggung 10. Dengan nama punggung Celestine.

Berposisi striker dengan tinggi badan 1,91 meter.

Enzo Célestine lahir di Paris, Perancis, 24 Juli 1997. Saat ini berusia 26 tahun.

Para pemain Persipura Jayapura saat menjamu Persipal Babel United di Stadion Mandala, Kamis (28/9/2023) lalu. (Dok. MO Persipura)

Mantap

Tak sedikit penggemar sepak bola domestik dan pendukung setia Persipura menyampaikan ucapan selamat atas hasil maksimal perdana di rumah sendiri.

Temasuk juga karena menyaksikan penampilan apik Enzo Célestine.

“Terima kasih Persipura. Sore ini kitong bisa menikmati pertandingan bagus. Ya, pulang dengan senang,” ucap Sandro, salah satu penonton sambil turun dari tribun Liverpool.

Secara khusus, penampilan striker asing dinilai sangat luar biasa karena juga turut menyumbangkan dua gol dalam satu laga home.

“Tadi semua nonton, penampilannya bagus sekali. Mantap. Dia su pas dengan Persipura,” katanya.

Baca Juga:  PSBS Biak Pecahkan Sejarah: Laju ke Final Liga 2 Sekaligus Promosi Liga 1

Pelatih pun senang dengan hasil maksimal atas tamunya, Persipal Babel United. Karenanya, Tony Ho ucapkan terima kasih kepada para pemain karena telah sukses menjalankan tugas dengan sangat baik di lapangan hijau.

Selepas pekan keempat, tim Mutiara Hitam ada di urutan ketiga klasemen sementara grup 4 dibawah PSBS Biak dan Sulut United.

Selain Persipura, PSBS Biak, Persewar Waropen, di grup 4 ada Kalteng Putra FC, Sulut United, Persipal Babel United, dan Persiba Balikpapan.

Skuat Persipura Jayapura di stadion Mandala dalam lanjutan Pegadaian Liga 2 Indonesia musim 2023/2024. (Dok.
MO Persipura)

Persipura masih menyisakan lima pertandingan sebelum menutup putaran pertama. Meraih kemenangan sudah tentu menjadi target tersendiri di setiap laga. Termasuk kala menjajal kekuatan tuan rumah, Sulut United di stadion Klabat Manado, Jumat (6/10/2023) mendatang.

Tentu harus menunggu hasil pertandingan di Bumi Nyiur Melambai sembari mendoakan kesebelasan asal kota Jayapura itu. Jika berhasil curi poin, jelas akan berpengaruh terhadap peringkat untuk memberi secercah harapan menjawab target kembali ke Liga 1 Indonesia.

Berjuang habis-habisan demi memastikan langkah berikut dengan bertengger di puncak klasemen bukan tak mungkin direngkuh anak-anak Mutiara Hitam. Bikin! Barang apa jadi…. []

Terkini

Populer Minggu Ini:

Forum Pro Demokrasi Akan Laporkan Pelanggaran Pemilu Distrik Dekai Kepada Bawaslu...

0
“Kemarin kami melihat juga proses rekapan dan pleno yang juga memakan beberapa waktu, sehingga Bawaslu harus bertindak tegas. Karena jadwal pelaksanaan dalam PKPU kan sudah diatur,” ucapnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.