PolhukamKriminalYanto Eluay Sikapi Banyak Kantor di Pemkab Jayapura Terbakar

Yanto Eluay Sikapi Banyak Kantor di Pemkab Jayapura Terbakar

SENTANI, SUARAPAPUA.com — Yanto Eluay menegaskan, kebakaran sejumlah fasilitas perkantoran kabupaten Jayapura yang terjadi belakangan ini jangan terulang lagi. Sebab insiden tersebut menghambat roda pemerintahan daerah, bahkan turut menguras anggaran daerah yang tidak sedikit.

“Kejadian seperti ini tidak terulang lagi, itupun kalau faktor kesengajaan,” ujar Yanto kepada wartawan di Sentani, Senin (30/10/2023).

Selaku tokoh adat Sentani, Yanto Eluay mengingatkan pemerintah daerah bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) harus mampu mencegah hal-hal seperti itu tidak terjadi.

Baca Juga:  Hindari Jatuhnya Korban, JDP Minta Jokowi Keluarkan Perpres Penyelesaian Konflik di Tanah Papua

“Kami berharap kepada pemerintah daerah dan juga Satpol PP untuk bisa mencegah kejadian pembakaran seperti yang sudah terjadi ini,” tegasnya.

Selain itu, Yanto menyinggung dari dua kasus kebakaran awal dan yang baru terjadi ini dapat diketahui motifnya.

“Pemerintah segera mengambil langkah-langkah untuk melindungi dan menjaga gedung-gedung dan sarana pemerintah itu jangan terbakar lagi. Apalagi ada dokumen-dokumen penting harus dilindungi dengan baik,” tutur Eluay.

Pihak kepolisian juga diminta segera selidiki apa penyebab hingga kantor kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bisa terbakar.

Baca Juga:  Freeport Indonesia Dukung Asosiasi Wartawan Papua Gelar Pelatihan Pengelolaan Media

“Kepolisian harus segera melakukan penyelidikan faktor-faktor penyebab terjadinya kebakaran di kawasan perkantoran kabupaten Jayapura.”

Eluay juga mengaku pernah meminta kepada penjabat bupati untuk mengganti sejumlah dinas terkait.

“Termasuk Kasatpol PP itu harus diganti. Kasih saja ke pihak kepolisian agar penjagaan ini lebih diperketat,” imbuh Yanto.

Sebelumnya, enjabat bupati Jayapura menyatakan, kasus terbakarnya kantor DLH itu harus diusut tuntas siapa aktor intelektualnya.

“Segera diusut tuntas sebab-sebab kebakaran dan siapa pelakunya supaya kejadian begini tidak terulang lagi,” ujar Triwarno Purnomo, melalui pesan singkatnya, Minggu (29/10/2023).

Baca Juga:  Asosiasi Wartawan Papua Taruh Fondasi di Pra Raker Pertama

Pj bupati Jayapura mengaku sangat kesal dengan aksi kesekian kalinya perkantoran di lingkungan Pemkab Jayapura terbakar.

Dengan terbakarnya kantor DLH pada Minggu (29/10/2023) pagi, kata Triwarno, pihaknya segera mengevaluasi sistem penjagaan yang selama ini berlaku di Gunung Merah, kawasan perkantoran Pemkab Jayapura

“Sudah beberapa kali terjadi, pasti kami akan melakukan evaluasi terhadap model penjagaan yang selama ini ada di Gunung Merah,” katanya. []

Terkini

Populer Minggu Ini:

Partai Demokrat se-Papua Tengah Jaring Bakal Calon Kepala Daerah Jelang Pilkada...

0
Grace Ludiana Boikawai, kepala Bappiluda Partai Demokrat provinsi Papua Tengah, menambahkan, informasi teknis lainnya akan disampaikan panitia dan pengurus partai Demokrat di sekretariat pendaftaran masing-masing tingkatan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.