ADVERTORIALHilangkan Rasa Takut, Pj Bupati dan Rombongan Jalan Kaki di Sekitar Kota...

Hilangkan Rasa Takut, Pj Bupati dan Rombongan Jalan Kaki di Sekitar Kota Sugapa

Editor :
Elisa Sekenyap

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Penjabat Bupati didampingi Kepala Dinas BPBD, Disdukcapil, Pariwisata dan Kebudayaan, Kepal Distrik, Pastor Paroki Gereja Katolik Bilogai, Perwakilan Tokoh Agama Protestan, Kapolres Intan Jaya, TNI bersama masyarakat melakukan jalan kaki dari Pastoran Bilogai, Tigamajigi, Yokatapa, simpang lima kantor bupati dan kembali ke pastoran.

Kegiatan tersebut dilakukan Pj bersama rombongan guna menghilangkan rasa takut warga masyarakat dan pedagang di Sugapa, ibu kota Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah.

Pj Bupati Intan Jaya, Apolos Bagau menjelaskan, jalan kaki yang dilakukan pihaknya pada hari ini, Jumat (26/1/2024)  bertujuan untuk menghilangkan rasa takut bagi warga masyarakat maupun pedagang di kota Sugapa usai kontak tembak antara TNI/Polri dan TPNPB sejak 19 – 23 Januari 2024 di Sugapa.

Baca Juga:  Pemda Intan Jaya Umumkan Jadwal Pelaksanaan Tes CAT K2

“Jalan kaki yang kita lakukan pada hari ini bertujuan untuk hilangkan rasa takut bagi masyarakat dan pedagang, supaya masyarakat dan pedagang melakukan aktivitas seperti biasa,” jelas Pj Bupati di hadapan masyarakat yang mengungsi ke areal gereja Katolik, maupun masyarakat yang berkumpul bersama di simpang lima area perkantoran di Sugapa pada, Jumat (26/1/2024).

Pada kesempatan itu, Pj bupati menyampaikan kepada masyarakat bahwa konflik bersenjata yang terjadi beberapa waktu lalu didasari oleh perbedaan ideologi, menolak pembangunan patung Tuhan Yesus dan menolak eksploitasi Blok B Wabu oleh PT Antam.

Baca Juga:  Dukcapil Intan Jaya akan Lanjutkan Perekaman Data Penduduk di Tiga Distrik

Sementara, kata Pj Bupati, menyangkut kondisi masyarakat saat ini, pemerintah akan mengundang seluruh pihak untuk hadir bersama dan melakukan pertemuan pada, Sabtu 27 Januari 2024 di Kantor Bupati Intan Jaya.

“Hal lain yang berkaitan dengan kondisi hari ini, maupun tentang hal-hal lain yang perlu pemerintah sampaikan, akan dilaksanakan pertemuan bersama seluruh pihak pada besok di kantor bupati. Untuk itu kami harapkan supaya seluruh pihak dapat hadir dalam pertemuan dimaksud,” ujar Bagau.

Baca Juga:  Dukcapil Intan Jaya akan Lanjutkan Perekaman Data Penduduk di Tiga Distrik

Kapolres Intan Jaya, AKBP Afrizal Asri pada kesempatan itu mengucapkan selamat datang kepada Pj Bupati Intan Jaya.

Terkait kondisi hari ini, katanya, pihak kepolisian bersama TNI akan memberikan upaya-upaya untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat.

“Kami minta agar masyarakat boleh dapat beraktivitas kembali. Tetapi harus tetap mengutamakan keselamatan. Kalau ada orang-orang yang bisa mengganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat agar dapat melaporkan kepada aparat keamanan, agar dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat,” pungkasnya. (Adv)

Terkini

Populer Minggu Ini:

ULMWP Himbau Rakyat Papua Peringati 1 Mei Dengan Aksi Serentak

0
“ULMWP sebagai wadah koordinatif gerakan rakyat, siap bertanggung jawab penuh atas semua rangkaian aksi yang dilakukan dalam bentuk apa pun di hadapkan kolonialisme Indonesia dan dunia Internasional.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.