ADVERTORIALIntan Jaya BangkitPj Bupati Intan Jaya Pastikan PLTD di Sugapa Segera Beroperasi

Pj Bupati Intan Jaya Pastikan PLTD di Sugapa Segera Beroperasi

SUGAPA, SUARAPAPUA.com — Penjabat Bupati Intan Jaya Apolos Bagau, ST telah berkunjung ke PLTD yang terletak di kampung Bilogai pada 4 Oktober 2023. Kunjungan ini bermaksud untuk mengecek secara langung proses perbaikan mesin listrik di PLTD.

Dalam kunjungan ini, Pj Bupati Intan Jaya bertemu dengan teknisi dan karyawan yang sedang melakukan perbaikan mesin listrik PLN di PLTD yang terletak di kampung Bilogai, distrik Sugapa, Intan Jaya, Papua Tengah.

Usai melakukan kunjungan tersebut, Pj Bupati Intan Jaya mengatakan, ia mengharapkan agar proses perbaikan mesin segera diselesaikan, sehingga PLTD dapat beroperasi dan memenuhi kebutuhan akan listrik bagi masyarakat maupun pemerintah daerah.

“Saya harap supaya proses pengerjaan instalasi jaringan listrik dan perbaikan mesin segera rampung supaya PLTD bisa memasok listrik untuk masyarakat dan juga pemerintah. Ini salah satu program yang saya dorong sejak awal saya dilantik sebagai penjabat bupati Intan Jaya,” kata Bagau.

Baca Juga:  Meningkatkan Kenyamanan Masyarakat, Pj Bupati Intan Jaya Kunjungi Pasar Borong Jualan Mama-mama

Pj Bupati menjelaskan, PLTD dibangun oleh pemerintah daerah. Namun pengoperasiannya lama berhenti karena ada kerusakan pada mesin dan juga karena kondisi keamanan daerah yang kurang kondusif dalam beberapa tahun terakhir.

“PLTD ini dibangun oleh pemerintah daerah Intan Jaya. Sempat bikin terang Intan Jaya. Namun tidak beroperasi lagi karena adanya kondisi keamanan daerah yang tidak kondusif, dan juga karena mesin rusak. Tahun ini kami melakukan perbaikan mesin, perbaiki kabel yang putus dan rusak,” bebernya.

Baca Juga:  Hilangkan Rasa Takut, Pj Bupati dan Rombongan Jalan Kaki di Sekitar Kota Sugapa

Apolos Bagau juga mengatakan, dari informasi yang ia dapatkan dari teknisi yang perbaiki mesin dan dinas terkait yang menangani langsung perbaikan mesin PLTD, ia optimis bahwa PLTD akan segera beroperasi.

“Saya optimis, PLTD akan segera beroperasi dan memberikan pelayanan kepada pelanggan untuk memenuhi kebutuhan akan listrik. Saya sudah terima informasi tentang perkembangan pekerjaan perbaikan mesin dari dinas yang menangani maupun dari teknisi. Saya harap segera rampung proses pengerjaannya,” harapnya.

Apolos Bagau ST, Pj Bupati Intan Jaya saat mengecek perkembangan perbaikan mesin PLTD di kampung bilogai pada 4 Oktober 2023. (Kominfo Intan Jaya – SP)

Sementara itu, Ananias Yarinap, sekretaris Dinas Perumahan dan Pemukiman kabupaten Intan Jaya yang turut mendampingi Pj Bupati dalam kunjungan ke PLTD mengatakan, dirinya telah menyampaikan informasi dan perkembangan tentang perbaikan mesin maupun instalasi listrik PLTD.

Baca Juga:  Pj Bupati Intan Jaya dan Masyarakat Gelar Natal Tahun Baru Bersama di Kampung

Ananias menjelaskan, perbaikan mesin PLTD sedang dalam proses pengerjaan. Kata dia, setelah teknisi mengecek, ternyata terdapat 100 item dalam mesin yang rusak.

“Setelah dicek, ada 100 item dalam mesin yang rusak. Dan prosesnya, terdapat 30 item yang alatnya sudah tiba dan sedang dalam proses perbaikan. Kami optimis perbaikannya akan segera rampung. Kalau sudah, kami bersama pihak ketiga yang sedang mengerjakan perbaikan mesin akan uji coba. Jika sudah, kami akan segera operasikan untuk memenuhi kebutuhan msyarakat, juga pemerintah,” kata Yarinap. (*/Adv)

Terkini

Populer Minggu Ini:

Forum Pro Demokrasi Akan Laporkan Pelanggaran Pemilu Distrik Dekai Kepada Bawaslu...

0
“Kemarin kami melihat juga proses rekapan dan pleno yang juga memakan beberapa waktu, sehingga Bawaslu harus bertindak tegas. Karena jadwal pelaksanaan dalam PKPU kan sudah diatur,” ucapnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.