PolhukamKriminalYanto Eluay Sikapi Banyak Kantor di Pemkab Jayapura Terbakar

Yanto Eluay Sikapi Banyak Kantor di Pemkab Jayapura Terbakar

SENTANI, SUARAPAPUA.com — Yanto Eluay menegaskan, kebakaran sejumlah fasilitas perkantoran kabupaten Jayapura yang terjadi belakangan ini jangan terulang lagi. Sebab insiden tersebut menghambat roda pemerintahan daerah, bahkan turut menguras anggaran daerah yang tidak sedikit.

“Kejadian seperti ini tidak terulang lagi, itupun kalau faktor kesengajaan,” ujar Yanto kepada wartawan di Sentani, Senin (30/10/2023).

Selaku tokoh adat Sentani, Yanto Eluay mengingatkan pemerintah daerah bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) harus mampu mencegah hal-hal seperti itu tidak terjadi.

Baca Juga:  Inilah Sikap Resmi KNPB Terhadap Agenda Pemilu 2024

“Kami berharap kepada pemerintah daerah dan juga Satpol PP untuk bisa mencegah kejadian pembakaran seperti yang sudah terjadi ini,” tegasnya.

Selain itu, Yanto menyinggung dari dua kasus kebakaran awal dan yang baru terjadi ini dapat diketahui motifnya.

“Pemerintah segera mengambil langkah-langkah untuk melindungi dan menjaga gedung-gedung dan sarana pemerintah itu jangan terbakar lagi. Apalagi ada dokumen-dokumen penting harus dilindungi dengan baik,” tutur Eluay.

Pihak kepolisian juga diminta segera selidiki apa penyebab hingga kantor kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bisa terbakar.

Baca Juga:  Jelang Pemilu 2024, Toko Miras di Kabupaten Jayapura Harus Ditutup

“Kepolisian harus segera melakukan penyelidikan faktor-faktor penyebab terjadinya kebakaran di kawasan perkantoran kabupaten Jayapura.”

Eluay juga mengaku pernah meminta kepada penjabat bupati untuk mengganti sejumlah dinas terkait.

“Termasuk Kasatpol PP itu harus diganti. Kasih saja ke pihak kepolisian agar penjagaan ini lebih diperketat,” imbuh Yanto.

Sebelumnya, enjabat bupati Jayapura menyatakan, kasus terbakarnya kantor DLH itu harus diusut tuntas siapa aktor intelektualnya.

“Segera diusut tuntas sebab-sebab kebakaran dan siapa pelakunya supaya kejadian begini tidak terulang lagi,” ujar Triwarno Purnomo, melalui pesan singkatnya, Minggu (29/10/2023).

Baca Juga:  Aparat Datangi Lokasi Tempat Kegiatan Doa Bersama Pengukuhan Struktur ULMWP di Expo Waena

Pj bupati Jayapura mengaku sangat kesal dengan aksi kesekian kalinya perkantoran di lingkungan Pemkab Jayapura terbakar.

Dengan terbakarnya kantor DLH pada Minggu (29/10/2023) pagi, kata Triwarno, pihaknya segera mengevaluasi sistem penjagaan yang selama ini berlaku di Gunung Merah, kawasan perkantoran Pemkab Jayapura

“Sudah beberapa kali terjadi, pasti kami akan melakukan evaluasi terhadap model penjagaan yang selama ini ada di Gunung Merah,” katanya. []

Terkini

Populer Minggu Ini:

MRP-PP Minta Penyelenggara Pemilu Berkomitmen Dukung Caleg Putra Daerah

0
"Karena itu, saya berharap buat komitmen dan berikan suara rakyat itu kepada yang punya komitmen untuk membangun Papua Pegunungan, meletakkan fondasi pembangunan. Bukan membeli jabatan untuk kepentingan pribadi dan kelompok tertentu," ungkapnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.